Nasi Kuning Tumpeng Mini Untuk Hampers Ulang Tahun Jagoan

Jagoan Mama akan merayakan ulang tahun dalam waktu dekat ini? Mama pasti sedang bingung untuk mempersiapkan tema, kue dan hampers apa yang akan dibagikan kepada tamu undangan. Ada satu yang tidak mungkin salah: hampers nasi kuning tumpeng mini!


Ini adalah salah satu alternatif hampers ulang tahun yang tak hanya terlihat cantik namun sangat enak dinikmati. Nasi kuning tumpeng mini ini sebagai pengganti nasi boks agar tidak terlalu mainstream atau biasa biasa saja.


Semua undangan yang hadir tentu akan sangat senang menerimanya.


Bahan-Bahan Nasi Kuning Tumpeng Mini

Untuk membuat nasi kuning tumpeng mini ini, banyaknya bahan bisa Mama sesuaikan dengan tumpeng mini yang akan Mama buat. Bahan utama tentu saja beras. Pilih beras dengan kualitas bagus dan kemudian cuci beras hingga bersih.


Bumbu dan santan kental sangat penting. Bahan lainnya adalah daun salam, sereh, kunyit bubuk, garam, dan secukupnya MASAKO® rasa ayam. 


Bila Mama tidak menggunakan kunyit bubuk, gunakan kunyit yang tua dan sebelumnya dibakar untuk mengurangi bau langu. Bisa juga ditambahkan daun pandan agar aroma nasi kuning yang dihasilkan semakin menggoda. Untuk resep nasi kuning yang lain, Mama bisa cek di sini.


Cara Membuat 

Cara membuat nasi kuning tumpeng mini atau memasak nasi kuning tumpeng mini ini sama saja dengan nasi kuning seperti yang Mama biasa buat. Mama rebus santan dengan semua bahan, setelah hampir mendidih.


Masukkan beras yang sudah dicuci bersih sebelumnya. Nasi dengan campuran santan diproses. Aduk-aduk hingga air santan asat, dan nasi mengembang, diamkan sejenak. Sambil menunggu Mama panaskan kukusan atau dandang, masukkan nasi yang telah diaron dengan santan tadi selama kurang lebih satu jam atau hingga matang.


Sisihkan nasi kuning, Mama bisa siapkan lauk pauk pendamping untuk dimasukkan ke dalam container mika tumpeng mini.


Pelengkap Nomor Satu: Perkedel Kentang 

Pelengkap pertamanya kita buat perkedel kentang dengan ukuran yang juga mini ya, Ma. Goreng kentang yang sudah dipotong-potong dengan bawang merah. Kemudian, hancurkan kentang tadi ditambah dengan daun seledri, daun bawang, garam, dan secukupnya MASAKO®. 


Bulatkan adonan dengan ukuran mini dan goreng setelah diberi baluran telur. Oh ya, biar minyak tidak berbuih, campurkan telur dengan tepung tapioka sedikit ya, Ma.


Mie Goreng Sosis 

Mie goreng topping sosis adalah akan menjadi pelengkap tambahan yang pas untuk nasi kuning tumpeng mini. Untuk membuatnya Mama rendam mie telor hingga sedikit empuk. 


Tumis bumbu halus sederhana yang terdiri dari bawang merah, bawang putih dan lada. Setelah bumbu harum, masukkan sayuran, telur dan sosis. Terakhir masukkan mie, bumbui dengan kecap manis, kecap asin, SAORI® saus tiram. 


Cek rasa untuk memastikan masakan sudah sesuai selera. 


Oseng Tempe Kacang Tanah

Oseng tempe kacang tanah yang rasanya gurih dan renyah ini akan menjadi penyeimbang rasa. Untuk membuatnya, Mama iris tipis-tipis tempe. Goreng tempe hingga kering kecoklatan.


Jangan lupa juga goreng juga kacang tanah sebagai campuran. Masukkan bumbu halus dan tunggu hingga mengeluarkan aroma harum. Masukkan tempe dan kacang tanah. 

Terakhir, perkuat cita rasa dengan kecap manis, SAORI® saus tiram, dan daun jeruk.


Ayam goreng krispi

Ini dia yang tidak pernah salah: ayam goreng krispi. Ungkep terlebih dahulu ayam yang dipotong ukuran mini dengan bumbu kuning. Kemudian baluri ayam dengan tepung bumbu SAJIKU®. Setelah itu goreng ayam hingga tepung menjadi kuning keemasan. Dijamin rasanya enak dan awet renyah.


Setelah semua pelengkap nasi kuning tumpeng mini ini lengkap, saatnya Mama menata nasi tumpeng ini di dalam container mika. Cetak nasi kuning dengan cetakan tumpeng mini yang terbuat dari aluminium, tata pelengkap nasi kuning melingkar seperti tumpeng. 


Nasi kuning tumpeng mini ini siap dibagikan sebagai pengganti nasi boks.