Masak Apa Hari Ini: Makanan Ini Cocok Untuk Penderita Anosmia.

Halo Mama, semoga Mama dan keluarga sehat selalu yah. Sepertinya tidak sedikit hari-hari ini yang harus menjalani isolasi mandiri alias isoman karena terkena Covid-19 dengan gejala anosmia atau hilang penciuman. Semoga segera sehat ya. Kabar baiknya: anosmia akan hilang seiring meningkatnya imunitas.


Oleh karena itu pasti Mama akan bertanya-tanya masak apa hari ini ketika ada anggota keluarga yang mengalami anosmia.


Bawang Putih

Bumbu dapur yang selalu ada di dapur Mama ini ternyata ampuh dalam mempercepat penyembuhan penderita anosmia.


Bawang putih memiliki kandungan yang bagus untuk tubuh kita, salah satunya yakni asam risinoleat yang berfungsi baik sebagai anti peradangan dan juga anti bakteri, oleh karena kandungan asam risinoleat tersebut dapat membantu kembali mengembalikan indera penciuman. 


Dalam hal ini Mama bisa mencoba menerapkan terapi bawang putih, yakni dengan cara menggeprek tiga hingga lima siung bawang putih, tambahkan air sesuai dengan selera.


Rebus tumbukan air bawang putih tersebut, dan nikmati hangat-hangat. Memang rasanya tidak terlalu nikmat ya Ma, namun untuk hasil maksimal rebusan bawang putih tersebut bisa diminum dua kali sehari selama masih terjadi anosmia.


Untuk makanan yang cocok dan banyak mengandung bawang merah, selain rebusan tersebut adalah Mama bisa mengkonsumsi makanan berkuah seperti sup, ketika menambahkan takaran bumbu bawang putih dilebihkan takarannya ya Ma. Sehingga manfaat bawang putih ini juga dirasakan oleh tubuh.


Lemon

Buah yang satu ini memang multifungsi, selain bisa dijadikan bumbu marinasi, membantu menyedapkan masakan, ternyata bisa juga digunakan untuk mengatasi anosmia yang mengganggu.


Hal ini karena beberapa kandungan dari lemon yang, seperti antioksidan yang dapat membantu mempercepat pemulihan dari virus, kandungan vitamin C yang sangat tinggi, dan juga kandungan antimikroba. Cara paling mudah yakni dengan menghirup bau kulit lemon, lakukan hal ini selama 10-15 menit perhari. Hal ini dapat merangsang kembali indera penciuman agar segera pulih.


Untuk makanan yang cocok, coba terapi honey lemon shot. Yakni dengan mencampurkan perasan air jeruk lemon, baik juga bila ditambahkan madu. Diminum pagi hari ketika perut masih kosong. Tetapi Mama pastikan juga kadar toleransi perut Mama, jangan sampai menimbulkan petaka lain, seperti asam lambung yang naik karena konsumsi yang masam.


Jahe

Jahe yang biasa sebagai bumbu pelengkap masakan, bisa juga sebagai makanan yang cocok untuk penderita anosmia ini. Dengan ciri khas baunya yang menyengat, jahe memiliki banyak manfaat yakni dengan membantu peradangan –peradangan yang terjadi, dan mengurangi produksi lendir berlebihan oleh tubuh.


Dengan berkurangnya produksi lendir dalam tubuh, maka saluran pernafasan akan kembali lancar. Jahe ini bisa dimanfaatkan sebagai minuman hangat,cara membuat nya dengan cara geprek saja jahe dan seduh dengan air mendidih, bila tidak menyukai rasa yang strong, Mama bisa membakar terlebih dahulu jahe, atau bisa juga menggunakan jahe bubuk. 


Makanan yang cocok yakni steam ikan, selain kaya akan bumbu juga menggunakan banyak jahe dalam pembuatannya. Ada juga ayam jahe yang selain enak juga menyehatkan.

Selamat mencoba beberapa jenis makanan diatas ya ma, salam sehat!