TIPS MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH SELAMA BULAN PUASA

Bulan Ramadan adalah bulan dimana umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Selain kewajiban agama, puasa juga terbukti baik untuk kesehatan jika dijalankan dengan benar. Namun perlu juga diperhatikan perubahan pola makan dan aktivitas fisik selama puasa, dimana tetap harus menjaga daya tahan tubuh, agar tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa. Berikut ini tips sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa:

  1. Penuhi kebutuhan cairan tubuh.

Kekurangan air akan menyebabkan dehidrasi yang mengakibatkan tubuh rentan terhadap virus dan bakteri. Penuhi asupan cairan tubuh dengan minum cukup air putih sebanyak 2 liter di antara waktu berbuka dan sahur yaitu, 2 gelas saat sahur, 1 gelas saat adzan maghrib, 2 gelas saat makan malam, 1 gelas sebelum tarawih, 2 gelas setelah tarawih dan sebelum tidur.

  1. Tetap aktif dan berolahraga.

Berolahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Apabila selama puasa kita tidak berolahraga maka kebugaran dan kekuatan otot akan menurun. Pilihlah olahraga dengan intensitas ringan dan sedang selama 15 - 30 menit, 3 - 5 kali seminggu. Selama puasa sesuaikan waktu olahraga dengan kemampuan masing-masing dan bisa dilakukan sebelum berbuka puasa atau setelah solat tarawih.

  1. Penuhi kebutuhan gizi sahur dan berbuka puasa.

Jangan melewatkan waktu makan, baik sahur mau pun berbuka. Konsumsi saat sahur adalah sumber energi untuk kita berpuasa. Makanan saat sahur baiknya mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan protein yang dicerna lebih lambat sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, seperti nasi merah, kentang, kacang-kacangan, sayur dan buah.

Saat berbuka puasa hindari makanan yang terlalu manis, terutama yang berasal dari gula buatan atau penambahan gula berlebih seperti sirup dalam menu takjil. Makanlah sedikit sumber karbohidrat sederhana seperti kurma atau gula alami dalam buah-buahan yang dapat diserap cepat oleh tubuh kemudian dapat dilanjutkan makan malam setelah sholat maghrib. Pastikan menu tetap bergizi seimbang (Makanan pokok, lauk pauk sumber protein, sayuran serta buah-buahan sebagai sumber vitamin dan mineral).

Untuk referensi menu bergizi seimbang selama bulan Ramadan, Dapur Umami menyediakan resep-resep yang lezat dan sehat rekomendasi ahli gizi, untuk dikreasikan menjadi menu selama berpuasa agar daya tahan tubuh tetap terjaga selama menjalankan ibadah puasa. Yuk kunjungi website Dapur Umami www.dapurumami.com/di-rumah-aja untuk melihat rekomendasi menu bernutrisi seimbang dan lezat lainnya!

Punya pertanyaan seputar gizi?

Tanya Nutrisi