Perkedel Jagung Ala Manado, Renyahnya Tahan Lama - Dapur Umami

Perkedel Jagung Ala Manado, Renyahnya Tahan Lama

Perkedel jagung atau biasa juga disebut bakwan jagung. Makanan satu ini bisa berfungsi sebagai lauk atau dimanfaatkan sebagai camilan. Kalau di rumah Mama, perkedel jenis jagung ini dimanfaatkan sebagai lauk atau camilan?


Namun, tahukah Mama bahwa “perkedel jagung ala Manado” itu sedikit berbeda bila dibandingkan dengan resep perkedel jagung lainnya? Itu karena perkedel jagung ala Manado memanfaatkan sedikit tepung. Jadi, dijamin kriuknya gak ada obat! 


Kalau Mama mau langsung mencobanya di rumah, baca artikel ini hingga habis ya, Ma?


corn-ge85e27966_1920.jpg

Perkedel jagung ala Manado mengandalkan pada jagung dan sedikit sekali tepung


Perkedel Jagung Ala Manado

Membuat perkedel jagung ala Manado ini sangatlah murah dan mudah kok, Ma. Semua bahan yang diperlukan ada di penjual sayur langganan Mama. Perkedel ini identik dengan renyahnya yang sangat tahan lama serta rasa bawang merahnya yang sedikit kuat. Tentu ini karena dalam penggunaan bahannya, bawang merah sangatlah dominan,

Yuk, segera kita siapkan bahan yang diperlukan, Ma. Pertama, siapkan jagung manis terlebih dahulu. Sisir kasar atau pipil jagung manis yang sudah disiapkan. Kenapa pipil kasar? Karena ini akan membuat tekstur dari jagung tetap terasa. Selanjutnya, Mama ulek kasar bawang merah, bawang putih, dan cabe merah.


Di dalam wadah, campurkan jagung manis pipil, bumbu yang sudah diulek kasar, daun bawang, daun jeruk nipis yang sudah diiris tipis-tipis, dan tentu saja tepung. Tepung yang digunakan yakni tepung terigu dan tepung beras. Tuangkan sedikit air dan satu butir telur. Untuk mendapatkan hasil maksimal, jangan lupa masukkan dulu pemberi rasa yang terdiri dari gula, garam, lada, dan MASAKO® Rasa Ayam. Aduk rata semua adonan perkedel jagung ini.


Untuk rasa yang lebih enak, Mama bisa juga menggunakan cara yang lain, yakni menghaluskan satu buah jagung manis dengan blender untuk kemudian dicampurkan dengan jagung pipil dan bumbu yang sudah disiapkan sebelumnya.


Langkah terakhir tentu saja menggoreng perkedel jagungnya, panaskan wajan, tuang dengan minyak banyak. Pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum menggoreng. Goreng sedikit demi sedikit perkedel jagung ala Manado ini hingga kuning kecoklatan. Pakai api yang sedang saja agar adonan tidak menyerap banyak minyak. Angkat dan sajikan. Rata-rata, rasa gurih dan kres kres nya pasti bikin pengen ngunyah terus.



Perkedel Jagung Ala Sajiku

Perkedel jagung yang satu ini sangatlah mudah, karena dengan sedikit bahan saja bisa dipastikan rasanya sudah endeus dan mantap. Rahasia krispinya adalah karena pada perkedel jagung yang satu ini kita akan menggunakan SAJIKU® Tepung Bumbu Bakwan krispi. 


Bahan utama yang digunakan tentu saja jagung manis pipil. Pilih jagung manis dengan kualitas yang bagus. Untuk isian perkedel jagung ala Sajiku ini, Mama bisa juga mencampurkan sedikit wortel serut bila suka. Selain menambah nilai gizi, serutan wortel juga akan membuat warnanya semakin menarik. Semakin estetik! 


Untuk bahan lain, Mama siapkan bawang merah, bawang putih, daun bawang, daun jeruk yang sudah dibuang tulangnya, telur dan ketumbar.

Campurkan semua bahan diatas menjadi satu di sebuah wadah. Tambahkan SAJIKU® tepung bumbu bakwan krispi dan sedikit tepung beras. Bumbui dengan gula, garam, dan MASAKO® Rasa Ayam. Aduk rata semua bahan hingga tercampur rata. Selanjutnya, panaskan minyak dan ambil adonan sebanyak satu sendok. Goreng hingga kuning keemasan, tiriskan.


Resep perkedel ini pasti mudah dipraktekkan bukan? Bahkan Mama yang jarang terjun ke dapur pun pasti bisa mengerjakannya. Papa dan anak-anak juga bisa diajak masak ini. 


Bila Mama ingin cek resep perkedel jagung yang mudah dan renyah lainnya, bisa cek di sini yah. Perkedel jagung sudah matang nih, saatnya semua anggota keluarga berkumpul dan memberi review!