Artikel & Tips Tips Mudah Membuat Meal Preparation untuk Pemula
Tips Mudah Membuat Meal Preparation untuk Pemula

Tips Mudah Membuat Meal Preparation untuk Pemula

10 Feb 2023, 08:02

Hai Mama, siapakah di sini yang seringkali bingung dan kehabisan ide untuk membuat menu masakan sehari-hari? Padahal mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi adalah kebutuhan penting bagi tubuh. Namun, sayangnya hal ini seringkali menjadi hambatan dengan berbagai alasan seperti waktu yang terbatas dan kesibukan kerja. Nah, Dapur Umami kali ini akan membahas secara lengkap mengenai tips membuat meal preparation bagi pemula sehingga makan sehat bukanlah lagi menjadi hal yang sulit dilakukan oleh setiap orang.


Meal preparation (meal prep) merupakan metode dalam menyiapkan makanan untuk jangka waktu tertentu. Metode ini menjadi pilihan yang tepat, karena selain dapat menghemat biaya dan waktu, metode ini dapat memenuhi kebutuhan makan sehari-hari menjadi lebih sehat. Berdasarkan segi pengeluaran makan, metode ini dapat menghemat biaya untuk konsumsi makanan sehari-hari, terutama bagi individu yang sering mengonsumsi makanan siap saji dan makan di luar rumah. Berdasarkan sisi waktu pengolahan dan penyiapan bahan makanan, metode ini juga dinilai efisien karena bahan-bahan dan menu sudah dipersiapkan dengan baik sebelumnya, sehingga tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memasak.


Meal preparation juga membantu seseorang yang sedang melakuka diet, baik itu diet untuk penurunan berat badan, peningkatan massa otot dan lain sebagainya. Bahan makanan yang sudah disiapkan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tiap orang sehingga tujuan diet dapat mudah tercapai. Nah, selain itu, meal preparation juga dapat membantu seseorang untuk mengontrol asupan gula, garam dan lemak (GGL) hariannya. Berdasarkan rekomendasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), asupan gula dalam sehari dibatasi maksimal 50 gram per hari (setara 4 sendok makan), garam 5 gram per hari (setara 1 sendok teh) dan lemak 67 gram per hari (setara 5 sendok makan). Pengolahan makanan dengan bahan yang sudah disiapkan dan dipilih sebelumnya tentu membantu setiap orang untuk memilih metode pengolahan makanan yang baik serta lebih bijak ketika melakukan penambahan gula, garam dan lemak. Lalu, bagaimana cara membuat meal preparation yang tepat? Yuk, ikuti tips berikut.


1. Buat rancangan menu sesuai kondisi 

Membuat perencanaan menu tentu harus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan gizi harian. Selain itu, membuat meal preparation juga dapat membantu seseorang menyusun makanannya sesuai kondisi kesehatan tertentu, misalnya bila seseorang memiliki penyakit diabetes mellitus, tentu bahan makanan yang direncanakan adalah bahan pangan dengan nilai indeks glikemik yang rendah atau seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung, tentu akan memilih bahan pangan yang rendah kolesterol dan natrium. Sebaiknya meal preparation disusun untuk satu minggu ke depan. Nah, apabila Mama bingung menu apa saja yang akan dimasukkan daftar dalam seminggu kedepan, Mama bisa cek di berbagai resep Dapur Umami. Ada berbagai macam menu andalan loh, mulai dari menu bijak garam, pilihan rendah kalori, sayur anti mainstream dan lain sebagainya. 

2. Daftar semua bahan pangan yang ada dalam menu makanan

Buat daftar yang rinci dari menu makanan seminggu ke depan mulai dari bahan pangan apa saja yang dibutuhkan untuk mengolah menu harian, bumbu-bumbu hingga kondimen pelengkap lainnya. Menu yang baik sebaiknya beragam, bergizi dan seimbang jadi jangan lupa untuk selalu menyediakan makanan pokok, lauk pauk, buah-buahan dan sayur-sayuran.

3. Pisahkan bahan makanan sesuai dengan karakteristiknya dan simpan secara tepat

Menyimpan bahan makanan merupakan aspek yang penting ketika membuat meal preparation. Pilih bahan pangan yang segar lalu simpan dalam suhu yang tepat agar terhindar dari kontaminasi silang (cross contamination) dan memperlambat terjadinya pembusukan. 

4. Berikan label tanggal penyiapan bahan pangan

Pemberian label ini juga menjadi acuan untuk mengetahui apakah bahan pangan masih layak dikonsumsi atau tidak. Agar dapat bertahan lebih lama, ayam dan ikan dapat diungkep terlebih dahulu dengan rempah-rempah sebelum disimpan dalam kulkas. Sayur telur, dan buah-buahan sebaiknya dicuci bersih terlebih dahulu sebelum disimpan di dalam kulkas. 


Nah, sekarang Mama tidak perlu bingung lagi untuk menyiapkan menu bergizi dan sehat untuk keluarga setiap hariya. Jangan lupa, untuk selalu mengecek karakteristik bahan pangan sebelum diolah menjadi menu makanan ya Ma! Yuk, mulai hidup sehat dengan menu keluarga yang lebih mudah diolah karena adanya meal preparation mingguan!


(HF)


Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.