Artikel & Tips Panduan Diet dan Ragam Pilihan Snack untuk Anak ADHD
Panduan Diet dan Ragam Pilihan Snack untuk Anak ADHD

Panduan Diet dan Ragam Pilihan Snack untuk Anak ADHD

31 Mar 2023, 20:03

Pemenuhan gizi pada anak dengan kondisi Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) tidak bisa disamakan dengan anak pada umumnya. Anak ADHD membutuhkan makanan yang tidak haya sehat dan bergizi, tetapi juga dapat membantu mengurangi terjadinya gejala ADHD. Anak dengan kondisi ADHD memiliki kecenderungan kurang bisa fokus, mudah bosan melakukan suatu kegiatan, sangat aktif dan perhatiannya mudah teralihkan dengan kondisi lain di sekitarnya. Lalu bagaimana diet yang tepat untuk anak ADHD? Artikel Dapur Umami kali ini akan mengulas tentang panduan diet dan ragam pilihan snack untuk anak ADHD.


Gizi yang tepat untuk anak ADHD akan menunjang tumbuh kembang optimalnya. Gizi yang diperoleh dari makanan dapat membantu menunjang kesehatan dan perkembangan otak anak ADHD. Bagi orang tua maupun pengasuh harus mengetahui makanan yang tepat untuk diberikan pada anak dengan kondisi ADHD. Anak dengan kondisi ADHD memiliki beberapa gejala seperti sangat aktif, perhatiannya mudah teralihkan dengan kondisi tertentu dan sulit fokus. Kondisi tersebut dapat semakin memburuk jika tidak ditunjang dengan asupan gizi yang tepat.


Diet untuk anak ADHD secara umum tidak jauh dengan kebutuhan anak pada umumnya. Namun, ada beberapa catatan khusus yang perlu diperhatikan untuk mengurangi gejala yang sering timbul. Kebutuhan kalori anak ADHD dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, berat badan dan tinggi badan. Kebutuhan karbohidrat sebesar 60-65% dari total kalori harian, lemak sebesar 20-25% dari total kalori harian dan lemak sebesar 15-20% dari total kalori harian. Selain itu, berikut adalah panduan diet khusus bagi anak ADHD.


1. Diet rendah gluten

Gluten adalah jenis protein yang terdiri atas glutenin dan gliadin. Gluten banyak terdapat pada gandum, terigu dan beberapa jenis serealia (biji-bijian lainnya). Gluten memiliki tekstur yang lengket menyerupai lem sehingga dijadikan bahan dasar dalam pembuatan kue, roti, dan beberapa makanan lainnya. Anak ADHD dianjurkan untuk membatasi asupan gluten karena untuk mengurangi sensitivitas dan gejala yang dapat ditimbulkan.


2. Membatasi makanan tinggi gula

Makanan dan minuman yang mengandung tinggi gula harus dibatasi pada anak ADHD. Misalnya cokelat, permen, biskuit, kue dan semua makanan kemasan dengan gula yang cukup tinggi. Gula mengandung glukosa yang mudah diserap oleh tubuh anak. Hal ini mengakibatkan peningkatan kadar gula darah dan hormon adrenalin, sehingga hal ini menyebabkan anak ADHD sangat aktif (hiperaktif).


3. Membatasi Ultra Processed Food (UPF)

UPH adalah makanan yang paling mudah kita temui. Contoh UPF adalah makanan kemasan, minuman kemasan, makanan yang dikalengkan dan makanan yang mengandung tinggi kalori namun minum gizi lainnya seperti protein dan serat. Selain itu, UPF juga mengandung perisa, pewarna, pengawet yang juga dapat mengurangi konsentrasi pada anak ADHD.


Anak ADHD bisa mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti jagung, ubi, kentang dan singkong. Pangan hewani terutama ikan mengandung omega-3 dan omega-6 memiliki manfaat untuk perkembangan otak anak ADHD. Pemilihan jenis lemak untuk anak ADHD juga harus diperhatikan, lemak tidak jenuh adalah pilihan yang tepat untuk anak ADHD misalnya alpukat, minyak zaitun dan ikan. Snack merupakan makanan selingan yang juga tidak bisa dipisahkan dari anak-anak. Berikut adalah ragam snack sehat untuk anak ADHD.


1. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan sumber serat, vitamin dan mineral yang baik untuk anak ADHD. Membuat smoothie buah, salad buah dan jus buah merupakan alternatif snack sehat untuk anak ADHD.


2. Snack sumber protein

Protein dapat membantu meningkatkan konsentrasi pada anak ADHD, Olahan snack sumber protein misalnya silky chawan mushi yang berbahan dasar telur dapat diberikan pada anak ADHD.


3. Snack sumber omega-3 dan kalsium

Omega-3 berperanan penting dalam menunjang perkembangan otak, selain itu kalsium memiliki fungsi vital dalam regulasi hormon dan sistem saraf anak ADHD. Contoh snack sumber omega-3 dan kalsium adalah susu, yogurt dan ikan. 


Kondisi ADHD pada anak bukanlah hal yang akan menghambat tumbuh kembangnya bila ditunjang dengan pola makan yang tepat. Kebutuhan gizi dan daftar makanan yang sebaiknya dihindari pada anak ADHD harus diperhatikan dengan baik. Nah, itu dia panduan diet dan ragam pilihan snack untuk anak ADHD, pastikan asupan gizinya dipenuhi dengan baik ya, Ma.


(HF)



Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.