Tips Mengolah Ikan Air Tawar agar Tidak Amis

Ikan merupakan bahan pangan sumber protein yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Berbagai jenis ikan air tawar seperti patin, nila, gurame dan mujair memiliki aroma yang kurang menyenangkan. Selain aroma amis, seringkali aroma lumpur juga ditemukan saat proses pembersihan dan pengolahan ikan air tawar. Aroma lumpur pada ikan tawar disebabkan adanya Actinomycetes. Actinomycetes adalah bakteri yang banyak ditemukan di tanah, lumpur, dan kolam-kolam budidaya ikan air tawar. Bakteri tersebut memasuki aliran darah ikan dan mengeluarkan enzim yang menyebabkan aroma kurang sedap. 


Proses pembersihan dan pengolahan ikan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pengolahan yang tepat sebelum proses pemasakan dan penyajian hidangan dapat mengurangi aroma amis pada ikan, sehingga citarasa dan aromanya lebih menggugah selera untuk makan. Berikut adalah tips-tips sederhana untuk mengurangi aroma amis pada ikan air tawar. 


1. Pembersihan ikan dengan tepat

Membersihkan ikan merupakan cara awal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir aroma amis dan lumpur. Pembersihan ikan yang tepat dilakukan dengan membuang bagian organ dalam, sirip dan selaput putih pada rongga perut ikan. Selain itu, Mama sebaiknya juga berhati-hati ketika membersihkan bagian empedu ikan. Empedu merupakan organ yang terletak disekitar insang, apabila pecah atau robek, empedu ikan akan mengeluarkan aroma lumpur dan amis yang cukup menyengat. 


2. Penambahan campuran cuka dan merica

Setelah ikan air tawar dibersihkan, daging ikan dapat dilumuri campuran cuka dan merica untuk mengurangi aroma lumpur yang masih melekat pada ikan. Setelah dibalur cuka dan merica, masukkan ikan ke dalam air dingin dan cuci hingga bersih.


3. Penambahan lemon

Lemon tidak hanya cocok digunakan sebagai peningkat citarasa saat memasak makanan, namun juga dapat mengurangi aroma lumpur pada saat mengolah ikan air tawar sebelum proses pemasakan. Mama dapat menggunakan irisan lemon atau perasan air lemon untuk membantu mengurangi aroma lumpur pada ikan air tawar. 


4. Penambahan baking soda 

Penambahan baking soda tidak hanya membantu mengurangi residu lendir pada ikan air tawar, melainkan juga dapat membantu mengurangi aroma lumpur yang masih melekat pada tubuh ikan. Selain itu, membalurkan baking soda pada ikan sebelum menyimpan kedalam freezer juga dapat membantu mengurangi bau tidak sedap yang menyebar saat ikan disimpan dalam kulkas.


5. Penambahan cuka apel

Seperti halnya menambahkan lemon, Mama juga dapat menambahkan cuka apel untuk mengurangi aroma lumpur pada ikan air tawar setelah proses pembersihan ikan. Selain itu, menambahkan cuka apel pada hidangan masakan juga dapat menambah citarasa makanan dan mengurangi bau amis yang dihasilkan oleh ikan.


6. Penambahan garam dapur

Setelah ikan air tawar dibersihkan, larutkan 25 gram garam dapur dalam 2.5 L air. Setelah larut merata, masukkan ikan untuk menghilangkan bau amis yang melekat di dalamnya. Bila Mama menggunakan ikan segar, maka lama waktu perendaman yang dibutuhkan adalah 1 jam untuk menghilangkan bau lumpur tersebut. Sedangkan bila Mama menggunakan ikan mati atau frozen fish , lama waktu perendaman yang Mama butuhkan setidaknya 2 jam. 


7. Penambahan jahe

Selain dapat menghilangkan aroma amis, jahe juga dapat membantu mengurangi aroma lumpur pada ikan air tawar. Selain itu, penambahan jahe juga dapat meningkatkan citarasa masakan, mengurangi racun dan menghilangkan alergen pada ikan. Penggunaan jahe untuk mengurangi aroma lumpur pada ikan dapat dilakukan dengan cara menghancurkan dan mengoleskan jahe pada ikan, lalu membiarkannya selama 30 menit sebelum proses pemasakan lebih lanjut. 


8. Marinasi dengan berbagai rempah

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi aroma lumpur pada ikan adalah dengan melakukan proses marinasi. Proses ini juga dapat dilakukan sekaligus untuk memberikan citarasa yang lezat pada ikan yang digoreng dalam minyak. Marinasi ikan dengan bawang putih, kunyit, jahe, minyak wijen, garam, jeruk nipis, ketumbar, kemiri dan lada lalu diamkan selama 30-45 menit sebelum proses penggorengan.


Nah, diatas adalah beragam tips yang mudah dilakukan untuk mengurangi aroma lumpur pada ikan air tawar. Semoga tips-tips diatas bermanfaat!

Selamat memasak, ya, Ma!


Picture source:

https://www.freepik.com/photos/fish">Food photo created by freepik - www.freepik.com