Jawaban Pertanyaan Mama Seputar Nutrisi Lengkap untuk Cegah dan Atasi Kolesterol

Hi Mama, berikut adalah jawaban dari Nutrisionis kami:

Pertanyaan: 
Biasanya kolesterol terjadi gara2 makanan atau bukan?
Jawaban:
Kolesterol tinggi terjadi karena pola hidup yang tidak sehat seperti kurang olahraga dan mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol atau lemak jenuh. Contohnya adalah gorengan, daging berlemak, kulit ayam, jeroan, udang, cumi, dan lain-lain. Selain itu, faktor keturunan juga menjadi pemicu kolesterol. Hal ini terjadi akibat adanya kerusakan gen yang mengatur reseptor LDL sehingga terjadi penumpukan LDL dalam pembuluh darah. Kerusakan gen ini bisa terjadi akibat keturunan dari salah satu atau kedua orangtua yang mengalami hal yang sama.

Pertanyaan: 
Jenis makanan dan minuman apa yang tidak boleh untuk kolesterol
Jawaban:
Ada banyak contohnya, Ma. Seperti gorengan, jeroan, udang, cumi, kulit ayam, daging berlemak, kuning telur, dan makanan yang mengandung lemak jenuh seperti santan, sosis, dan kornet. Mama juga bisa hindari makanan dan minuman manis yang memicu peningkatan berat badan karena lebih beresiko mengalami peningkatan kolesterol.

Pertanyaan: 
Tanda-tanda awal kolesterol ringan? 
Jawaban:
Tidak ada gejala atau tanda kolesterol yang sangat khas ya Ma.  Biasanya, kolesterol tinggi baru diketahui saat melakukan pemeriksaan kolesterol dalam darah melalui cek laboratorium.

Pertanyaan: 
Kolesterol bisa menyerang di saat usia berapa ya?
Jawaban:
Kolesterol tidak hanya diderita oleh orang usia dewasa ya Ma, namun juga bisa diderita oleh anak-anak mulai usia 2 tahun. Terutama pada anak-anak yang mempunyai pola hidup yang kurang baik dan menderita obesitas.

Pertanyaan:
Makana napa aja yang bisa mencegah atau mengobati kolesterol?
Jawaban:
Bahan makanan tinggi serat seperti oat meal, sayur dan buah, atau makanan tinggi serat sangat efektif untuk mengendalikan kadar kolesterol. Selain itu, bahan makanan yang tinggi omega 3 seperti ikan dan kacang kacangan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol serta mencegah terjadinya peradangan pada pembuluh darah. Pastikan bahan makanan tidak diolah dengan digoreng dan tidak bersantan ya, Ma.

Pertanyaan:
Sayuran dan buah2an apa yang ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam tbuh min?
Jawaban:
Semua jenis sayur dan buah disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol karena tinggi serat. Mama juga bisa pastikan bahwa sayur dan buah diolah dengan tepat, hindari lemak dan gula berlebih sehingga bermanfaat untuk tubuh.

Pertanyaan:
Biji2an yang tidak disarankan karena mengandung kolesterol tinggi apa aja ya?
Jawaban:
Kolesterol terdapat pada bahan pangan hewani, sedangkan biji-bijian adalah bahan pangan nabati yang disarankan untuk penderita kolesterol karena mengandung serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah.

Pertanyaan:
Cara menurunkan kolesterol yang tinggi
Jawaban:
Perbanyak konsumsi sayur dan buah dan atur menu seimbang ya, Ma. Pilihlah bahan makanan yang rendah lemak seperti ikan, dada ayam fillet, dan daging tanpa lemak. Hindari menu gorengan juga ya, Ma. Mama bisa mengolah makanan dengan ditumis, dikukus, direbus, atau dibakar. Ganti santan menjadi susu rendah lemak, hindari makanan dan minuman manis, hindari daging berlemak, kulit ayam, jeroan, udang, cumi, dan lain-lain. Selain itu, jangan lupa juga untuk olahraga 30 menit per hari.

Pertanyaan:
Apakah berpengaruh makanan gorengan bikin kolesterol naik?
Jawaban:
Sangat berpengaruh ya, Ma. Gorengan mengandung lemak trans yang apabila dikonsumsi dapat meningkatkan kolesterol dalam darah.