Jawaban Pertanyaan Mama Seputar Kebutuhan Gizi Keluarga

Hi Mama, berikut adalah jawaban dari Nutrisionis kami:

 

Pertanyaan: 

Micin kalo dikonsumsi tiap hari baik gak sih buat kesehatan?

Jawaban:

Seperti halnya garam Ma, micin atau MSG aman untuk dikonsumsi setiap hari, Ma. Micin atau MSG terbuat dari bahan alami dan mempunyai kandungan Natrium yang lebih rendah dari garam sehingga aman untuk dikonsumsi.

 

Pertanyaan: 

Apa aja variasi makanan yang tepat agar anak tidak sembelit?

Jawaban:

Banyak faktor yang menyebabkan sembelit Ma, seperti minum susu atau kurang cairan dll. Agar pencernaan si kecil sehat, tambahkan sayur dan buah pada variasi menu makannya. Sayur dan buah adalah sumber serat yang baik untuk pencernan

 

Pertanyaan: 

Untuk naikin berat badan anak, kira-kira komposisinya apa aja ya?

Jawaban:

Pastikan kebutuhan zat gizi si kecil terpenuhi dengan mengkonsumsi menu seimbang ya Ma. Komposisi menu seimbang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah.

 

Pertanyaan: 

Cara menaikkan HB gimana ya? Soalnya saya lagi hamil terus suka pusing-pusing.

Jawaban:

Konsumsi makanan sumber Zat besi ya Ma, contohnya seperti daging sapi, daging ayam, ikan, hati, bayam, brokoli dan sayuran hijau lainnya. Kurangi mengkonsumsi minuman yang menghambat penyerapan zat besi seperti teh dan kopi. Atur komposisi menu makan Mama menjadi menu seimbang, supaya kebutuhan gizi Mama dan janin terpenuhi

 

Pertanyaan: 

Apakah tubuh kita bisa mendapatkan protein dari daging via kaldunya saja, tanpa makan dagingnya?

Jawaban:

Kaldu hanya membuat makanan menjadi wangi dan enak Ma, protein bisa kita dapatkan apabila kita mengkonsumsi makanan sumber protein secara langsung

 

Pertanyaan: 

Oncom: cenderung baik dan bergizi, atau justru cenderung memiliki resiko keracunan?

Jawaban:

Oncom merupakan salah satu makanan sumber protein nabati yang baik untuk dikonsumsi. Pastikan oncom yang akan dimasak masih layak konsumsi dan terjaga kebersihannya supaya tidak terjadi keracunan.

 

Pertanyaan: 

Berapa banyak kebutuhan gizi untul ibu menyusui agar mencukupi nutrisi ASI dan ibunya sendiri?

Jawaban:

Masing-masing individu mempunyai kebutuhan berbeda2 ya Ma, berdasarkan AKG Indonesia untuk ibu menyusui usia 19 - 29 tahun membutuhkan kalori sekitar 2580 - 2650 kkal per hari. Mama bisa memenuhi kebutuhan zat gizi selama menyusui dengan mengkonsumsi menu seimbang setiap hari.

 

Pertanyaan: 

Ketika kita memasak bayam saja, apakah kandungan nutrisi nya akan hilang? Dan apakah harus langsung dimakan?

Jawaban:

Bayam yang dimasak dalam waktu yang lama tidak menyebabkan keracunan, hanya saja kandungan gizi dalam bayam tersebut akan hilang begitu juga dengan sayuran lainnya apabila dimasak terlalu lama. Selain itu hindari memanaskan sayuran karena membuat kandungan gizi semakin rusak. Sayur bayam aman dikonsumsi selama tidak lebih dari 3 jam setelah pengolahan.

 

Pertanyaan: 

Ibu hamil trimester pertama sebaiknya daging dan sayuran, kira-kira lebih banyak proporsi yang mana ya?

Jawaban:

Zat gizi pada kedua bahan makanan tersebut sangat dibutuhkan untuk Ibu dan Janin. Untuk memenuhi kebutuhan zat gizi atur porsi makan sesuai dengan isi piring makanku yang terdiri dari 1/2 piring terdiri dari makanan pokok dan lauk pauk dan 1/2 piring terdiri dari sayur dan buah.

 

Pertanyaan: 

Bagaimana caranya memenuhi kebutuhan gizi anak yang tidak menyukai lauk pauk sama sekali?

Jawaban:

Lauk pauk merupakan sumber protein yang sangat penting bagi si kecil. Buatlah kreasi menu lauk pauk semenarik mungkin supaya anak tertarik untuk makan.

 

Pertanyaan: 

Tetangga saya kasih saran kurangin makan ikan karena anak saya yang laki-laki gak bisa diam. Apakah benar?

Jawaban:

Ikan merupakan jenis bahan makanan yang baik dikonsumsi si kecil. Ikan kaya akan protein dan kandungan zat gizi lain seperti Omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak si kecil.

 

Pertanyaan: 

Berapa kebutuhan kalori anak per hari? Dan bisa apa saja untuk menu lauknya?

Jawaban:

Kebutuhan kalori untuk si kecil berbeda-beda Ma, tergantung umur dan jenis kelamin. Lauk pauk merupakan sumber protein dan micromineral yang penting bagi tubuh si kecil. Mama bisa membuatkan si kecil lauk pauk dengan bahan dasar daging ayam, daging sapi, ikan, telur, hati dll. Jangan lupa tambahkan sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral lainnya.

 

Pertanyaan: 

Berapa standar porsi makan lauk bayi dan ragamnya?

Jawaban:

Untuk menu MP ASI buatkan si kecil menu 4 bintang sebagai menu utama ya Ma, komposisinya terdiri dari karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayur contohnya adalah (puree kentang+hati ayam+tahu+wortel). Kombinasikan bahan makanan lain sesuai dengan komposisi menu 4 bintang ya Ma.

 

Pertanyaan: 

Makanan apa saja yang baik untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan?

Jawaban:

Untuk pertumbuhan kita membutuhkan zat gizi seperti Protein dan Kalsium, Mama bisa mendapatkan zat gizi tersebut dari Lauk Pauk seperti Ayam, Ikan, Daging, Telur, tahu/tempe, sayuran hijau, susu dan produknya seperti keju dan yogurt. Untuk perkembangan anak yang sempurna Jangan lupa konsumsi menu seimbang ya Ma.

 

Pertanyaan: 

Berapa sih angka persentasi kebutuhan gizi yang dibutuhkan satu orang dalam sehari?

Jawaban:

Asupan gizi dikatakan adekuat apabila > 70 % per hari ya Ma. Masing-masing individu mempunyai kebutuhan berbeda-beda tergantung usia, jenis kelamin dan aktivitas fisiknya. Perhitungan AKG secara umum Mamabisa melihatnya pada tabel AKG Indonesia.

 

Pertanyaan: 

Apa yang dibutuhkan saat musim hujan gini biar imun tetap kuat?

Jawaban:

Jangan lupa konsumsi menu seimbang ya Ma dan pastikan camilan yang Mama konsumsi adalah cemilan sehat seperti buah. Buah adalah sumber vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu jangan lupa tetap aktif olahraga.

 

Pertanyaan: 

Kalo Trigliserida tinggi, kira-kira menu makanan apa ya yang bisa bikin turun, tapi juga tetap enak dimakan?

Jawaban:

Perbanyak konsumsi sayur dan buah ya Ma, kurangi makanan yang terbuat dari gula dan tepung. Pilihlah bahan makanan yang rendah lemak seperti ikan, dada ayam fillet, daging tanpa lemak. Hindari menu gorengan ya Ma. Mama bisa mengolah makanan dengan ditumis, dikukus, direbus atau dibakar. Ganti santan menjadi susu rendah lemak dan Jangan lupa untuk olahraga.

 

Pertanyaan: 

Kalo Trigliserida tinggi, kira-kira menu makanan apa ya yang bisa bikin turun, tapi juga tetap enak dimakan?

Jawaban:

Perbanyak konsumsi sayur dan buah ya Ma, kurangi makanan yang terbuat dari gula dan tepung. Pilihlah bahan makanan yang rendah lemak seperti ikan, dada ayam fillet, daging tanpa lemak. Hindari menu gorengan ya Ma. Mama bisa mengolah makanan dengan ditumis, dikukus, direbus atau dibakar. Ganti santan menjadi susu rendah lemak dan Jangan lupa untuk olahraga.

 

Pertanyaan: 

Minta rekomendasi sayur dan buah untuk penderita kolesterol jahat + hipertensi dong.

Jawaban:

Semua sayur dan buah baik untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol dan hipertensi. Pastikan sayur dimasak dengan cara yang tepat (sedikit minyak, tanpa santan) dan buah tidak ditambahkan gula berlebihan, batasi penggunaan garam maksimal 1 sdt per hari dan jangan lupa untuk olahraga sesuai kemampuan ya Ma. Lakukan cek kesehatan secara rutin.