Jawaban Pertanyaan Mama Seputar Gizi Seimbang untuk Gaya Hidup Sehat

Hi Mama, berikut adalah jawaban dari Nutrisionis kami:

 

Pertanyaan: 

Jika tidak suka sayuran, bisa diganti apa agar tetap bisa mendapatkan gizi yg seimbang?

Jawaban:

Peran sayur tidak bisa digantikan dengan bahan makanan lain ya Ma, komposisi bahan makanan dalam menu seimbang mempunyai kandungan zat gizi berbeda dan saling melengkapi. Bagi yang tidak suka makan sayur paling tidak konsumsilah sayur yang paling Anda sukai, mengolah sayur menjadi makanan yang anda sukai atau pun mengkonsumsi sayuran dengan cara yang berbeda seperti dibuat jus.

 

Pertanyaan: 

Apakah konsumsi daging kambing lebih sehat daripada daging sapi?

Jawaban:

Tergantung dari seberapa banyak daging tersebut dikonsumsi ya Ma, ke dua bahan makanan tersebut aman dikonsumsi selama diolah dengan cara yang benar dan dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

 

Pertanyaan: 

Tips menyajikan makanan untuk meningkatkan imun tubuh di tengah pandemic.

Jawaban:

Untuk menjaga daya tahan tubuh kita perlu memenuhi zat gizi dalam tubuh seperti Protein yang didapatkan dari lauk pauk serta Vitamin dan Mineral yang bisa didapatkan dari sayur dan buah. Mommi bisa memenuhi zat gizi tersebut dengan mengkonsumsi menu seimbang yang komposisinya terdiri dari Makanan Pokok seperti Nasi putih; Lauk pauk seperti Ayam, Ikan, tempe; Sayur seperti bayam, kangkung dan buah seperti pisang, pepaya.

 

Pertanyaan: 

Saya seorang ibu menyusui. Saya ingin tau tentang menu gizi seimbang yang cocok untuk saya.

Jawaban:

Menu Gizi Seimbang yang cocok untuk Ibu Menyusui terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, sayur dan buah ya Ma. Contoh menunya adalah nasi putih dengan lauk ayam goreng dan tempebacem dengan sayur bayam dan buah pisang, cukup seimbang ya Ma. Untuk Mama yang sedangmenyusui membutuhkan asupan zat gizi lebih banyak, Mama bisa menambah porsi makan dariporsi yang biasanya, selain itu Mama bisa menambahkan susu dan buah pada hidangan selingan.

 

Pertanyaan: 

Apakah ada batas maksimal makan telur setiap harinya?

Jawaban:

Tergantung dari kondisi masing-masing orang ya Ma. Untuk anak-anak tidak ada batasan maksimal karena masih dalam masa pertumbuhan. Untuk orang dewasa yang tidak memiliki penyakit penyerta, 1-2 butir per hari masih diperbolehkan. Bagi yang mempunyai penyakit penyerta seperti kolesterol batas maksimal mengkonsumsi telur adalah 4 butir dalam seminggu apabila masih khawatir bisa mengkonsumsi bagian putih telurnya yang rendah kolesterol.

 

Pertanyaan: 

Makanan apa si yang bermanfaat untuk menutrisi rambut?

Jawaban:

Protein dan zat besi adalah zat gizi yang penting untuk rambut. Kekurangan protein dan zat besi bisa menyebabkan rambut rontok. Mama bisa memenuhi kedua zat gizi tersebut dengan mengkonsumsi daging, telur, produk susu, dan Ikan.

 

Pertanyaan: 

Please infokan cara memilih menu seimbang tapi aman di kantong

Jawaban:

Menu bergizi tidak harus mahal ya Ma, Mama bisa menggunakan bahan makanan yang relatif murah untuk dibuat menu seimbang, contoh bahan makanan yang murah meriah dan mudah didapat.

Lauk-pauk: Telur, hati ayam, ikan, tahu dan tempe,
Sayuran: Bayam, Kangkung, Toge
Buah: Pepaya dan pisang, Selain itu Mommi bisa memilih buah musiman yang harganya relatif murah
(Jawaban ini sekaligus untuk menjawab pertanyaan mengenai “Gizi seimbang di masa pandemic tetapi tidak mewah karena kondisi yg lagi sulit).

 

Pertanyaan: 

Apa perbedaan antara mengkonsumsi beras putih dan beras merah untuk Kesehatan kita?

Jawaban:

Dalam jumlah yang sama kalori dalam beras putih dan beras merah tidak signifikan, tetapi dalam beras merah lebih banyak mengandung vitamin dan mineral penting. Dalam 100 gram beras putih mengandung 0.8 g serat dan beras merah mengandung 5.4 g serat. Mengkonsumsi beras merah lebih sehat karena karena kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu menjaga kadar gula darah. Selain itu kandungan vitamin B yang membantu pembentukan sel darah merah dan kandungan mineral seperti zink dan zat besi yang bermanfaat untuk daya tahan dan stamina tubuh.

 

Pertanyaan: 

Tips seimbang untuk diet apa ya Ma?

Jawaban:

Cukup dengan menjalankan Pedoman Umum Gizi Seimbang ya Ma. Diantaranya mengkomsumsi beranekaragam bahan makanan dan mengatur porsi, membatasi asupan Gula Garam Lemak (GGL), melakukan aktivitas fisik dan olahraga serta minum air putih 8 gelas per hari. Mama bisa cek pada Panduan Gizi Seimbang yang ada dalam Website Dapur Umami.

 

Pertanyaan: 

Rekomendasi jenis diet buat buibu menyusui dong

Jawaban:

Pola makan untuk Ibu Menyusui adalah Menu Gizi Seimbang yang komposisinya terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, sayur dan buah ya Ma. Contoh menunya adalah nasi putih dengan lauk ayam goreng dan tempe bacem dengan sayur bayam dan buah pisang, cukup seimbang ya Ma. Untuk Mama yang sedang menyusui membutuhkan asupan zat gizi lebih banyak. Mama bisa menambah porsi makan dari porsi yang biasanya, selain itu Mommy bisa menambahkan Susu dan buah pada hidangan selingan.

 

Pertanyaan: 

Jika anak tidak begitu suka nasi, apakah aman jika sering makan mie? Dan apakah gizinya terpenuhi?

Jawaban:

Nasi dan mie adalah bahan makanan sumber karbohidrat ya Ma. Penuhi kebutuhan gizi Si Kecil dengan menambahkan lauk-pauk, sayur, dan buah.

 

Pertanyaan: 

Tips menu makanan yang bisa  bikin tubuh sehat dan gak gampang capek?

Jawaban:

Cukup dengan mengkonsumsi menu seimbang ya Ma, batasi Gula Garam dan Lemak (GGL), hindari makanan dan minuman kekinian yang tinggi kalori, pilih buah sebagai cemilan, minum air putih 8 gelas per hari, dan olahraga 30 menit per hari, jangan lupa pastikan cukup istirahat setiap hari ya Ma.

 

Pertanyaan: 

Gizi seimbang untuk anak usia 10 bulan bagaimana ya?

Jawaban:

Di Usia 10 bulan Si Kecil sudah dapat menggigit makanan dengan tekstur yang lebih keras ya Ma. Untuk komposisi menu masih berpedoman pada komposisi menu 4 bintang yang terdiri dari Karbohidrat, Protein Hewani, Protein Nabati, dan sayur yang dibuat dengan tekstur yang lebih keras. Contoh menunya adalah (Nasi tim + Sup Ayam, Tahu dan Wortel yang dipotong kecil-kecil). Kombinasikan bahan makanan lain sesuai dengan  komposisi menu 4 bintang ya Ma. Untuk cemilan Si Keci, Mama bisa memberikan buah sebagai finger food.

 

Pertanyaan: 

Jika anak tidak suka sayur apakah cukup jika buah saja?

Jawaban:

Peran sayur tidak bisa digantikan dengan buah ya Ma. Sayur dan buah mempunyai kandungan mikronutrients berbeda yang saling melengkapi.

 

Pertanyaan: 

Nugget itu termasuk makanan sehat atau kurang sehat?

Jawaban:

Tergantung dari bahannya ya Ma. Nugget adalah makanan yang sehat dan kaya protein, nugget yang  sehat sebagian besar bahannya adalah campuran daging ayam dan sayuran, namun banyak nugget di pasaran kurang sehat yang tepungnya lebih banyak daripada daging aslinya. Jika Mama mau membuat nugget sendiri itu mudah kok, cek resep membuat nugget pada Website Dapur Umami ya Ma.