Resep Tempe Sederhana yang Pas untuk Makan Siang

Tempe adalah salah satu superfood yang saat ini banyak digemari di berbagai penjuru dunia. Salah satu hal yang menyebabkan popularitas bahan ini adalah kandungan protein nabatinya yang tinggi, yang menjadikannya cocok bagi kawan vegan. Yang mungkin tidak diketahui dunia adalah, Indonesia kaya dengan resep olahan tempe!


Sehari-hari, mungkin banyak dari kita yang mengolah tempe dengan cara digoreng baik dengan maupun tanpa tepung. Padahal, ada banyak sekali resep untuk mengolah bahan kedelai ini dengan sederhana dan tetap lezat. 


Berikut ini beberapa olahan tempe yang sederhana tetapi gurih dan pas untuk bekal makan siang. 


Kering Tempe Teriyaki

Mari kita mulai dengan yang resep membutuhkan lebih banyak langkah. Pada prinsipnya, resep ini tidak terlalu berbeda dengan kering tempe pada umumnya. 


Pertama-tama Mama perlu bumbu, yang terdiri dari cabe merah, bawang merah, bawang putih, dan SAORI® saus teriyaki. Bahan kedua adalah bahan utamanya, yaitu tempe, teri medan, dan kacang tanah. 


Untuk membuatnya, pertama-tama potong tempe dengan pola korek. Saat tempe sudah siap, panaskan minyak goreng. Setelah minyak cukup panas, masukkan tempe. Sebelum tempe benar-benar matang, masukkan juga kacang tanah dan teri medan. Setelah semuanya cukup matang, tiriskan. 


Selanjutnya, masukkan dan tumis semua bumbu iris (cabe merah, bawang merah, bawang putih). Masukkan juga 1 bungkus SAORI® saus teriyaki. Setelah tercium sedap, masukkan semua bahan dan goreng terus sambil aduk-aduk hingga rata. Tambahkan gula dan garam secukupnya untuk koreksi rasa.

Untuk detail ukuran bahan, Mama bisa lihat di sini.


Pare Tempe Masako®

Hidangan ini memiliki gabungan rasa gurih dan segar berkat kombinasi antara tempe, bumbu, dan pare. Pare yang cenderung pahit ini memang juga sangat bagus menghadirkan rasa segar dalam masakan. Kalau bicara soal paduan antara tempe dan bumbu dapur, pastinya Mama sudah tidak perlu tanya lagi. 


Nah, mari kita lihat seperti apa resep pare tempe yang lezat ini. Oh ya, bumbu untuk hidangan ini sangat sederhana, yaitu bawang merah, bawang putih, dan cabe merah.


Untuk membuatnya, pertama-tama Mama perlu menyiapkan pare. Seperti biasa, setelah diiris-iris, beri taburan garam dan remas-remas hingga getah yang menyebabkan rasa pahitnya hilang. 


Kemudian, kita perlu memasuki proses memasak sesungguhnya. Masukkan semua bumbu ke wajan yang sudah dipanaskan. Setelah aromanya harum, masukkan kecap dan kemudian semua bahan yang telah disiapkan. 


Tambahkan Masako® hingga mendapatkan keseimbangan rasa. Oh ya, kalau mama ingin sedikit variasi, silakan tambahkan cabe rawit. Pahit dan pedas biasanya cocok bersama. 


Resep tempe adalah lauk olahan tempe yang pas untuk makan siang di kantor dan sekolah


Tempe Panggang Sajiku®

Resep tempe yang ketiga ini bisa dibilang paling mudah. Bahan yang dibutuhkan pun sederhana: 100 gram parutan kelapa, tempe, Sajiku® bumbu ayam goreng. 

Untuk membuat lauk ini, potong-potong tempe sesuai selera. Kalau bisa, buat agar ukurannya tidak terlalu besar. Kemudian, masukkan tempe ke wajan sekaligus dengan parutan kelapa dan 1 bungkus Sajiku® tepung ayam goreng dan air. Panaskan wajan hingga air berkurang dan terus aduk tempe agar tidak gosong. 


Setelah air habis, tempe akan terbungkus parutan kelapa dan Sajiku® dan rasanya pun sangat gurih. Hidangan ini perlu ditemani sayur tanpa kuah untuk mendapatkan gizi seimbang. Nah, simpel sekali kan resep tempe panggang Sajiku® ini?


Nah, dengan tiga resep tempe yang cukup sederhana cara memasaknya ini, Mama dan keluarga pun bisa mendapatkan olahan tempe yang tidak biasa.  

Olahan ini akan sangat cocok dibawa sebagai bekal makan siang menemai nasi dan sayur-mayur kering. Dengan ini, Mama bisa mendapatkan kelezatan kuliner sekaligus manfaat bahan yang disebut-sebut sebagai superfood dari Indonesia ini.