Artikel & Tips Rawon Ayam, Tidak Kalah Lezatnya
Rawon Ayam, Tidak Kalah Lezatnya

Rawon Ayam, Tidak Kalah Lezatnya

12 Sep 2022, 16:09

Ada satu masakan khas Jawa Timur an untuk menu yang identik dengan kuahnya yang berwarna hitam dan sering ditemukan sebagai salah satu menu resepsi atau hajatan. Yup, Mama, apalagi kalau bukan rawon!


Bila biasanya Mama memanfaatkan protein dari daging merah, terutama sapi. Tidak, pasti tidak banyak Mama yang tahu bahwa kita bisa memanfaatkan protein dari daging putih alias ayam dalam pembuatan rawon. Yang tentu saja akan memberikan sensasi yang berbeda di lidah keluarga. Simak hingga habis ya Ma!


Rawon juga bisa dibuat menggunakan daging ayam


Manfaat keluwek, bahan utama Rawon

Keluwek, pemberi warna dan rasa khas rawon, adalah sebenarnya buah dari tanaman yang bisa dimanfaatkan mulai dari biji, buah, daun, maupun batangnya. Buah keluwek yang nama latinnya Pangium edule ini memiliki banyak sebutan. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur, orang menyebutnya “keluwek,” sementara orang Jawa Barat familier suka menyebutnya “picung” atau “pucung.”


Sebelum kita ulas dan kupas tuntas bagaimana pembuatan rawon ayam, Mama perlu tahu manfaat dari keluwek. Si hitam ini ternyata memiliki banyak nutrisi dan manfaat di dalamnya lho!


1.Anti oksidan tinggi

Di balik kulit cangkangnya yang keras, dan warnanya yang hitam, keluwek ini ternyata mengandung anti oksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas, hingga membantu sistem tubuh kita dalam melawan penyakit.


2.Pencegah kanker

Dalam keluwek, terdapat senyawa yang bernama fenolik yang berfungsi sebagai anti kanker dan beberapa penyakit akut lainnya, seperti peradangan pada sendi, dan penyakit jantung.


3.Pencegah anemia

Dalam satu buah keluwek, ternyata terkandung lebih dari 5 miligram zat besi. Ini setara dengan pemenuhan 70 persen kebutuhan harian zat besi yang kita perlukan dalam tubuh. 


4.Penawar racun dan obat cacing alami

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa keluwek dapat dimanfaatkan sebagai penawar keracunan, yakni dengan rendaman keluwek. Selain itu, keluwek juga dimanfaatkan sebagai pengobatan cacing kremi. Wah ternyata keluwek memiliki manfaat yang beribu ya Ma.


Rawon ayam kampung

Pada pembuatan rawon kali ini, kita akan memanfaatkan ayam kampung. Selain rasanya yang juicy, kuah yang dihasilkan dengan ayam kampung akan lebih ngaldu banget nih Ma, ga kalah dengan rawon daging sapi. Mama pilih ayam kampung yang masih muda, cuci bersih dengan air, lalu marinasi dengan jeruk nipis beberapa saat, sisihkan. 


Untuk bumbu rawon halus, yang diperlukan sederhana saja sebenarnya. Mama blender atau tumbuk bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, dan kemiri hingga halus. Selanjutnya Mama bisa tumis bumbu yang sudah halus ini di atas wajan dengan menambahkan sereh, daun jeruk yang dibuang tulangnya, daun salam, dan sedikit lengkuas. Tumis hingga harum dan matang. Pastikan bumbu sudah matang ya, agar rasa yang dihasilkan tidak langu. Blender juga keluwek dengan air hangat secara terpisah. 


Mama bisa pilih keluwek yang memiliki daging kehitaman, utuh, dan tidak berjamur. Bila keluwek memiliki daging yang kecoklatan, itu tandanya keluwek tersebut masih muda, sehingga rasanya kurang mantap bila dimasukkan ke dalam makanan.


Langkah berikutnya adalah Mama masukkan ayam kampung yang telah dimarinasi tadi ke dalam tumisan bumbu. Tambahkan air, rebus daging hingga matang dan ayam kampung empuk. Tambahkan garam gula, dan MASAKO® rasa ayam dan test rasa. Pastikan sudah pas mantap. Sajikan rawon ini dengan tauge pendek, sambal, bawang goreng, daun bawang, dan jangan ketinggalan telur asin dan kerupuk udangnya. Rasane jelas uenak rek!


Untuk resep rawon daging rawon ayam lainnya, Mama bisa simak di website Dapur Umami. Cek secara berkala agar tidak ketinggalan resep dan artikel terbaru!

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.