Masak apa hari ini? Pizza gurih tanpa oven!

Masih sering ditanya “masak apa hari ini” sama si buah hati, Ma? Ini dia jawaban yang mengagetkan tapi bisa jadi kejutan membahagiakan bagi buah hati: pizza! Tapi, kadang-kadang kita jadi sedih ketika sadar tidak ada oven di rumah. Eits, jangan dong, Ma. Ada kok ide pizza tanpa oven yang tak kalah gurih dan garingnya!

Resep masakan sehari hari kali ini kita akan gunakan teflon dengan berbagai bahan baku yang selalu ada di dapur Mama. Mungkin bukan masak sebentar selama 30 menit, namun ini sangat menyenangkan. Simak yuk!


Pizza teflon tanpa telur

Pizza yang satu ini memang tanpa memanfaatkan telur, namun jangan salah, dough yang dihasilkan tetap empuk. Pizza jenis ini termasuk pizza yang tebal, bukan yang tipker alias tipis kering, dengan topping suka-suka, alias menyesuaikan dengan topping kesukaan keluarga.


Untuk bahan adonan, Mama siapkan tepung terigu 400 gram, tambahkan air hangat (tidak perlu air mendidih) kurang lebih 200 ml (sesuaikan dengan kekalisan adonan ), ragi instan, garam dan minyak sayur. Untuk topping akan menggunakan isian jamur kancing, sosis berkualitas bagus, keju cheddar, mozarella, dan sedikit oregano.

Saus yang digunakan pun beragam, yakni saus tomat, saus bolognese dan saus thousand island.


Cara membuat adonannya, beri air dengan campurkan air hangat dengan ragi, tutup dan diamkan 10 menit. Lanjutkan memasak bila ragi yang dibuat mengembang dan berbuih.


Campurkan tepung, minyak sayur, larutan ragi, dan garam. Uleni adonan hingga kalis, tutup dengan plastik wrap ataupun serbet, diamkan selama 1 jam. Adonan ini bisa dipakai untuk 2 teflon pizza, Mama bisa simpan adonan sisa di freezer untuk dimasak nantinya. Sangat praktis bukan?


Proses memasak, olesi teflon dengan sedikit minyak, tuang adonan pizza, ratakan dan tusuk dengan garpu. Oleskan saus yang telah disiapkan, tata topping yang akan digunakan, terakhir masukkan keju. Masak dengan api kecil, dan tutup teflon, tunggu hingga matang. 

Dengan ini, siapa yang takut ditanya buah hati “masak apa hari ini, Mama?”


Pizza roti tawar

Nah untuk pizza tanpa oven kali ini selain sangat mudah juga tentu saja anti ribet, karena memanfaatkan roti tawar sebagai adonan rotinya. Mama siapkan bahan yakni roti tawar sebanyak 5 lembar, potong kotak kotak kecil. Telur sebanyak 5 butir (kocok dengan lada dan garam). 

Untuk paduan topping dan keju yang digunakan, disesuaikan favorit keluarga dan bahan yang ada di kulkas Mama saja.

Untuk membuatnya, tata roti tawar di teflon dan tuang telur yang telah dikocok sebelumnya. Beri saus dan topping sesuai selera.

Masak di api sangat kecil, agar matang sempurna, terakhir masukkan parutan keju, baiknya keju cheddar maupun mozarella. Voila, pizza tanpa oven roti tawar siap dinikmati dengan cocolan saus tomat.


Pizza kentang di atas teflon

Pizza yang satu ini berbahan dasar kentang, sehingga pizza yang dihasilkan pun kering. Mama siapkan kentang berukuran sedang 3 buah, kupas dan parut.


Untuk mengurangi kadar airnya, Mama peras hingga. Selanjutnya campurkan kentang parut dengan merica, garam, tepung terigu, dan sedikit tepung maizena.

Adonan dasar pizza teflon kentang sudah siap.


Langkah yang perlu dilakukan untuk membuatnya adalah, masukkan dan tata adonan kentang dalam teflon, masak di api kecil kurang lebih 8 menit, balik pizza dan siap diberi saus, topping dan keju sesuai selera. 


Siap mencoba tantangan ide masak apa hari ini Ma? Pasti dong! Dan, yang tak kalah pentingnya, tidak ada lagi murung karena tidak ada oven di rumah!