Artikel & Tips Resep Tipan Tahu, Superfood Super Lezat
Resep Tipan Tahu, Superfood Super Lezat

Resep Tipan Tahu, Superfood Super Lezat

06 Dec 2022, 17:12

Akhir-akhir, ada satu jenis masakan yang sangat populer bagi para sobat penggemar chinese food sekaligus para Mama yang menginginkan buah hatinya banyak makan sayur. Makanan satu ini bernama tipan tahu atau sapo tahu. Kalau melihat bahan-bahannya, sepertinya memang terlihat rumit. Padahal, kalau Mama hapal, resep tipan ini sebenarnya tidak rumit-rumit amat. 


Oh ya, pasti sebagian Mama bertanya-tanya: apakah tipan tahu itu sama dengan sapo tahu? Sebenarnya, Ma, tipan adalah istilah untuk telur dadar yang disiram dengan sapo. Sapo sendiri adalah istilah untuk makanan yang kurang lebih merupakan cap cay dengan banyak tahu dan bisa ditambah dengan cumi-cumi. 

Dapur Umami punya banyak resep berbahan kedelai, termasuk di antaranya Nugget tahu ini. Tapi, kali ini, mari kita coba membuat tipan tahu: 


Bahan-bahan Tipan Tahu

Untuk membuat tipan tahu, bahan-bahannya cukup simpel. Hanya ada dua kelompok bahan yang perlu disiapkan: telur dadar dan sapo tahu. Telur dadarnya praktis hanya membutuhkan telur dan sedikit MASAKO® Rasa Ayam. Kalau mau, mama boleh tambahkan irisan daun bawang.


Untuk bahan sapo tahunya, pasti Mama juga sudah akrab. Pertama, tentu saja Mama perlu menyiapkan tofu (yang bentuknya mirip agar-agar dan dibungkus plastik itu). Atau, kalau di rumah adanya hanya tahu biasa, boleh juga kok. Yang penting dipotong sesuai selera dan digoreng dulu. Untuk tambahan protein, Mama perlu juga siapkan cumi-cumi yang dipotong melintang membentuk cincin. Kalau ada bakso ikan, wah … lengkap deh!


Kedua, Mama membutuhkan bahan-bahan sayur yang sebenarnya tidak ada batasan. Yang paling mudah memang wortel (potong menyerong), buncis (potong menyerong juga), sawi hijau (dipotong agak besar), dan baby corn (dipotong menyerong). 


Ketiga tentu saja bahan-bahan bumbunya. Yang ini luar biasa sederhana: 2 siung bawang putih (geprek atau cincang halus), setengah bawang bombay (dipotong memanjang), dan 1 ruas jahe yang dicincang halus. MASAKO® Rasa Ayam juga sangat sampai terlupa ya, Ma.


Dan, karena ini chinese food, jangan lupa Mama siapkan juga minyak wijen. Untuk pengental, siapkan tepung tapioka atau tepung maizena yang dilarutkan air. Minyak goreng juga tentu harus ada untuk menggoreng tofu dan menyangrai bumbu. 




Tipan tahu dengan paduan tahu dan cumi-cumi dan banyak sayur


Cara Membuat Tipan Tahu

Setelah bahan-bahannya siap, sekarang waktunya Mama membuat tipan tahu ini. Seperti dijelaskan di depan, cara membuat tipan tahu ini sangat gampang. 

Pertama, mari kita siapkan telur dadarnya dulu. Kocok lepas telur yang ada. Tambahkan sedikit sekali MASAKO® Rasa Ayam dan kemudian goreng di atas pan kecil agar bisa jadi agak tebal. Setelah matang, Mama boleh membiarkan utuh atau potong-potong kecil. 


Kedua, kita mulai masak saponya. Seperti biasa, tumis cincangan bawang putih, bawang bombay, dan jahe. Pastikan aroma harumnya keluar. Lalu, masukkan tahu, cumi, dan bakso ikan. Kemudian masukkan semua sayur yang sudah dipotong-potong dan biarkan hingga agak lunak. Tambahkan minyak wijen dan penyedap rasa, gula, dan garam. Sebelum sayuran benar-benar masak, masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan di air. Tunggu hingga semua matang dan angkat dari api. 


Terakhir, tuangkan sapo di atas dadar. Nah! Sekarang yang ada di meja makan adalah superfood yang super lezat khas Asia. Oh ya, kalau mama ingin, minyak goreng bisa diganti dengan minyak zaitun yang khusus untuk menggoreng. 


Nah, di Dapur Umami, kita punya beberapa resep yang secara gizi dan kelezatan kurang lebih sebanding dengan superfood kita kali ini, yaitu Sup Tahu Daging Ayam. Sepertinya ini akan lebih meyakinkan Mama bahwa di Asia ini, yang lezat dan bergizi itu bisa ditemukan di satu makanan yang sama.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.