Modifikasi Resep Masakan Sehari-hari Demi Gizi Seimbang

Saat ini, berkat kampanye gizi seimbang oleh Kemenkes, kesadaran akan gizi seimbang sudah semakin meningkat. Ketika kita baru saja memulai usaha ini, sering rasanya seolah-olah kita harus mengubah 180 derajat pola makan kita. Padahal, yang kita butuhkan mungkin hanya sedikit modifikasi agar resep makanan sehari-hari Mama sesuai dengan prinsip gizi seimbang. 


Resep makanan sehari-hari Mama sebenarnya sudah sangat mendukung ini. Sayur, protein, dan lemak yang baik pasti sudah menjadi pertimbangan Mama selama ini. Mungkin, yang diperlukan hanyalah sedikit modifikasi atas porsinya agar sesuai anjuran Kemenkes. Berikut beberapa contohnya.



Sayur Sop

Selama ini, pasti Mama tidak pernah merasa ada yang tidak sehat dengan sayur sop. Sayur sop selalu ada pada daftar resep makanan sehari-hari menurut berbagai media dan blogger. Dia lengkap dengan sayur, karbohidrat, dan kadang-kadang protein. Namun, kalau kita bicara tentang gizi seimbang, ada yang perlu dimodifikasi dari makan dengan sayur sop. 


Pertama, Mama perlu mengurangi konsumsi nasi. Cobalah untuk mengambil nasi sepertiga piring saja. Sebagai gantinya, agar Mama dan keluarga tetap kenyang, tambahkan sayur lebih banyak dari biasanya. 


Selain mengurangi nasi dan menggantinya dengan sayuran, Mama juga perlu menambah asupan proteinnya. Hal ini bisa dilakukan dengan menambahkan ayam goreng (yang memang biasanya cocok menemani sayur sop) atau tempe dan tahu. 


Kalau ingin lebih sehat dengan mengurangi minyak goreng, Mama bisa gunakan daging ayam, khususnya dada, yang dipotong dadu dan disertakan di dalam sayur sop. Untuk tambahannya, tempe bacem bisa sesekali dijadikan alternatif. 


Terakhir, jangan lupa menambahkan buah-buahan sebagai sumber serat dan vitamin. Karena dalam sayur sop sudah banyak sayuran hijau dan orange, maka untuk buahnya Mama bisa memilih menggunakan pisang. Atau, kalau ada, mama bisa memilih buah naga. Oh ya, beri garam gula secukupnya saja. Membatasi gula dan garam termasuk usaha gizi seimbang.


Oh ya, tahu cara membuat makan sayur sop lebih nikmat? Tambahkan sambal dari kecap manis dan cabai rawit yang diaduk rata. 


tambahkan buah ke resep masakan sehari-hari

Demi gizi seimbang, tambahkan buah ke resep masakan sehari-hari



Soto Ayam

Resep makanan sehari-hari lainnya yang pasti sudah Mama akrabi adalah soto ayam. Soto ayam ini selalu kaya protein dan lemak tak jenuh. Selain itu, biasanya kita juga menyertakan tauge kacang hijau ketika makan soto ayam. Hal itu menjadikan soto ayam juga memiliki berbagai elemen penting, mulai daun salam hingga kentang goreng. Namun, agar ideal, kita bisa sedikit memodifikasi menu soto ayam. 


Agar mendapatkan gizi yang seimbang, ada dua hal yang perlu ditambahkan secara khusus. Hal pertama yang perlu ditambahkan adalah taugenya. Bila biasanya tauge ini hanya sedikit menghiasi soto kita, tambahkan agar jumlahnya lebih banyak. Atau, bila ingin yang memiliki warna lain, gunakan wortel dipotong korek dan dikukus sebagai tambahan. 


Agar semakin lengkap, tambahkan juga buah-buahan. Untuk keseimbangan berdasarkan warnanya, pilihlah misalnya melon hijau pada saat Mama memasak soto. Siapkan sekitar satu mangkuk kecil melon yang dipotong kecil-kecil dan dianjurkan memakannya sebelum makan menu utama. 


Oh ya, seperti biasa, jangan lupa juga untuk mengurangi porsi nasi yang Mama dan keluarga makan. Jangan lupa juga membatasi konsumsi gula pasir dan garam.



Sayur asem

Resep masakan sehari-hari yang bisa dimodifikasi adalah sayur asem. Sayur asem cenderung kaya akan zat besi dan vitamin C. Namun, yang sering terjadi adalah sayur yang kita konsumsi dari sayur asem ini tidak cukup banyak. Oleh karenanya, berikut modifikasi yang bisa kita lakukan. 

Pertama, tambahkan porsi sayuran yang Mama masak. Tambahkan kacang panjang, labu siam, atau kangkung ketika Mama masak sayur asem. Dengan menambahkan jumlah sayuran yang kaya serat ini, Mama tidak akan merasa mudah lapar meskipun porsi nasinya dikurangi. 


sayur kangkung membantu memenuhi gizi seimbang

Kangkung membantu tercapainya gizi seimbang


Oh ya, satu yang cocok untuk sayur asem adalah menggunakan nasi jagung. Ingat, keragaman makanan pokok itu penting. Sedangkan untuk protein, ikan goreng adalah teman yang sempurna untuk sayur asem. Campuran bahan juga mempengaruhi rasa lho ya, jadi koreksi rasa dengan gula, garam, atau Masako.


Terakhir, agar gizi seimbang dan kebutuhan vitamin terpenuhi, tambahkan satu atau dua potong pepaya. Pepaya atau sayuran berwarna merah ini kaya dengan karotenoid yang merupakan antioksidan yang membantu mencegah kanker. 


Setelah melihat tiga modifikasi atas resep masakan sehari-hari ini, pastinya Mama semakin tahu sekarang bahwa gizi seimbang itu tidak membutuhkan mengubah pola makan 180 derajat. Mama tinggal melakukan sedikit saja modifikasi atas menu sehari-hari saat ini.