Artikel & Tips Menu Makanan Prasmanan Nikahan Paling Populer
Menu Makanan Prasmanan Nikahan Paling Populer

Menu Makanan Prasmanan Nikahan Paling Populer

06 Dec 2022, 17:12

Tidak bisa disangkal, ada sensasi tersendiri ketika kita menikmati dan memilih menu hidangan prasmanan pesta pernikahan. Rasa makanan yang ada di sana seperti bercampur dengan kebahagiaan yang melingkupi atmosfer pernikahan.


Tapi, tentu itu tidak berarti harus ada yang menikah atau menjadi tamu undangan untuk menikmati menu makanan prasmanan nikahan. Ayo, Ma, kita coba buat beberapa yang paling populer di rumah dan buktikan apakah atmosfer bahagianya juga bisa tercipta. 

Salah satu menu resepsi nikahan pada umumnya adalah sate ayam, soto mie bogor, dan berbagai jenis soto lainnya menggunakan daging sapi atau ayam. Terdapat gubuk ice cream untuk para tamu berwisata kuliner.


Berbeda dengan menu-menu di atas, ada dua tips untuk menikmati makanan sambil mendapatkan atmosfer resepsi. Pertama, makan sopnya harus terpisah. Kedua, Mama perlu mengeluarkan koleksi piring lebar yang ada di lemari. 


Sop

Yang pertama dan tidak boleh absen adalah sopnya. Karena selalu menjadi menu favorit, selalu ada sop di dalam daftar menu prasmanan nikahan. Sopnya bisa sesederhana sop sayur wortel-buncis-brokoli dengan protein dari bakso dan sosis. Atau, kalau mau yang lebih canggih, Mama bisa membuat sup krim asparagus yang rasanya istimewa itu. 


Atau, kalau ingin yang lebih istimewa tapi sederhana, Mama juga bisa mencoba sup andalan Dapur Umami ini. Sup yang isiannya terbuat dari bakso suki ini konon disukai bahkan oleh anak-anak ketika mereka sedang tidak nafsu makan. Bahan bumbunya sudah tersedia dari SAJIKU® Sayur Sup.


Jadi, pastikan supnya ini ada ya, Ma? Ini pembuka kita untuk menu prasmanan nikahan paling populer. Sup ini perlu ada kalau Mama ingin mendapatkan sensasi makanan ala prasmanan di rumah.


Aneka Nasi

Elemen kedua yang tak boleh absen adalah nasi. Nasinya boleh macam-macam tentu saja, mulai dari nasi putih sampai olahan nasi dengan bahan paling eksotis. Untuk olahan-olahan nasi khusus, Mama bisa mencoba apa yang ada di Dapur Umami kita. 


Untuk nasi goreng, ada berbagai jenis nasi goreng yang bisa dicoba dan menjadi favorit. Yang paling sederhana mungkin nasi goreng Jawa yang akan sangat indah kalau dibuat dengan telur ceplok ditata di bagian-bagian tepi piring saji. Atau, kalau Mama ingin yang paling eksotis, bisa juga mencoba Nasi Goreng Kecombrang ala SAJIKU® ini. 


Alternatif untuk olahan nasi tentu saja bukan hanya nasi goreng. Kalau mama tertarik, Mama bisa menyiapkan nasi uduk yang cara pembuatannya bisa ditemukan di sini


Nasi Goreng Kecombrang untuk Melengkapi Menu Makanan Prasmanan Nikahan


Olahan Ayam dan Ikan

Yang ketiga dan tak boleh absen adalah sumber proteinnya. Biasanya, menu prasmanan pernikahan punya paling tidak dua jenis olahan ayam atau ikan. Olahan ayam dan ikan ini tentunya untuk disantap sebagai teman makan nasi. Satu hal yang unik dari prasmanan pernikahan adalah kita merasa baik-baik saja menyantap nasi goreng dengan ditemani olahan ikan. 


Untuk olahan ayam ini, yang paling sederhana mungkin adalah tumis ayam kecap. Rasa legitnya yang bercampur dengan aroma bawang bombay dan kelezatan ayam adalah jaminan kenikmatan. Mama bisa menyantap ini bahkan dengan nasi putih saja. Menu andalan lainnya adalah ayam goreng atau Ayam Katsu yang perlu ditemani saus manis atau asam yang bisa menjadi pilihan menu resepsi pernikahan. 


Untuk sumber protein dari air, Mama bisa mencoba yang standar yaitu ikan dengan saus teriyaki, seperti misalnya Ikan Dori Saus Teriyaki ini. Atau, kalau mau yang berbahan udang, Mama bisa mencoba bakwan udang ini


Sayur

Nah, yang terakhir ini tidak boleh absen karena kandungan seratnya yang sangat diperlukan oleh tubuh. Biasanya, sayur-sayur ini hadir dalam bentuk stir fry seperti cap cay atau tumisan. Untuk bagian yang satu ini, kita punya banyak sekali pilihan di dapur umami buat Mama. 

Kalau Mama penggemar jamur, mungkin resep Tumis Sawi Jamur ala Masako® ini bisa dijadikan andalan. Kegurihan alami jamur dan manfaat sawi adalah daya tarik terkuat masakan ini. 


Atau, kalau Mama lebih suka tumisan yang menggunakan kuah kental, tentu Cap Cay adalah jawabannya. Bisa dibilang, cap cay adalah makanan yang wajib ada di setiap momen manten. Kalau Mama ingin yang lebih sophisticated, bisa deh dicoba Cap Cay Istimewa yang satu ini. Protein yang tinggi dari udang dan kacang kapri akan membantu memenuhi kebutuhan protein keluarga. 


Pasti dengan daftar dan tips-tips yang diberikan di awal, Mama bisa menghadirkan kemeriahan di ruang makan. Atau, kalau mau lebih semarak, mungkin bisa juga memutar video-video amatir di Internet yang berisi para penyanyi berkaraoke di acara resepsi di hotel-hotel. 

Oh iya, jangan lupa es buah atau puding ya, Ma? Plus, kalau makan nggak perlu bawa amplop ya, Ma. 



Source of thumbnail: Buffet Food by Dotshock
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.