Artikel & Tips Resep Olahan Sei Sapi Teflon Rumahan Sederhana yang Empuk
Resep Olahan Sei Sapi Teflon Rumahan Sederhana yang Empuk

Resep Olahan Sei Sapi Teflon Rumahan Sederhana yang Empuk

01 Dec 2022, 14:12

Resep olahan sei sapi berasal dari Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur NTT. Meskipun dengan cara diasap, tetapi sajian sei sapi ini berbeda dengan daging asap biasa. Bedanya mungkin tidak terlalu kelihatan kalau sudah tersaji di piring. Namun, cara proses pengasapan se’i sapi sangat khas, yaitu menggunakan daun kosambi. Sei dalam bahasa lokal artinya tipis. Maka dari itu olahan daging sapi yang diiris pada resep sei sapi memang cenderung tipis-tipis. Makanan ini cocok dinikmati salah satu nya dengan nasi hangat dan sambal. Terbayang kelezatannya, kan?

Jika penasaran, silakan ikuti resep dari Dapur Umami di bawah ini.


Rekomendasi Resep Sei Sapi Rumahan

Sei sapi saat ini sudah tersebar ke berbagai daerah sehingga semakin banyak variasinya. Berikut beberapa rekomendasi resep sei sapi:


1. Sei Sapi dengan Sambal Luat

Ivan Andreyanto from Getty Images


Rekomendasi pertama tentu saja resep sei sapi asap orisinal yang penyajiannya pakai sambal luat. Cara membuat sei sapi yaitu: pengolahannya, siapkan irisan tipis memanjang daging tidak berlemak 0,5 kilogram. Masukkan ke teflon dan masak sampai warnanya berubah. Tidak perlu pakai minyak ya, Ma. Setelah itu siapkan bumbu halusnya dari bahan-bahan bawang putih, lada, garam, dan Masako®. Tumis sampai beraroma harum. Selanjutnya, tuang daging yang sebelumnya Mama masak, ditambah bombay dan cabai merah secukupnya. Aduk-aduk sampai bahannya meresap. 


Membuat Sambal Luat

Proses daging sudah selesai, sekarang saatnya bikin sambal luat khas NTT. Kurang lebih caranya sama seperti sambal ulek pada umumnya. Ciri khas sambal luat adalah campuran cita rasa pedas dan segar sekaligus karena menggunakan perasan jeruk nipis dan kaldu. Pada prosesnya tidak perlu ngulek sambal luat hingga halus. Biarkan teksturnya tetap kasar dan terasa di mulut.

Sekarang sei sapi siap Mama sajikan dengan sambal luat sebagai pendamping.


2. Sei Sapi Rica-rica

Ika Rahma


Jika suka pedas, silakan coba resep sei sapi pedas dengan bumbu rica-rica khas Manado. Cara pengolahan dagingnya sama seperti sei sapi yang pertama, tetapi perlu proses ekstra untuk menyiapkan sambal rica-ricanya.


Membuat Sambal Rica-rica

Bumbu rica-rica adalah bawang merah dan putih, jahe, kunyit, kemiri, dan cabai sesuai selera. Ulek halus semuanya, lalu tumis dan tambahkan SAORI®. Siapkan teflon, tuangkan bumbu rica-ricanya dan batang serai geprek. Kemudian masukkan irisan daging tumis yang sudah dibumbui sebelumnya. Jangan lupa cicipi dulu sebelum menyajikannya di atas piring.


3. Sei Sapi Sambal Matah

menikwidyowati's Images


Kalau Mama mau resep olahan sapi sederhana dan cepat, coba buat variasi sei sapi dengan sambal matah. Pertama, siapkan lima potong daging sapi sei atau lebih sesuai kebutuhan. Kemudian iris dagingnya menjadi lebih kecil lagi dan tumis setengah matang di teflon dengan sedikit minyak.


Membuat Sambal Matah

Untuk sambal matah, cara buatnya sangat mudah. Iris bawang merah dan putih, daun jeruk, serai, dan cabai rawit. Tumis bahan-bahannya sampai layu, angkat lalu campurkan ke sei sapi. Untuk menambah rasa, tambahkan garam, merica dan kaldu sapi sampai rasanya pas. Mudah dan praktis, bukan?


Cara Agar Sei Sapi Empuk

Ayyida Sabila from Getty Images


Kunci kelezatan resep sei sapi teflon adalah dagingnya. Maka dari itu sebisa mungkin buat dagingnya seenak mungkin. Prosesnya membuat daging empuk bukan cuma pengasapan. Jenis daging dan proses marinasi juga memengaruhi tekstur daging. Saran Dapur Umami pilih potongan daging short plate atau area perut. Sebelum mulai memasak, marinasi daging dengan bahan-bahan alami selama satu hari. Barulah setelah itu lakukan pengasapan dengan kayu dan daun kosambi di suhu 60-70 derajat Celcius. Cara tersebut menghasilkan daging yang empuk dan juicy.


Penutup

Kesimpulannya, resep olahan sei sapi sangat beragam dan bisa dikembangkan sesuai selera. Tinggal pilih mau pakai sambal luat, rica-rica, matah, atau mungkin sambal terasi. Bagaimanapun, pastikan pengolahan dagingnya sudah sesuai.





Source of thumbnail: Sambal Matahu by menikwidyowati's Images
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.