Artikel & Tips Kreasi Olahan Ayam Rumahan Terbaik versi Dapur Umami
Kreasi Olahan Ayam Rumahan Terbaik versi Dapur Umami

Kreasi Olahan Ayam Rumahan Terbaik versi Dapur Umami

09 Feb 2023, 12:02

Setiap tempat punya daging hewani favorit warganya. Bagaimana dengan Indonesia? Untuk negeri kita tercinta, rasa-rasanya ayam adalah jawabannya. Ketimbang jenis daging lainnya, daging dalam kategori unggas ini menjadi yang paling digemari.


Betapa banyak resep olahan ayam yang beredar di seluruh nusantara. Baik kreasi ayam goreng, tumisan, panggang, dan berbagai olahan lainnya, ada dan bisa kita temukan dari berbagai sumber. 

Namun, jika Mama sedang hunting resep ayam, pastikan resepnya sudah teruji langsung. Dapur Umami punya berbagai ide yang sudah kami praktekan langsung di dapur. Jadi, Mama tinggal mencobanya dan tak perlu ragu lagi dengan rasanya!


Ide Resep Ayam untuk Sarapan dan Tingkatkan Nafsu Makan

Memilih ayam sebagai sajian sarapan adalah ide yang bagus. Kandungan proteinnya yang tinggi dapat membantu anak dan suami produktif sepanjang hari. Tapi, pastikan resepnya tidak monoton ya, Ma. Sejumlah resep ini mungkin membantu!


Tortilla Isi Ayam

Tahu tortilla kan Ma? Itu lho, roti gulung khas Meksiko dengan isian khas yang berwarna-warni. 


Untuk menyajikannya, Mama hanya perlu beli tortilla dan menyiapkan aneka isiannya yang terdiri dari ayam cincang dan aneka sayuran, seperti selada dan tomat. Masalah bumbunya, cukup gunakan Mayumi® yang memiliki sejumlah varian rasa. Sesuaikan saja dengan selera, Ma!


Nugget Ayam Sayur

Kalau tahu caranya, bikin nugget instan ala-ala merk yang ada di supermarket itu mudah lho, Ma! Termasuk, yang isinya ayam.


Adonannya terbuat dari campuran daging ayam giling, telur, roti, potongan wortel, serta Masako® Rasa Ayam. Tepung roti juga digunakan untuk jadi baluran adonan sebelum digoreng agar hasilnya memberikan efek crispy. Jadi, resep ayam untuk anak ini akan lebih menggugah selera makan.


Pizza Ayam

Kalau keluarga Mama suka makan pizza tapi beli di luar, sekali-kali coba buat khusus untuk di rumah. 

Membuat pizza ini jauh lebih praktis dari pizza biasa karena dough-nya hanya menggunakan roti tawar. Untuk toppingnya, bisa pakai ayam suwir, jagung manis, paprika, keju leleh, serta Mayumi®.


Selain lezat, warnanya yang tampak powerfull bisa menggugah selera makan.

Ide resep di atas masih kurang lengkap? Mama bisa kok cari tahu lebih lanjut di artikel kreasi ayam untuk sarapan

Ide Resep Ayam untuk Makan Siang yang Praktis dan Lezat

Siang nanti terpikir masak ayam, tapi bosan dengan olahan yang gitu-gitu aja, Ma? Tenang, Dapur Umami punya sejumlah ide mengolah ayam untuk makan siang yang anti monoton! 


Sate Ayam Teriyaki

Bikin sate di rumah sekarang gampang kok. Mama bisa berkreasi dengan membuat sate ayam dengan citarasa teriyaki pastinya lezat.


Selain menyiapkan potongan daging ayam, dalam mempraktikkan ide ini Mama juga perlu menyiapkan bumbu olesnya. Simpel saja, hanya terdiri dari SAORI® Saus Teriyaki, mentega, minyak wijen, serta bawang putih cincang. Setelah mengoleskan sate dengan bumbunya, tinggal panggang deh sampai matang!


Tumis Ayam Jagung

Mau menumis ayam, tapi bingung diolah jadi apa, Ma? Bagaimana kalau membuat tumis ayam jagung?


Rasa jagung yang sedikit manis, bisa kok blend dengan ayam! Agar rasa dan aromanya kaya, gunakan aneka rempah dan bumbu ketika menumis. Bawang bombay, cabai merah, merica bubuk, kecap, dan Masako® Rasa Ayam adalah sejumlah ide yang Dapur Umami sarankan. 


Ayam Kecap

Resep ini mungkin sudah pernah Mama buat. Namun, tak ada salahnya untuk membuat lagi ayam kecap dengan rekomendasi cara dan bumbu dari Dapur Umami.


Saat membuat ayam kecap, saran kami gunakan potongan ayam fillet yang dimarinasi terlebih dahulu dengan campuran kecap manis dan lada bubuk. Kalau keduanya sudah meresap, barulah tumis dengan bawang putih, bawang bombay, cabai, dan pastinya Masako® Rasa Ayam.

Selengkapnya tentang ide ayam untuk makan siang, cek aja resep ayam dari Dapur Umami

Ide Resep Ayam untuk Makan Malam Spesial dan Mudah Dibuat

Ayam bukan hanya cocok jadi santapan sarapan dan makan siang. Untuk makan malam juga cocok kok! Dapur Umami punya ide resep yang nggak kalah spesial. Cobain yuk, Ma!


Spaghetti Ayam Teriyaki

Malam-malam makan spaghetti cocok banget, Ma! Selain mengolahnya praktis, kalau bumbunya tepat pasti rasanya juga bikin nagih.


Selain menggunakan daging ayam cincang dan aneka rempah favorit Mama, jangan lewatkan untuk menambahkan SAORI® Saus Teriyaki. Pasta ala western dengan bumbu khas oriental, bisa jadi moodbooster makan malam yang menarik untuk keluarga di rumah.


Kwetiau Goreng Ayam

Makan malam dengan kwetiau juga pilihan oke. Kalau tau resepnya, Mama tak perlu menunggu abang-abang yang suka keliling komplek mampir. Langsung bikin sendiri saja!


Untuk bumbu tumisnya, Mama bisa sesuaikan sesuai selera. Begitu juga dengan penggunaan protein dari ayam dan telurnya. Namun untuk bumbu utamanya, pastikan hanya menggunakan Sajiku® Nasi Goreng Ayam. Meskipun namanya untuk nasi goreng, tapi enak juga kalau Mama campurkan dalam menu kwetiau.


Sup Ayam Spesial

Membuat sup ayam mungkin sudah biasa bagi Mama. Tapi, apa Mama menggunakan Masako® Rasa Ayam sebagai penyedapnya?


Kalau belum memakai Masako®, coba deh Ma! Bumbu dari AJI-NO-MOTO® ini punya citarasa umami yang membuat sup buatan Mama jadi semakin spesial. Selain ayam, Mama bisa tambahkan sumber nutrisi lain dari aneka sayur seperti wortel dan brokoli.

Mama butuh penjelasan lebih detail tentang resep ayam untuk makan malam? Cek artikel tentang resep ayam spesial ini.

Ide Resep Ayam Crispy, Gampang dan Dijamin Kriuk

Ayam crispy memang makanan yang lezat dan bikin nagih. Apalagi, jika Mama melakukan kreasi yang tepat dalam pengolahannya. Dapur Umami punya ide membuat ayam crispy yang mungkin ‘tidak biasa’ bagi Mama!


Ayam Crispy Saus Korea

Di film-film drakor, kadang-kadang muncul tuh frame di resto yang menyajikan ayam dengan bumbu creamy ala Korea. Mama bisa bikin juga kok di rumah!


Untuk ayamnya, jangan lupa gunakan Sajiku® Tepung Bumbu Golden Crispy. Sementara untuk saus koreanya, buat dari campuran saus sambal, cuka apel, kecap asin, larutan tepung maizena, serta air yang Mama masak sampai teksturnya mengental. Terakhir, campurkan ayam dengan bumbu ini.


Ayam Crispy Oats

Oats yang rasanya relatif hambar, bisa jadi sajian kriuk spesial dengan ayam crispy. Hasilnya tentu lezat!


Perbedaan resep ini terletak pada saat Mama menyiapkan Sajiku® Tepung Bumbu sebagai bumbu crispy. Mama bisa mencampurkan oats ke dalam adonan tepung kering Sajiku® yang digunakan untuk membalut ayam. Oh ya, selain adonan kering, adonan basah tepung juga tetap harus Mama siapkan, ya!


Dapur Umami juga punya ide resep ayam crispy lain yang bisa Mama jajal kalau ini dirasa masih kurang. Cek ya, Ma!


Oh ya, kalau Mama suka ngemil, kami juga ada sejumlah resep camilan berbahan ayam yang tak kalah lezatnya. Soalnya, ayam tak hanya cocok jadi lauk, tapi oke juga jadi camilan.

Sering-sering makan ayam tak akan jadi soal jika Mama mampu mengolahnya dengan kreatif dan variatif. Keluarga selalu semangat menyantap hidangan dengan bahan ayam dan tetap akan terpenuhi kebutuhan protein hariannya.






Source of thumbnail: raw chicken fillet with garlic pepper rosemary wooden chopping board at Freepik


Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.