Jawaban Pertanyaan Mama Seputar Nutrisi untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Hi Mama, berikut adalah jawaban dari Nutrisionis kami:

Pertanyaan: 
Makanan apa yang mencegah cepatnya pengapuran?
Jawaban:
Pengapuran ada kaitannya dengan obesitas. Semakin berat tubuh Mama, maka risiko terkena kondisi ini juga akan semakin tinggi karena sendi akan bekerja lebih berat untuk menopang tubuh Mama, sehingga lebih mudah rusak. Untuk mencegah terjadinya pengapuran, Mama bisa menjaga berat badan supaya tetap ideal dengan mengonsumsi makanan rendah kalori seperti perbanyak makan sayur dan buah. Hindari mengonsumsi makanan tinggi kalori seperti gorengan, makanan dan minuman manis.

Pertanyaan: 
Anak usia 17 bulan belum bisa jalan. Apakah ada yang salah dengan pertumbuhan tulangnya?
Jawaban:
Ma, setiap anak memiliki waktunya sendiri untuk bisa berjalan. Perkembangan setiap anak yang berbeda-beda membuat tidak ada patokan tersendiri dalam menetapkan anak bisa berjalan. Umumnya kemampuan berjalan Si Kecil bisa ditunggu hingga usianya sudah 18 bulan. Keterlambatan berjalan pada anak biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, untuk lebih jelasnya kami sarankan untuk konsultasi ke dokter tumbuh kembang anak.

Pertanyaan: 
Apa ya nutrisi tulang untuk ibu menyusui, karena terasa sering sekali pegal. Apakah karena kekurangan nutrisi?
Jawaban:
Untuk menjaga kesehatan tulang, Mama yang menyusui setidaknya mengonsumsi 1200 mg kalsium perhari. Fungsi kalsium bagi Mama yang menyusui adalah sebagai penguat dan pengukuh tulang, mencegah terjadinya pembekuan darah, mengendalikan tekanan darah, dan juga mengoptimalkan kinerja sistem saraf. Pertumbuhan tulang dan gigi bayi juga tergantung dari asupan kalsium yang masuk ke tubuh Mama. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, Mama bisa menambahkan bahanan makanan tinggi kalsium pada menu harian seperti susu, sayuran hijau, tahu, dan tempe. Selain itu, Mama juga bisa mengonsumsi suplemen. Konsultasikan kepada dokter supaya Mama mendapatkan asupan kalsium yang tepat.

Pertanyaan: 
Asupan makanan apa yang baik bagi lansia yang sering nyeri persendian pada area lutut?
Jawaban:
Konsumsi zat gizi yang membantu mengurangi keluhan pada persendian seperti
asam lemak omega-3 yang memiliki elemen anti peradangan bisa didapatkan dari ikan seperti salmon, tuna, dan teri. Kekurangan zat vitamin c juga dapat menyebabkan melemahnya tulang rawan dan meningkatkan masalah pengapuran tulang. Mama bisa konsumsi buah seperti pepaya, jeruk, dan jambu biji. Hindari juga bahan makanan yang dapat memperparah peradangan seperti gula dan gorengan.

Pertanyaan:
Makanan apa yang untuk balita yang dapat membantu menguatkan tulang? Karena si adek gak mau susu formula.
Jawaban:
Makanan yang mengandung kalsium dapat membantu menguatkan tulang, kalsium terdapat pada susu. Apabila anak tidak mau susu bisa diberikan produk turunannya seperti keju, yogurt, es krim, atau biskuit susu. Selain itu, kalsium juga terdapat pada sayuran, kacang-kacangan, telur, Ikan, tahu, tempe, dan susu.

Pertanyaan:
Apakah dari kecil kesehatan tulang anak-anak sudah harus dijaga dan dengan asupan apa?
Jawaban:
Apabila kesehatan tulang Si Kecil tidak dijaga maka perkembangan tulang anak tidak optimal. Mama bisa menjaga kesehatan tulang anak dengan mengonsumsi makanan berkalsium seperti sayuran, daging, tahu, tempe, susu dan produk turunannya.

Pertanyaan:
Kira-kira sayur yang cocok untuk kesehatan tulang balita umur tiga tahun apa ya?
Jawaban:
Mama bisa memberikan sayuran yang mengandung kalsium seperti, brokoli, bayam, dan kacang-kacangan. Pastikan menu Si Kecil seimbang ya Ma, lengkap dengan makanan pokok, lauk, sayur, dan buah untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Pertanyaan:
Selain susu, makanan apa saja yang dapat membantu kesehatan tulang?
Jawaban:
Susu merupakan bahan makanan sumber kalsium. Selain dari susu, kalsium juga terdapat pada brokoli, bayam, tahu, dan lain-lain. Selain kalsium, tulang membutuhkan fosfor untuk mencegah kerusakan tulang, dengan cara menambah vitamin C dan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium.

Pertanyaan:
Benarkah kalsium dapat menghambat penyerapan zat besi? Padahal kan kalsium bagus untuk tulang.
Jawaban:
Kalsium dikatakan dapat menggangu penyerapan zat besi. Bagi Mama yang memiliki kadar Hb rendah atau anemia, disarankan untuk mengkonsumsi suplemen zat besi dan kalsium secara terpisah.

Pertanyaan:
Apakah asupan untuk tulang bagi orang dewasa dan anak-anak berbeda?
Jawaban:
Asupan zat gizi untuk anak dan dewasa berbeda ya Ma, misalnya kalsium yang berfungsi untuk kesehatan tulang. Berdasarkan Tabel AKG indonesia, batita membutuhkan sekitar 200 - 650 mg, 3 - 9 tahun membutuhkan 650 - 100 mg dan 9 tahun ke atas membutuhkan 1000 - 1200 mg.

Pertanyaan:
Bagi yang berusia 30 tahun, asupan untuk tulang bagusnya minum susu atau suplemen?
Jawaban:
Apabila tidak ada masalah dengan tulang, cukup dengan mengonsumsi menu seimbang yakni menu yang terdiri dari makanan pokok seperti nasi, lauk-pauk seperti telur dan tahu, sayur seperti bening bayam, dan buah seperti jeruk. Apabila ada masalah dengan tulang dan disertai penyakit, Mama bisa konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan terapi yang tepat. 

Pertanyaan:
Benarkah kalau dari kecil gak dibiasakan minum susu bisa membuat tulang jadi cepat rapuh?
Jawaban:
Kalsium pada susu berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan tulang di masa pertumbuhan saat kecil. Untuk menjaga kesehatan tulang, kita harus menjaga gaya hidup seperti rajin berolahraga, karena gaya hidup yang jarang bergerak dapat menyebabkan kerusakan tulang.

Pertanyaan:
Benarkah makan tulang muda bisa membuat tulang kuat?
Jawaban:
Untuk menjaga kesehatan tulang zat gizi, yang dibutuhkan adalah kalsium. Tulang muda seperti yang terdapat pada ceker ayam mengandung kolagen yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Pertanyaan:
Berapa hari sekali kita harus mengonsumsi makanan yang mengandung gizi untuk tulang?
Jawaban:
Setiap hari ya, Ma. Zat gizi yang baik untuk tulang salah satunya adalah kalsium. Berdasarkan AKG indonesia, kebutuhan kalsium sehari untuk dewasa adalah 1000 - 1200 mg / hari. Mama bisa memenuhi kebutuhan zat gizi tersebut dengan mengonsumsi menu seimbang dan beragam setiap hari.


Pertanyaan:
Kalau minum tablet vitamin C larut dalam air untuk tulang dengan sayur-sayuran kandungan nutrisinya lebih banyak yang mana ya?
Jawaban:
Suplemen diperlukan apabila asupan zat gizi yang Mama konsumsi dirasa kurang. Suplemen mengandung zat gizi yang Mama butuhkan, bahkan lebih tinggi dari kebutuhan harian.

Pertanyaan:
Bagaimana caranya agar 'oli' di tulang tetap terjaga, karena kata dokter 'oli' pada tulang ibu saya kering?
Jawaban:
Bisa dikonsultasikan ke dokter untuk mendapatkan terapi pengobatan yang tepat

Pertanyaan:
Apakah betul nanas termasuk buah yang banyak kandungan kalsiumnya?
Jawaban:
Dalam 100 gram buah nanas hanya terdapat 7 - 13 mg kalsium. Contoh bahan makanan tinggi kalsium diantaranya adalah susu, dimana dalam 100 gramnya terdapat 115 mg, tahu yang mengandung 105 mg dalam 100 gram, dan bayam yang mengandung 211 mg dalam 100 gram.

Pertanyaan:
Untuk yang sering keseleo sendi (lutu) baiknya makan apa?
Jawaban:
Keseleo merupakan cedera pada ligamen. Untuk memepercepat pemulihan pada jaringan yang rusak, Mama membutuhkan protein seperti putih telur. Selain itu, untuk mencegah peradangan Mama juga membutuhkan omega 3 seperti ikan salmon atau tuna dan vitamin C seperti buah buahan.

Pertanyaan:
Apakah benar jika ikan yang tergolong kecil lebih banyak kalsiumnya, seperti ikan seluang?
Jawaban:
Masing - masing ikan mempunyai kandungan kalsium yang berbeda ya Ma. Dalam 100 gram, ikan seluang mengandung 80 mg kalsium, sedangkan ikan kembung dan tenggiri mengandung 48 mg kalsium.

Pertanyaan:
Adakah bumbu dapur yang berkhasiat menjaga kesehatan tulang?
Jawaban:
Untuk menjaga kesehatan tulang Mama maka diperlukan kalsium. Bumbu dapur seperti kunyit mengandung kalsium yang tinggi. Namun karena bumbu dapur digunakan dalam jumlah sedikit, bumbu dapur ini tidak dapat memenuhi kebutuhan kalsium Mama.

Pertanyaan:
Apakah cukup hanya dengan kalsium saja untuk nutrisi tulang? Jika bukan, apa saja nutrisi lain yang dibutuhkan?
Jawaban:
Selain kalsium, tulang juga membutuhkan fosfor untuk mencegah kerusakan tulang, vitamin C dan Vitamin D yang membantu penyerapan kalsium. Untuk memenuhi kebutuhan zat gizi tersebut, Mama disarankan untuk mengkonsumsi menu seimbang dan beragam.


Pertanyaan:
Kalau pengapuran pada tulang, apakah ada kaitannya dengan asupan makanan?
Jawaban:
Asupan makanan tinggi kalori dan tidak terkontrol dapat menyebabkan kegemukan (obesitas). Pengapuran kaitannya dengan obesitas, semakin berat tubuh Mama, maka risiko terkena kondisi ini juga akan semakin tinggi. Karena sendi akan bekerja lebih berat untuk menopang tubuh Mama, sehingga lebih mudah rusak. Untuk mencegah terjadinya pengapuran, jagalah berat badan supaya tetap ideal dengan mengkonsumsi makanan rendah kalori seperti perbanyak makan sayur dan buah. Hindari mengkonsumsi makanan tinggi kalori seperti gorengan, makanan dan minuman manis.

Pertanyaan:
Usia saya 30 tahun tapi sering sekali sakit di tulang punggung. Makanan apa yang harus saya konsumsi, ya?
Jawaban:
Kami sarankan untuk periksa ke dokter ya Ma, untuk mengetahui penyebab sakit punggungnya.

Pertanyaan:
Kalau tidak minum susu, apakah masih bisa mencukupi nutrisi tulang?
Jawaban:
Bisa, Ma. Mama disarankan untuk mengonsumsi menu makanan yang seimbang dan beragam untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Menu seimbang terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, sayur dan buah. Untuk menjaga kesehatan tulang, Mama membutuhkan kalsium. Contoh bahan makanan tinggi kalsium diantaranya ikan, telur, tahu, tempe, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Pastikan menunya berganti ganti setiap hari ya Ma.