Nasi Kuning Banjar Lengkap Dengan Ayam Habang

Bila berkunjung ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan tak lengkap rasanya bila Mama dan keluarga tidak mencicipi salah satu menu khasnya yaitu sarapan nasi kuningnya yang begitu lezat.


Cara membuat nasi kuning Kalimantan Selatan sebenarnya tidak ada perbedaan dengan nasi kuning dari daerah lainnya. yang membedakan hanyalah sambal habangnya. 


Sambal ini disebut “sambal habang” karena warnanya yang merah mencolok (“habang”) dari cabe merah kering yang dihaluskan. Namun tenang, Ma, sambal habang ini tidak sepedas itu kok.


Kalau Padang punya balado, Banjarmasin punya ayam masak habang. Yuk mulai kita simak masak nasi kuning Banjar lengkap dengan ayam habangnya!


Bahan Wajib Nasi Kuning Khas Banjar

Resep nasi kuning ini cukup untuk dinikmati satu keluarga di rumah. Untuk bahan dalam pembuatan nasi kuning khas Banjar, Mama tentu saja membutuhkan beras.


Gunakan beras sebanyak 500 gram. Siapkan pula sereh, kunyit (bisa dalam bentuk bubuk), daun pandan untuk aroma yang semakin harum, daun jeruk, garam, dan sedikit saja MASAKO® untuk rasa nasi kuning yang semakin gurih, setengah butir kelapa tua untuk santan dan air.


Cara Membuat 

Untuk membuat nasi kuning ini, Mama cuci beras yang akan digunakan. Didihkan santan dalam panci dan masukkan semua bumbu lain. Aduk rata. Bila sudah akan mendidih, masukkan beras yang sudah dibersihkan tadi. Aduk-aduk hingga nasi mengembang dan setengah matang. 


Matikan kompor dan berikan kucuran jeruk nipis bila diperlukan. Fungsi dari jeruk nipis ini adalah agar warna nasi kuning semakin cantik dan nasi menjadi tidak mudah basi. 


Pindahkan nasi yang telah diaron dengan santan tadi ke dalam dandang atau panci kukusan. Panci kukusan ini sebaiknya sudah dipanaskan terlebih dahulu, agar semakin menghemat waktu memasak. 


Kukus nasi kuning dalam dandang kurang lebih 30 menit hingga 1 jam. Bila nasi sudah matang, buka tutup panci kukusan dan sisihkan terlebih dahulu.


Untuk cara yang lebih mudah, Mama bisa memasak nasi kuning ini menggunakan rice cooker. Namun, dalam memasaknya perlu takaran yang pas dan sering diaduk agar santan tidak mengendap di bagian bawah saja.


Bahan Membuat Ayam Habang

Ayam habang tidak sesederhana ayam goreng. Ayam habang adalah ayam yang dimasak dengan sambal habang. Sebenarnya, tidak hanya ayam yang bisa diolah dengan bumbu sambal habang ini.


Di daerah asalnya, biasanya yang dimasak menggunakan bumbu ini adalah ikan haruan. Namun sambal ini bisa juga dipakai untuk memasak lauk pauk seperti bebek, telur rebus, hingga ayam seperti yang akan kita buat.


Bahan untuk membuat ayam habang ini, ada beberapa langkah. Pertama, haluskan cabe merah kering yang sudah direndam hingga melunak, bawang putih, bawang merah, jahe, terasi yang sudah dibakar, kayu manis ( bisa gunakan yang bubuk), cengkeh, air asam jawa, gula merah, garam, dan tentu saja MASAKO® rasa ayam.


Untuk bahan utama tentu saja ayam yang sudah dimarinasi dengan jeruk nipis dan garam.


Cara Mengolah Ayam Habang

Cara mengolah masakan ini adalah dengan menumis semua bumbu halus dan bumbu pelengkap ke dalam minyak. Aduk-aduk hingga bumbu matang dan harum. Setelah bumbu ini matang, masukkan ayam yang sudah dimarinasi sebelumnya dalam air perasan jeruk. 


Sisa perasan jeruk setelah marinasi tidak perlu dibuang. Masukkan sisa marinasi ke dalam bumbu untuk menambah rasa segar pada ayam masak habang ini. Tambahkan sedikit saja air dan masak ayam hingga matang dan lunak. Matikan kompor dan sajikan bersama dengan nasi kuning. Lengkapi dengan kerupuk udang dan telur rebus.


Sarapan nasi kuning enak khas Banjar bisa Mama jadikan alternatif bila bosan dengan olahan nasi lain seperti nasi goreng, nasi tim ayam, ataupun menu lainnya yang biasa mama kreasikan. Selamat mencoba ya ma!