Kenapa Website Masak Membuat Hidup Lebih Mudah

Tidak jarang, sebelum tidur malam Mama sempat bingung akan masak apa besok. Bertanya kepada keluarga sering tidak menyelesaikan ini karena semua suka bilang “terserah mama deh.” Di sinilah mama membutuhkan sebuah website pusat resep yang tak ada habisnya dalam memberikan pilihan. Tapi, apa sih ciri website kuliner yang hebat? Syukur-syukur kalau website pusat resep ini juga bisa menjadi sumber kegiatan rekreasi keluarga. Seperti apa itu? 


Pengingat yang Selalu Siap 

Website resep yang bagus tidak perlu selalu membantu kita menyiapkan hidangan yang mewah. Tidak setiap hari kita ingin makan pasta dengan rempah ala Italia. Tidak setiap hari kita ingin membuat sup Tom Yum. Dia hanya perlu menyediakan berbagai resep makanan rumahan sederhana yang bisa membantu mencegah kebingungan masak apa hari ini atau besok. 


Kita hanya perlu tahu detail bahan dan cara mengolah sayur dan kuah serta lauk harian. Mama pasti hanya ingin memastikan tidak lupa menambahkan lengkuas ketika membuat tumis yang cita rasanya khas. Atau, kadang kita perlu mencari variasi untuk cara mengolah fillet ayam buat bekal anak. Intinya, kita hanya membutuhkan pengingat untuk mengolah yang mudah-mudah.  


Selain itu, mama terkadang juga hanya membutuhkan sebuah daftar resep. Dengan daftar resep yang mudah diakses itu, kebingungan soal sajian esok hari sudah teratasi.  


Pendamping Belajar Masak 

Keterampilan dapur adalah soft skill yang dibutuhkan oleh siapa saja. Bahkan, tidak sedikit anak muda yang bangga dengan kemampuan memasak mereka, baik itu sekadar untuk bersenang-senang bersama kawan atau untuk dijadikan konten di media sosial. Inilah peran kedua yang bisa dimainkan oleh sebuah website resep yang bagus. Biasanya, peran seorang mama di sini tidak bisa benar-benar ditinggalkan. 


Website resep yang bagus ini hendaknya bisa memberikan informasi yang tidak menakutkan. Yang penting di sini adalah mengawali dengan yang mudah dan menyenangkan. Instruksi yang terlalu mendetail dan jenis bahan-bahan yang rumit hanya akan membuat seorang pemula kabur dan tidak jadi belajar resep masakan rumahan.  


Toh, yang lebih penting dari belajar masak bukanlah presisi rasa. Yang lebih penting justru mengenali rasa bahan dan apa yang terjadi ketika bahan-bahan tersebut dipadukan. Yang kita perlukan adalah tahu apa bedanya ketika kita masukkan saus tiram, daun bawang, atau daun salam. 


Keakraban rasa ini membutuhkan jam terbang tinggi. Jam terbang dapur yang tinggi itu sendiri tidak akan tercapai jika si pemula tidak memulainya dengan membuat hidangan yang sederhana. Website resep yang ramah itu hendaknya bisa membantu di masa-masa awal seorang remaja belajar. 


Teman Berlibur di Dapur 

Yang tak kalah pentingnya adalah masak sebagai kegiatan rekreasi. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh Papa yang mungkin biasanya jarang di dapur. Kegiatan ini semakin populer di tengah pandemi, ketika tidak ada ART yang membantu menyiapkan makanan di rumah dan Mama membutuhkan rehat setelah menemani anak belajar dari rumah.  


Namun, masalah terbesar dari “cooking for fun” ini adalah bahwa banyak papa yang serba tidak tahu harus menggunakan apa dan bagaimana mengerjakannya. Papa tidak tahu apakah sayur dimasukkan di awal atau setelah air mendidih, sebanyak apa minyak goreng yang diperlukan, dan lain-lain.  


Di sinilah papa membutuhkan kehadiran sebuah website resep yang mudah dipahami oleh papa yang jam terbangnya di dapur masih rendah. Seperti remaja, papa juga membutuhkan website yang ramah dan tidak terlalu menuntut dan memberikan toleransi kesalahan.  


Toh, yang paling dibutuhkan dari kegiatan ini tidak banyak. Papa hanya membutuhkan resep hidangan Indonesia untuk membuat menu sehari-hari. Bagi Mama dan keluarga, koki yang berbeda itu saja sudah cukup untuk menjadi hiburan agar tidak bosan.  

Resep Sederhana untuk recreational cooking 


Website resep yang bagus, sekali lagi, tidak perlu mengajari kita beraksi ala Master Chef. Yang terpenting adalah dia bisa membantu agar mama tidak perlu lagi bertanya-tanya “masak apa besok” pada malam hari. Dan, website kuliner yang hebat juga menjadi tempat belajar yang bagus serta menemani masak sebagai rekreasi. 


sumber:https://pixabay.com/id/photos/sayuran-pot-memasak-bahan-1006694/