Jawaban Pertanyaan Mama Seputar Pedoman Gizi Seimbang

Hi Mama, berikut adalah jawaban dari Nutrisionis kami:

Pertanyaan:

Apakah anak yang sudah mengonsumsi sayur, buah dan vitamin sudah terpenuhi gizinya?
Jawaban:
Kebutuhan zat gizi Si Kecil tidak hanya dari sayur dan buah saja ya Ma. Sayur dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral. Lengkapi kebutuhan zat gizi Si Kecil dengan sumber karbohidrat seperti nasi putih, protein dan lemak seperti daging ayam, ikan, telur, tahu, dan tempe.

Pertanyaan: 
Belakangan berat badan saya turun terus padahal makan 3x sehari, hanya saja kadang pupnya juga 3x sehari. Gimana ya?
Jawaban: 
Ada beberapa faktor yang menyebabkan penurunan berat badan terus menerus. Apabila terjadi penurunan berat badan terlalu drastis dalam waktu singkat lebih baik bisa dikonsultasikan ke dokter.

Pertanyaan: 
Saya juga ingin menambah berat badan tapi porsi makan saya sedikit. Baiknya saya mulai dari mana ya?
Jawaban: 
Mengonsumsi makanan dengan porsi kecil tapi sering menjadi pilihan, Konsumsi menu tinggi protein seperti dada ayam tanpa kulit, putih telur ayam, ikan, dan daging tanpa lemak. Jangan lupa olahraga karena bisa meningkatkan masa otot. Pastikan menunya seimbang, ada sumber karbohidrat seperti nasi, sumber vitamin dan mineral seperti sayur dan buah. Anda juga bisa menambahkan susu sebagai hidangan selingan. 

Pertanyaan: 
Bagaimana menyiasati nutrisi pada anak yang picky eater agar asupan gizi tetap seimbang? Gimana cara membujuk anak makan makanan yang sehat?
Jawaban: 
Mama dapat coba dengan buat kegiatan makan menjadi menyenangkan seperti makan bersama.  Mama juga bisa mengajak Si Kecil untuk memasak  menu-menu kesukaannya dengan dicampur sayuran dan buat makanan Si Kecil semenarik mungkin. 

Pertanyaan: 
Anak saya kurus padahal makannya doyan, apakah masih dikatakan sehat?
Jawaban: 
Si Kecil kurus belum tentu tidak sehat ya Ma, Mama bisa lihat pada  grafik pertumbuhannya. Ada beberapa ciri fisik Si Kecil apabila kurang gizi di antaranya Si Kecil lemas, mata pucat, kuku rapuh, dan rambut kusam. Jika Mama ingin memastikan anak mengalami malnutrisi atau tidak, periksakan anak kepada dokter anak atau ahli gizi Jika diperlukan.

Pertanyaan: 
Gizi seimbang itu yang gimana? Ukuran/takaran dalam menu makanannya harus berapa?
Jawaban: 
Gizi seimbang adalah susunan asupan sehari-hari yang jenis dan jumlah zat gizinya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Pemenuhan asupan gizi ini juga harus memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan mempertahankan berat badan normal guna mencegah masalah gizi. Lebih Jelasnya silahkan buka di website Dapur Umami ya Ma.

Pertanyaan: 
Apakah anak akan tercukupi vitaminnya jika hanya suka buah dan tidak suka sayur?
Jawaban: 
Peran sayur tidak bisa digantikan dengan bahan makanan lain ya Ma. Komposisi bahan makanan dalam menu seimbang mempunyai kandungan zat gizi berbeda dan saling melengkapi. Bagi yang tidak suka makan sayur paling tidak konsumsilah sayur yang paling Si Kecil sukai, mengolah sayur menjadi makanan yang disukai atau pun mengonsumsi sayuran dengan cara yang berbeda seperti dibuat jus dengan dicampur buah-buahan manis yang disukai Si Kecil.

Pertanyaan: 
Q1: Apakah terlalu banyak makan sayur dan buah justru tidak baik untuk pencernaan? 
Q2: Mengonsumsi buah sebaiknya sebelum atau sesudah makan?
Jawaban: 
Q1. Sayur dan buah merupakan sumber serat yang baik untuk pencernaan, namun terlalu banyak mengonsumsi sayur dan buah juga menyebabkan diare. Porsi  untuk sayur dan buah adalah 3-4 porsi sehari.
Q2. Makan buah sebelum dan sesudah makan sama-sama bermanfaat, namun bagi Anda yang ingin menurunkan atau mengendalikan berat badan, makan buah sebelum makan bisa menjadi pilihan, karena buah mengandung serat yang bersifat mengenyangkan sehingga mencegah Anda makan terlalu banyak dan resiko mengalami kenaikan berat badan lebih kecil.

Pertanyaan: 
MSG itu konsumsinya boleh ga? Kalau boleh berapa takaran dalam sekali masakan?
Jawaban: 
Seperti halnya garam ya Ma, MSG aman untuk dikonsumsi. MSG terbuat dari bahan alami dan mempunyai kandungan natrium yang lebih rendah dari garam. Pemakaian MSG adalah secukupnya atau ditentukan oleh selera, tetapi untuk rasa umami yang maksimal silahkan gunakan sesuai dengan petunjuk pemakaian di belakang kemasan AJI-NO-MOTO, misalnya : untuk membuat sup untuk 5-6 orang cukup tambahkan 1/2 sendok teh atau setara dengan 2 gram MSG. 

Pertanyaan: 
Anak saya suka sekali telur, dalam seminggu boleh konsumsi telur berapa butir?
Jawaban: 
Untuk anak- anak tidak ada batasan maksimal mengkonsumsi telur ya Ma, karena masih dalam masa pertumbuhan.

Pertanyaan: 
Bagaimana jadwal ataupun asupan makanan untuk kenaikan berat badan anak laki-laki 5 tahun?
Jawaban: 
Pastikan kebutuhan zat gizi Si Kecil terpenuhi dengan mengonsumsi menu seimbang ya Ma. Komposisi menu seimbang terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, sayur, dan buah.

Pertanyaan: 
Menu apa saja ya buat menambah berat badan anak yang susah makan?
Jawaban: 
Pastikan kebutuhan zat gizi Si Kecil terpenuhi dengan mengonsumsi menu seimbang ya Ma. Komposisi menu seimbang terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, sayur, dan buah. 
Mama dapat coba dengan buat kegiatan makan menjadi menyenangkan seperti makan bersama.  Mama juga bisa mengajak Si Kecil untuk memasak  menu-menu kesukaannya yang dicampur sayuran dan buat makanan Si Kecil semenarik mungkin.