Artikel & Tips Resep Tahu Telur Surabaya, Istimewa Pakai Sambal Kacang Mete
Resep Tahu Telur Surabaya, Istimewa Pakai Sambal Kacang Mete

Resep Tahu Telur Surabaya, Istimewa Pakai Sambal Kacang Mete

26 Jul 2022, 16:07

Inilah salah satu kuliner Jawa Timur yang perlu dicoba bersama keluarga Mama. Sebut saja namanya tahu telur Surabaya. Olahan sederhana berbahan dasar tahu dan telur ini bisa ditemukan baik siang ataupun malam. 


Seringkali ada yang menyebutnya sebagai tahu tek tek, namun ternyata ada perbedaan antara tahu tek dan tahu telur. Apakah Mama tahu apa perbedaannya? Kalau “tahu tek,” telur dan tahu digoreng terpisah, tahu dan telurnya dipotong kecil – kecil sebelum disiram sambal kacang. Sedangkan tahu telur, tahu dan telurnya dicampur dan digoreng seperti telur dadar. Unik ya Ma?


Di artikel ini Mama bisa menghidangkan tahu telur yang istimewa, karena sambal kacangnya menggunakan kacang mete. Bisa dibilang, ini adalah variasi atas resep tahu telur MASAKO® yang ada di Dapur Umami ini.


Bahan-bahan tahu telur Surabaya

Seperti namanya, Mama tentu sudah bisa menebak bahan utama dari pembuatan tahu telur Surabaya ini. Betul, Ma! Siapkan beberapa potong tahu putih dan telur yang dikocok. Agar tahu telur yang dihasilkan semakin terasa lezatnya, Mama perlu siapkan garam, merica, dan sedikit Masako® rasa ayam agar rasa semakin kuat.


Agar sajian ini semakin istimewa, bahan sambal kacangnya kita ubah. Kalau sambal tahu telur yang biasa memanfaatkan kacang tanah, kali ini dengan memakai kacang mete.


Bahan yang Mama perlukan untuk membuatnya tentu saja kacang mete (yang sudah digoreng), cabe rawit, bawang putih, petis, kecap, dan sedikit air untuk membantu menghaluskan.


Bahan pelengkap tahu telur Surabaya

Untuk semakin menambah tingkat gizi serta rasa nikmat tahu telur yang akan dihidangkan di meja makan, Mama membutuhkan sejumlah bahan pelengkap. Tapi ingat: bahan pelengkap ini bersifat optional ya, Ma. Bahan-bahan ini antara lain terdiri dari tauge, daun seledri, daun bawang, dan bawang merah goreng.


Khusus untuk tauge, Mama bisa merebusnya sebentar saja atau bisa juga cuma merendamnya sebentar di air mendidih.


Untuk menikmati sepiring tahu telur Surabaya ini, Mama bisa menambahkan juga lontong ataupun dengan kentang rebus. Sumber karbohidrat ini bisa disesuaikan selera. Bahkan nasi pun juga cocok untuk ini.


Cara membuat tahu telur Surabaya

Untuk membuat tahu telur Surabaya ini, langkah pertama yang Mama lakukan adalah memotong tahu menjadi kotak kotak kecil atau sesuai selera. Selanjutnya, Mama kocok telur lepas telur di dalam mangkok hingga sedikit berbuih. Kemudian masukkan potongan tahu tadi. Tambahkan merica, garam dan Masako® rasa ayam.


Di dalam wajan, panaskan minyak lalu masukkan tahu telur tadi. Goreng seperti halnya Mama memasak telur dadar. Pastikan kedua sisinya matang sempurna ya, Ma. Bila sudah, sisihkan terlebih dahulu. Sembari Mama mempersiapkan membuat sambal kacang metenya.


Untuk membuat sambal kacang mete ini, Mama bisa memilih cara konvensional dengan menguleknya ataupun dengan menghaluskannya di chopper. Yang membedakan hanya tingkat kehalusan bumbunya.


Kumpulkan kacang mete, bawang putih, dan cabe rawit yang semuanya sudah digoreng hingga layu. Terakhir tambahkan petis ke bahan-bahan ini dan masukkan ke chopper.


Bila sudah, tambahkan air matang dan kecap, sesuaikan kekentalannya sesuai dengan keinginan. Jangan lupa juga untuk koreksi rasa.


Dalam piring saji, susun potongan lontong, nasi, atau kentang rebus, tahu telur yang sudah dibuat sebelumnya, tauge, dan kemudian siramkan bumbu sambal kacang mete. Untuk melengkapinya, tamburkan juga bawang merah goreng, daun bawang dan sedikit seledri.


Penutupnya Mama bisa menambahkan juga acar mentimun, kerupuk udang kecil ataupun emping melinjo. Untuk citarasa yang lebih menyegarkan, coba tambahkan acar pelangi ini.


Wah siap siap lidah dan perut ini dimanjakan dengan kelezatannya. Selamat mencoba ya, Ma. Rasakan sensasi Surabaya di mana pun Mama berada.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.