Masak Apa Hari ini? Tumis Bunga Pepaya untuk Lunch di Rumah - Dapur Umami

Masak Apa Hari ini? Tumis Bunga Pepaya untuk Lunch di Rumah

Ide masak apa hari ini jatuh pada resep tumis bunga pepaya, yang mungkin untuk sebagian Mama bukan menjadi pilihan sayuran untuk dimasak ataupun pilihan sayuran keluarga.


Karena rasanya yang cenderung pahit. Namun bila Mama sudah tahu cara mengolahnya, maka bunga pepaya ini nikmat juga untuk membuat salah satu menu makan siang di meja makan.


Di artikel kali ini akan ada beberapa resep tumis bunga pepaya yang praktis dan mudah dipraktekkan.


Resep tumis bunga pepaya teri khas Manado

Resep tumis bunga pepaya yang satu ini selalu ada di rumah makan khas Manado sebagai pelengkap rica maupun cakalang.

Ada beberapa bahan yang perlu disiapkan sebelum memasak ini. Pertama, bunga pepaya yang sudah disiangi, asam jawa, dan teri medan yang sudah digoreng kering.


Untuk bumbu halusnya, siapkan bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit merah sesuai selera.


Bahan-bahan di atas tidak akan lengkap tanpa gula, garam, dan penyedap rasa Masako® rasa ayam agar semakin memperkuat rasa gurih dan lezat.


Setelah semua bahan tumis bunga pepaya teri siap, mari kita mulai pembuatannya. Langkah pertama adalah membaluri bunga pepaya dengan garam dan kemudian mencucinya hingga bersih. Selanjutnya, daun direbus dengan sedikit asam jawa dan sedikit garam. Masak hingga layu saja, angkat dan tiriskan.


Panaskan wajan dengan secukupnya minyak, tumis bumbu halus hingga harum, dan masukkan bunga pepaya. Beri sedikit air atau tambahkan air, aduk rata dan bumbui dengan garam, gula dan Masako® rasa ayam. Koreksi rasa, bila rasa sudah pas, terakhir masukkan teri medan, dan aduk rata. Siap dinikmati dengan nasi panas.


Resep tumis bunga pepaya kecombrang

Cara memasak resep tumis bunga pepaya kecombrang ini sangatlah mudah lho, Ma. Karena mudah dibuat, Mama hanya perlu mempersiapkan bahan utama yakni bunga pepaya, seikat kangkung, dan satu buah bunga kecombrang.


Untuk bumbunya, kita membutuhkan bahan-bahan yang harus diiris tipis. Bahan-bahannya adalah bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah besar atau kecil, dan sedikit terasi.


Kemudian, cara membuatnya adalah dengan menumis bunga pepaya kecombrang. Langkah pertama yaitu tumis bawang putih dan semua bahan-bahan yang sudah diiris tipis tersebut dengan sedikit minyak. Masak hingga layu dan harum.


Masukkan kecombrang dan bunga pepaya yang sudah direbus sebentar dan aduk rata. Bila sudah layu, step terakhirnya adalah masukkan kangkung. Tidak lupa masukkan juga gula pasir, garam, dan AJI-NO-MOTO®. Karena bahan sudah lengkap, kaldu bubuk sepertinya tidak perlu dimasukkan. Tes rasa sebelum disajikan ya, Ma.


Dikombinasikan dengan lauk ayam kecap kedengarannya lezat sekali, bukan? Berikut salah satu resepnya tongseng ayam bisa mama kreasikan juga. Dan kalau Mama masih penasaran dengan resep kecombrang lainnya, coba deh lihat lagi di sini.


Tips agar bunga pepaya tidak pahit

Ini yang tak kalah pentingnya. Banyak di antara Mama yang malas mengolah resep bunga pepaya ini karena ada rasa pahit yang dihasilkan. Untuk mengurangi rasa pahit ini, Mama bisa membaca hingga akhir artikel ini.


  • Remas dan lumuri garam

Setelah disiangi dengan bersih, Mama perlu remas remas bunga pepaya ini dengan garam. Tentu saja gunakan garam dengan jumlah yang banyak. Namun meremasnya cukup pelan pelan saja ya Ma, agar tidak hancur. Setelah itu diamkan bunga pepaya ini beberapa saat, untuk selanjutnya cuci bersih. Proses ini bisa Mama lakukan beberapa kali hingga rasa pahit berkurang. Akali dengan kecap asin bisa saja dilakukan, namun ini tidak umum dilakukan.


  • Siangi bunganya saja

Ketika membeli bunga pepaya di pasar, Mama seringkali mendapati bunga pepaya yang masih menempel pada batang pepaya. Sehingga ada pekerjaan lain sebelum mengolahnya, yaitu menyianginya. Mama perlu memperhatikan tekniknya, pastikan siangi dan manfaatkan bunganya saja. Karena batang bunga pepaya ini memiliki rasa yang lebih pahit daripada bunganya.


  • Campurkan dengan bahan lain

Cara paling mudah untuk mengurangi rasa pahit ini adalah dengan mencampurnya dengan beberapa bahan lainnya, misalnya kecombrang. Dengan ini rasa pahit dalam bunga pepaya ini lebih mudah di netralisir.


Bagaimana Ma, sudah siap makan siang dengan menu bunga pepaya yang lezat?