Rahasia Resep Kuah Bakso Sapi Biar Semakin Gurih

Serupa tapi tak sama, semangkuk bakso bisa berbeda rasanya sesuai dengan tangan peracik bumbunya. Berbagai variasi bumbu untuk resep kuah bakso bisa Mama praktekkan dirumah. Namun, bila Mama ingin mengetahui rahasia dari resep bakso sapi agar semakin gurih, maka Mama harus membaca artikel ini hingga selesai. 


Yuk, Mama, kita pelajari apa saja rahasianya. Sebelum lebih jauh, perlu kita ingat bahwa ini resep kuah bakso dengan 2 liter air rebusan ya, Mama. Sst, jangan dibocorkan.


Rahasia kuah bakso sapi: Kuah Kaldunya

Banyak yang sudah mencoba berbagai resep kuah bakso, namun rasanya tidak seenak yang dijajakan di resto bahkan masih tidak sesuai dengan yang dijajakan abang- abang bakso gerobak. Hal pertama yang memegang kunci dari kuah bakso sapi ini terletak pada kaldunya. Kaldu yang digunakan dalam pembuatan kuah bakso sapi terbagi menjadi dua. 


Kaldu tulang dan kaldu sapi daging. Apakah Mama sudah mengetahui perbedaan kedua kaldu ini? Mari kita bahas satu persatu, untuk kaldu tulang, tentu saja bahan-bahan utama yang digunakan untuk kaldu adalah tulang sapi, untuk kaldu tulang Mama bisa pilih tulang bagian punggung dari sapi, maka kaldu yang dihasilkan akan gurih dan segar. 


Kadang Mama juga bisa menggunakan tulang bagian kaki sapi, namun kaldu yang dihasilkan akan lebih berlemak karena penuh lemak sapi dan tetelan sapi. Walaupun pada prakteknya untuk mendapatkan kaldu dari rebus tulang sapi ini memerlukan waktu yang lebih lama. 


Sedangkan untuk kaldu daging, diperoleh dari daging yang direbus bersama bumbu kuah bakso, untuk kaldu daging ini hasilnya lebih bening dan ringan rasanya, bila dibandingkan kuah bakso yang dihasilkan dari tulang. Untuk daging yang digunakan bisa bagian mana saja yang ingin Mama gunakan. Untuk rasa enak mana antara kaldu tulang dan daging sapi? 

Jawabannya tergantung selera.


Hampir semua rahasia resep kuah bakso ada di gambar ini


Bumbu yang digunakan

Walaupun terkesan semua sama, resep kuah bakso yang lezat terletak pada bumbu yang digunakan. Bumbu yang digunakan haruslah yang berkualitas bagus, mulai dari daging yang digunakan untuk baksonya, hingga bumbu halus yang akan dipergunakan untuk membuat kuahnya. 


Bumbu halus yang digunakan adalah 6 siung bawang putih dan 3 siung bawang merah. Agar bumbu semakin nikmat, rahasianya adalah Mama bisa mencincang kecil bawang bombay, menumisnya, lalu memasukkannya ke dalam kuah bakso yang telah Mama buat. 


Dan yang tidak boleh terlewat: lada bubuk, dan penyedap rasa, seperti misalnya bumbu umami, AJI-NO-MOTO®. Untuk koreksi rasa, tambahkan garam dan gula sesuai selera. Inilah jaminan rasa umami untuk bakso karya Mama. Jangan lupa aduk rata. Tunggu sampai mendidih, ketika air mendidih kemudian rebus baksonya untuk dapat menikmati makan bakso yang diinginkan.


Daun bawang dan seledri

Daun bawang dan seledri memegang peranan penting dalam pembuatan kuah bakso sapi yang lezat. Selain manfaatnya sebagai penambah cita rasa, dua daun yang selalu ada sebagai pendamping bakso ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Bentuknya yang seperti pipa dengan daun yang masih muda, batang daun bawang ini memberi sejuta manfaat, karena pada daun ini mengandung banyak antibiotik, yang berfungsi untuk membunuh kuman penyakit yang masuk dalam tubuh. Sedangkan daun seledri ini memiliki manfaat sebagai penurun kadar kolesterol dalam darah.


Meski kita tidak mengkonsumsi dalam jumlah besar, setidaknya seledri dan daun bawang ini sedikit mengurangi dan mengurai kolesterol dan minyak yang terdapat pada semangkuk bakso dengan kuah yang kita nikmati, agar sedikit less-guilty, Mama.


Jangan lupa tambahkan bawang merah dan bawang putih goreng saat menyajikannya!

Bagaimana Ma setelah mengetahui rahasia pembuatan resep kuah bakso sapi di atas, Mama siap mengeksekusi resep favorit yang mana? Untuk menambah pengetahuan dan resep, Mama bisa mengunjungi website Dapur Umami.