Mie Goreng Setan, buat Anggota Keluarga Penyuka Pedes

Satu lagi nih yang lagi Viral dari kota Malang, Jawa Timur, yaitu mie setan. Mie goreng setan tidak ada hubungannya dengan klenik dan hantu-hantu ya, Ma. Mie yang viral ini akhirnya merebak hampir di semua kota di Indonesia.


Mie goreng setan ini identik dengan topping yang berupa taburan ayam dan rasa pedasnya yang nampol abis. 


Mie dengan rasa pedas ini memiliki tempat tersendiri di hati para penikmat dan pecinta makanan pedas yang suka tantangan. Utamanya karena biasa disajikan sesuai dengan level kepedasan yang diminta pembelinya. Mie goreng setan ini sekarang banyak disajikan sebagai salah satu menu di kedai makanan hingga resto. 


Namun jangan takut, Mama juga bisa mempraktekkannya sendiri di rumah kok. Di artikel ini kita akan membahas pembuatan mie goreng setan, simak hingga selesai ya, Ma! Oh ya, kalau memang tidak kuat cabe, jangan coba-coba ya, Ma.


Mie Goreng Setan Topping Ayam

Salah satu hal utama yang harus Mama buat untuk menambah rasa nikmat dari mie goreng setan ini adalah toppingnya. Mie ini berbeda dengan mie goreng biasa yang topping ayamnya disuwir dan dimasukkan menjadi satu dengan adonan mie.


Mie goreng setan memiliki keunikan: topping ayamnya dalam bentuk taburan yang garing, jadi ada sensasi kresh-kresh saat dinikmati.


Untuk membuat topping ayam ini, bahan utama yang perlu Mama siapkan adalah ayam, Mama sebaiknya pilih ayam bagian dada agar lebih gurih dan berserat. Yang juga wajib adalah bawang putih (cincang halus), sedikit jahe (bisa gunakan jahe bubuk), merica bubuk, SAORI® saus tiram, gula, dan garam.


Untuk membuatnya, Mama baluri dada ayam dengan merica bubuk dan garam. Diamkan kurang lebih 30 menit. Kemudian, rebus dada ayam yang sudah dimarinasi tadi hingga ayam lunak dan matang. Angkat dan tiriskan dada ayam, masukkan ke dalam food processor atau chopper. Giling hingga ayam berbentuk bulir-bulir. 


Di dalam wajan Mama tumis bawang dan jahe hingga tercium aroma harum. Lalu, masukkan ayam yang sudah hancur dan aduk rata. Bumbui dengan saus tiram, garam, gula dan merica. Setelah itu tes rasa. Masak hingga ayam kering dan matang dan sisihkan.


Bahan-bahan Mie Setan

Untuk mie goreng setan ini, Mama bisa menggunakan mie basah ataupun jenis mie telur yang telah direndam air panas hingga empuk. Untuk bumbu yang dihaluskan, gunakan bawang merah, bawang putih, sedikit kemiri, cabe rawit merah, cabe keriting merah, dan merica. 


Gunakan bumbu pelengkap agar mie goreng ini semakin enak, yakni berbagai saus kecap, kecap manis, SAORI® saus tiram, minyak wijen, garam, dan gula. Kalau masih kurang pedas, gunakan juga cabe bubuk.


Cara Pembuatan Mie

Untuk membuatnya, Mama ambil 3 keping mie telor. Rendam mie dengan air panas dan tiriskan bila sudah empuk. Dalam wajan, panaskan sedikit minyak goreng dan tumis bumbu halus hingga matang dan mengeluarkan aroma.


Masukkan mie dan aduk aduk rata dengan bumbu halus. Jangan lupa, bumbui dengan kecap dan saus yang sudah disiapkan. 


Untuk Mama dan keluarga yang pecinta pedas, bisa juga ditambahkan chili flakes atau cabe bubuk untuk menambah rasa pedas. Angkat dan sajikan bila sudah matang


Untuk saran penyajiannya, tata selada lalu mie goreng setan, taburi dengan topping ayam, tambahkan pelengkapnya yakni beef slice atau daging asap yang sudah digoreng sebelumnya, pangsit goreng, bawang goreng, dan daun bawang untuk penambah rasa. 


Kalau sudah begini, mie goreng setan ini siap disajikan di meja makan keluarga Mama. Jadi bagaimana, Ma? Apakah Mama sudah siap menyajikan sajian pengguncang lidah ini? Selamat mempraktekkan di rumah!