Artikel & Tips Tips Mencegah Risiko Penyakit Jantung
Tips Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Tips Mencegah Risiko Penyakit Jantung

22 Nov 2022, 07:11

Masalah jantung merupakan ancaman besar bagi orang-orang yang pada akhirnya menyebabkan kematian, ada banyak langkah yang dapat diambil untuk meminimalkan masalah jantung. Penyakit jantung terjadi akibat penyempitan pembuluh darah yang bertanggung jawab atas suplai darah, oksigen dan nutrisi ke jantung. Bertepatan dengan Hari Jantung Sedunia pada 29 September 2022 tahun ini, Yuk cari tau tips mencegah risiko penyakit jantung.


Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), kunci mencegah penyakit jantung adalah menerapkan gaya hidup sehat. Alasannya, dengan hidup lebih sehat, Anda dapat menjaga tekanan darah, kadar kolesterol, dan gula darah tetap normal. Ini artinya, Anda menurunkan berbagai risiko penyakit kardiovaskuler.


Supaya lebih jelas simak beberapa tips untuk mencegah penyakit jantung dengan menerapkan pola hidup yang sehat sebagai berikut :


1. Konsumsi makanan yang sehat untuk jantung.

Beragam jenis makanan yang membantu menjaga kesehatan jantung dan menghindari penyakit kardiovaskuler, di antaranya:

1) Ikan kaya omega 3, seperti salmon, tuna, atau bandeng yang berpotensi mencegah peradangan pada pembuluh darah.

2) Kacang tinggi omega 3, seperti almond atau kenari dapat menjaga jantung selalu sehat.

3) Buah stroberi, raspberry, atau blueberry yang kaya antioksidan untuk mengurangi radikal bebas.

4) Oat, biji rami, dan biji chia yang tinggi serat dan omega 3 baik berpotensi meningkatkan kesehatan jantung.

5) Kacang kedelai, edamame, dan kacang hitam yang kaya isoflavon, vitamin B, dan serat yang baik untuk jantung.

6) Sayur-mayur, seperti bayam, selada, wortel, brokoli, dan ubi jalar mengandung vitamin C, kalium, dan folat dapat mendukung fungsi jantung.


2. Olahraga

Olahraga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, hingga menjaga berat badan tetap sehat. Olahraga yang moderat saja dapat menurunkan risiko serangan jantung 30-50 persen. Olahraga aerobik, seperti jalan cepat, jogging selama 30 menit yang Anda lakukan paling tidak 5 kali dalam seminggu sudah cukup. Semua olahraga pada dasarnya baik. Namun, sebagian ada beberapa olahraga yang dapat menyehatkan jantung seperti berjalan kaki, jogging, naik sepeda, berenang, yoga, atau latihan angkat beban.


3. Menjaga berat badan ideal

Obesitas dengan segala akibatnya merupakan faktor risiko dari penyakit kardiovaskuler. Bila Anda overweight atau obes, bisa diketahui dari BMI Anda, atau walaupun berat badan Anda normal tetapi perut Anda buncit, Anda harus menguranginya. Menurunkan berat badan hanya 5-10 persen saja dari berat badan Anda sekarang dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah dan gula darah.

Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit jantung, cara yang harus dilakukan adalah menjaga berat badan tetap ideal dengan mengatur pola makan mengonsumsi makanan bergizi yang rendah kalori. Lalu, imbangi dengan aktivitas fisik seperti rutin berolahraga setiap hari.


4. Berhenti Merokok

Rokok masih dianggap sebagai faktor risiko utama untuk serangan jantung dan stroke. Risiko dapat meningkat 2-4 kali menderita penyakit jantung koroner dibandingkan bukan perokok. Amerika setiap tahun 46.000 orang meninggal akibat serangan jantung hanya karena jadi perokok pasif. 443.000 kematian karena serangan jantung akibat langsung dari merokok. 


5. Pintar Mengelola Stres

Stres adalah hal yang wajar terjadi dan bisa dialami oleh semua orang. Saat sedang berada di bawah tekanan, tubuh memproduksi hormon adrenalin yang akan membuat jantung bekerja lebih keras. Akibatnya, dalam jangka panjang tekanan darah bisa meningkat dan berpotensi menyebabkan berbagai masalah pada jantung

Cara alternatif untuk mengelola stres seperti aktivitas fisik, latihan relaksasi, atau meditasi, dan berlibur untuk menjaga jantung tetap sehat. Namun tentunya harus memperhatikan juga beberapa hal agar liburan tersebut dapat benar-benar memberi manfaat untuk untuk kesehatan jantung.


(NY)


Sumber:

https://www.sariasih.com/artikel/kesehatan/tips-mencegah-dan-mengurangi-resiko-penyakit-jantung

https://www.mitrakeluarga.com/artikel/artikel-kesehatan/waspadai-serangan-penyakit-jantung-koroner-2

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.