Resep Cemilan untuk Pemula agar Buah Hati Bahagia

Satu hal yang tidak bisa lagi dilakukan dengan tenang di masa pandemi ini adalah beli cemilan ringan. Kalau dulu si buah hati bisa sesekali beli di sekolah, sekarang tidak ada lagi kesempatan itu. Nah, di sini mama perlu menguasai beberapa resep cemilan yang bisa dikerjakan oleh siapapun, bahkan pemula. 

Berikut ada 5 resep cemilan yang sebenarnya sangat mudah membuatnya. Dengan bahan-bahan yang mungkin saat ini sudah ada di dapur mama, resep-resep ini bisa dilakukan bahkan sekarang juga. 

Tapi jangan salah. Mama pasti bersyukur kalau melihat ekspresi si buah hati ketika dia bisa menikmati ini di rumah.


Sosis Mie Gulung

Mari kita mulai dengan bahan yang tak pernah gagal untuk si buah hati: sosis. Mama perlu mempersiapkan bahan-bahan yang sangat sederhana: sosis, mi instan, dan telur. Untuk jumlahnya mama bisa sesuaikan dengan kebutuhan. 

Untuk membuatnya, ada dua tahap. Yang pertama adalah menyiapkan mi instannya. Panaskan air dan masukkan mie ketika air sudah mendidih. Jangan lupa masukkan juga bumbu mie instan. Angkat mie instan ketika belum terlalu lembek. Setelah mie agak dingin, pecahkan telur di atas mie instan dan aduk hingga rata. 

Tahap kedua adalah menyiapkan sosisnya. Tusukkan sosis pada tusuk sate dan kemudian sayat-sayat sosis sedikit. Pada saat yang sama, panaskan minyak di atas kompor. Terakhir, lilitkan mie instan yang sudah dicampur telor ke seluruh permukaan sosis dan goreng sebentar hingga telur mengeras. 

Sosis mie gulung pun siap buat buah hati yang tidak sabar lagi. 


Sempol Ayam

Ini termasuk jajanan yang populer di lingkungan sekolah pada beberapa tahun sebelum pandemi terjadi. Paduan tepung bumbu dan ayamnya yang digoreng pasti tidak mudah ditolak oleh siapapun. 

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sempol ayam ini juga tidak terlalu banyak: 150gr ayam cincang, satu bungkus tepung bumbu Sajiku pedas, dan tepung tapioka atau tepung maizena. Tentunya juga dibutuhkan sedikit air dan minyak goreng untuk mengolah bahan-bahan.

Ketika bahan-bahan sudah siap, yang mama butuhkan adalah, pertama, mencincang ayam hingga potongan-potongannya kecil. Campurkan ayam dengan bahan-bahan yang lain hingga menjadi adonan sempol yang tercampur rata. Oh ya, tambahan air tapi jangan terlalu banyak ya mama, biar adonan bisa dikepal. 

Kepal-kepal adonan pada tusuk sate hingga adonan habis. Pada saat yang sama, panaskan minyak di atas kompor hingga cukup panas. Ketika siap, goreng adonan yang sudah dikepal tadi hingga berubah warna menjadi keemasan. 

Sajikan dengan saus tomat atau kecap. Pasti buah hati akan seperti ke sekolah lagi.


Sempol Ayam adalah Resep Cemilan Mudah yang bisa dilakukan oleh pemula


Kentang Keju

Yang ketiga ini adalah resep yang tak kalah enaknya dan juga satu cara membuat buah hati bahagia. Namun, kali ini bahan-bahannya agak banyak. Siapkan kentang, tepung maizena, keju parut, daun bawang atau daun seledri, lada halus, serta garam dan gula pasir sesuai selera.

Tahap pertama adalah menyiapkan kentang. Kukus kentang hingga matang. Setelah matang, kupas kulit kentang dan tumbuk hingga halus. 

Selanjutnya, campurkan kentang halus dengan keju parut, dan masukkan tepung maizena, lada halus, garam-gula, dan daun bawang atau daun seledri yang sudah diiris-iris halus. Aduk hingga rata dan bentuklah agar adonan menyerupai kentang goreng. Sementara itu panaskan minyak di atas kompor. 

Setelah minyak panas, masukkan adonan yang sudah berbentuk seperti kentang goreng ini. Tunggu hingga warnanya agak berubah sesuai selera. Sajikan kepada si buah hati dengan disertai saus tomat. 

Bagaimana dengan resep cemilan ini, mama? Mudah bukan? Memang sekilas terlibat butuh sedikit usaha. Namun, setelah dicoba, pasti mama tidak merasakan kesulitan sama sekali. 

Dan, yang lebih berarti, pasti resep cemilan yang sederhana ini sudah bisa menghasilkan kesenangan buah hati yang luar biasa.