Resep Soto Ayam, Pilih Kuah Bening Atau Bersantan

Soto ayam merupakan salah satu menu berkuah dengan cita rasa favorit di Indonesia. Dalam hanya menyajikannya, setidaknya ada dua jenis kuah, yaitu soto ayam kuah bening, yang biasa populer di daerah Semarang dan sekitarnya, dan soto ayam kuah bersantan.


Soto kuah bening ini biasa dinikmati dengan campuran soun yang telah direndam sebelumnya. Sementara itu, soto ayam kuah santan menghasilkan rasa yang lebih gurih dan nikmat. Mama bisa simak kedua resep soto ayam di artikel kali ini.


Soto ayam kuah bening super nikmat

Sebagai bahan utamanya, Mama siapkan setengah ekor ayam kampung, air (1,5 liter untuk kaldu), minyak sayur, daun bawang, sereh, daun salam dan daun jeruk. Untuk bumbu soto ayam yang dihaluskan Mama siapkan bawang merah 5 butir, bawang putih 7 siung, kemiri 5 butir, kunyit, jahe, merica, gula, garam, dan MASAKO® rasa ayam.


Ada bahan pelengkap tidak kalah pentingnya, yaitu tauge, bihun yang sudah direbus sebelumnya, telur rebus, jeruk nipis untuk pelengkapnya, dan tentu saja sambal soto.

Langkah pertama dalam pembuatan soto bening ini adalah pembuatan air kaldu.


Panaskan terlebih dahulu air hingga benar-benar mendidih, masukkan ayam kampung yang sudah dipersiapkan. Bila air rebusan masih juga keruh, maka buang air rebusan yang pertama, ulangi proses tersebut, jadi air kaldu yang dihasilkan benar-benar bersih. 


Kemudian masukkan daun bawang yang telah Mama ikat kedalam air kaldu dan masak hingga ayam matang. Terakhir, angkat dan tiriskan ayam kampung yang sudah empuk tersebut.

Langkah selanjutnya yang perlu Mama lakukan adalah memanaskan wajan dan menumis semua bumbu halus dengan sedikit minyak sayur.


Pastikan semua bumbu telah matang, dan mengeluarkan aroma harum agar bumbu tidak terasa langu bahkan pahit saat dimasak. Bila sudah matang, masukkan tumisan bumbu ke dalam kuah kaldu bening yang sebelumnya sudah dibuat. Beri tambahan gula, garam, sedikit merica, dan MASAKO® rasa ayam. Koreksi rasa. Bila sudah pas, didihkan kembali kaldu yang sudah dibumbui.


Sambil menunggu kuah soto siap, Mama bisa goreng ayam kampung tadi hingga sedikit kering. Lalu suwir-suwir halus. Cara menyajikannya adalah: tata dalam mangkok lontong atau nasi, beri tauge, soun, suwiran ayam kampung, irisan tomat. Siram dengan kuah panas. Soto kuah bening siap dinikmati. Mudah dibuat kan, Ma?


Raja Guring: Soto Ayam Kuah Bersantan

Bahan utama yang diperlukan untuk membuat soto kuah bersantan ini adalah ayam 1 ekor (potong 4 bagian), santal kental (300 ml), santan cair sebanyak 1,5 liter (atau dari 1 butir kelapa), sereh,daun jeruk purut, dan sedikit lengkuas.


Untuk bumbu halusnya, Mama siapkan bawang putih 4 siung, bawang merah 8 butir, ketumbar bubuk, jintan, merica, sedikit kunyit, seruas jahe. Dan tentu saja gula, garam, dan tentu harus ada MASAKO®.


Bumbu yang dihaluskan adalah duo bawang, bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, jintan, merica (bisa Mama gunakan yang bubuk langsung jadi).

Untuk membuatnya lebih simple daripada soto kuah bening, Mama tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi dengan sedikit minyak, aduk sampai harum ya, Ma. Masukkan dada ayam, tuang santan, sambil sesekali diaduk. 


Setelah ayam empuk dan matang, angkat ayam, goreng pada minyak banyak. Sajikan soto kuah bersantan bersama kentang rebus, lontong atau nasi, lengkapi dengan telur rebus, tomat, dan taburi bawang goreng. Siap menjadi sajian Istimewa.


Situs kesayangan Mama, Dapur Umami, juga punya lho resep soto ramen sederhana yang menggunakan santan seperti ini. Coba deh lihat di sini.

Setelah melihat ini, pastinya jadi punya alternatif kalau mau bikin soto lagi. Tidak harus selalu yang bening, kan, Ma? Tapi, kalau dipikir-pikir, apapun kuahnya, soto tetap enak untuk dinikmati. Selamat mencoba!