Artikel & Tips Manfaat Sup Ayam untuk Flu dan Resep Pilihan ala Dapur Umami!
Manfaat Sup Ayam untuk Flu dan Resep Pilihan ala Dapur Umami!

Manfaat Sup Ayam untuk Flu dan Resep Pilihan ala Dapur Umami!

04 Aug 2022, 20:08

Kalau Mama atau anggota keluarga kini sedang terserang flu, menyantap sup ayam adalah pilihan bagus.


Berbagai kandungan yang ada di dalamnya, sudah terbukti dan dipercaya sejak lama mendukung penyembuhan flu. Apalagi, bahan dan proses membuatnya sangatlah mudah.


Tak hanya akan membagikan manfaat sup ayam untuk flu, Dapur Umami juga akan memberikan resep terbaik yang bisa Mama langsung coba setelah membaca artikel ini.


Manfaat Sup Ayam untuk Flu

Dalam Coping with Asthma and Allergies edisi November 1998, dijelaskan bahwa sup ayam adalah makanan yang terbukti secara medis bagus untuk penderita flu. Kata peneliti, sup ayam dapat membantu kekuatan sistem pernafasan tubuh lho, Ma! 


Faktanya, kalau kita bedah satu per-satu komponen yang biasa ada dalam resep semangkuk sup ayam, penelitian itu memang masuk akal. Semua bahannya, memang memiliki nutrisi yang berhubungan dengan pemulihan flu.


1. Ayam dan Kaldunya Mempercepat Pemulihan



Mama mungkin sudah tahu, bahwa daging ayam itu kaya protein. Nah, sebenarnya, zat ini punya berbagai manfaat yang berhubungan dengan proses pemulihan orang yang sedang flu.


Bentuknya, dengan membantu memperbaiki jaringan tubuh yang mengalami kerusakan, memicu kemunculan antibodi, hingga menguatkan sistem imun. Jadi, virus dan kuman yang ada dalam tubuh dapat hilang dan terhalau.


2. Sayuran dalam Sup Kaya Vitamin dan Mineral



Dalam resep Indonesia, biasanya sup disajikan bersama aneka sayuran. Mulai dari wortel, brokoli, kol, buncis, daun seledri, daun jeruk, dan lainnya.


Sudah jadi pengetahuan umum, yang namanya sayuran itu mengandung mikronutrien penting. Terutama, vitamin dan mineral.


Misalnya dalam brokoli, terdapat vitamin C, E, kalsium serta serat. Zat-zat tersebut, dapat jadi booster imunitas tubuh dan membangkitkan tenaga.


Ingin tahu resep sup lainnya, Mama bisa mencoba Sup sawi daging sapi ala Masako®, yuk! siapa tahu jadi resep andalan baru di rumah.


3. Rempah dalam Resep Sup bisa Meredakan Sesak 


Rempah yang umumnya ada dalam sup ayam, nyatanya bukan hanya mampu melezatkan kuah sop ayam bening. Lebih dari itu, berbagai rempah yang Mama biasa pakai sebenarnya bagus juga untuk yang sedang flu. Terutama, mengatasi gejala batuknya.


Manfaat sup ayam untuk batuk datang dari rempah seperti jahe dan lada, yang mampu menghangatkan tubuh dan membuat dada terasa nyaman. Tentu ini bagus, karena saat mengalami flu, seseorang kerap merasa kedinginan atau dadanya sesak akibat bersin yang terus-menerus.


Sementara bahan bahan seperti bawang putih dan bawang merah, mengandung allicin yang bisa jadi antibakteri, antivirus, serta antijamur alami dalam tubuh.


Resep Sup Ayam Terbaik ala Dapur Umami

Dapur Umami memiliki resep sup ayam untuk flu pilihan yang bisa Mama praktekkan cara membuatnya sesegera mungkin. Kami sarankan, Mama mencoba ‘Sup Ayam Kampung ala Masako®’.



Bahan utama yang perlu Mama siapkan adalah ayam kampung yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian potongan ayam. 


Kenapa harus ayam kampung dan bukan ayam negeri? Secara nutrisi, sebetulnya keduanya sama saja. Namun, ayam kampung lebih kaya protein dan zat besi, serta rendah lemak. Jadi, bisa lebih efektif untuk yang sedang flu. 


Untuk sayurannya, gunakan saja yang tersedia di rumah. Minimal, ada wortel dan kacang polong sudah cukup. Cuci bersih lalu potong kotak wortelnya. Sementara bumbu dan rempahnya, sediakan bawang merah, bawang putih, daun bawang, jahe, lada bubuk, dan jangan lupakan 1 bungkus Masako® rasa ayam.


Kalau sudah siap semuanya, saatnya eksekusi!

Mulailah dengan iris-iris semua bawang dan geprek jahe. Lalu, tumis dengan sedikit minyak untuk memberikan harum yang menguar.


Selanjutnya, cara membuat sop ayam ini, tuangkan air, masukkan ayam, serta sayuran secara berurutan. Agar kuahnya semakin lezat, jangan lupa tambahkan Masako® sesuai selera, aduk rata, lalu tunggu hingga teksturnya menjadi ayam empuk.


Selama proses menunggu empuk, Mama bisa sesuaikan penggunaan Masako® agar pas dengan selera keluarga. 


Masako adalah kunci kelezatan sup ayam yang bisa melengkapi berbagai khasiatnya. Jangan sampai, kekayaan nutrisi yang ada dalam sup ayam jadi sia-sia gara-gara rasanya kurang membangkitkan selera makan. Sayang banget, kan?


Terakhir, sup ayam ala Dapur Umami hangat siap dihidangkan bersama sepiring nasi. Mudah bukan?


Oh ya, ngomongin sup ayam, sebenarnya makanan ini hanyalah satu dari sekian banyak olahan makanan yang bisa mengobati flu. Ada banyak olahan lain yang bisa Mama buat agar yang sedang terkena musibah sakit tidak bosan dan berselera makan.


Kalau Mama butuh inspirasi resep makanan lainnya untuk meredakan flu, Mama bisa mampir di Dapur Umami! Semua resepnya sudah teruji dan pastinya anti gagal!


Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.