Artikel & Tips Jangan Panik: Tips Masakan Keasinan
Jangan Panik: Tips Masakan Keasinan

Jangan Panik: Tips Masakan Keasinan

08 Nov 2022, 23:11

Ketika memasak, ada satu hal yang membuat Mama kuatir, yaitu ketika masakan kurang garam dan terasa hambar. Masalahnya, kekhawatiran seperti ini seringkali membuat Mama jadi menambahkan terlalu banyak garam. Nah, kalau itu terjadi, jangan panik ya, Ma. Di sini kita akan lihat beberapa tips masakan keasinan yang bisa Mama coba. 


Apa Efek Samping Keasinan?

Tapi, sebelum kita bicara soal tips, sepertinya perlu kita bahas sekilas apa sih bahayanya masakan keasinan. Keasinan berarti masakan Mama terlalu banyak garam. Dan, terlalu banyak garam dalam memasak bukanlah sesuatu yang bijak. 


Betul. Seperti sering dibahas di Dapur Umami, kebanyakan garam bisa menyebabkan hipertensi, yang saat ini bahkan bisa terjadi di usia muda. Oleh karenanya sebisa mungkin kita tidak menggunakan terlalu banyak garam saat ini. Karena itu pula Dapur Umami juga mulai mengkampanyekan Bijak Garam saat memasak.


Tips Masakan Keasinan

Namun, yang namanya kekhilafan dan kecelakaan kan tidak bisa dihindari. nah, mari kita lihat tips-tips berikut ini: 


1. Tambahkan air 

Ini adalah cara paling aman dalam mengatasi masakan keasinan. Kalau sup atau sayur yang mama buat keasinan, tambahkan saja air yang dipakai. Tapi, jangan begitu saja menambahkan air ya, Ma. Usahakan menambahkan sedikit demi sedikit sambil mencicipi rasanya. 


Oh ya, kalau bumbunya terasa kurang, Mama boleh tambahkan bawang putih atau bumbu-bumbu terpenting lainnya. 


Nah, kalau rasanya sudah pas, Mama dan keluarga bisa menikmati sayuran yang sudah dibuat ini ya. Tapi ingat, jangan dihabiskan semua kuahnya. Kalau dihabiskan semua, artinya kan jumlah garam yang dikonsumsi keluarga jadi tetap tinggi. 


2. Tambahkan gula

Cara yang kedua ini memang tidak mengurangi jumlah garam yang ada di dalam masakan, tapi sangat efektif dalam mengoreksi keasinan. Di sini, yang Mama butuhkan ketika masakan terlalu asin adalah dengan menambahkan gula ke dalam hidangan yang tengah dimasak itu.


Tapi ingat ya, Ma, ada teknik dalam penambahan gula di sini. Seperti halnya dengan penambahan air, penambahan gula juga harus dilakukan sedikit demi sedikit sambil terus di tes rasanya. Salah satu sumber gurih adalah paduan gula dan garam, tapi tentu saja Mama tidak mau terlalu banyak gula dan membuat masakan terlalu manis, kan? 


3. Tambahkan jeruk nipis atau asam jawa

Salah satu teknik lain untuk mengatasi keasinan ini adalah cara yang paling jarang dipakai. Alasannya sederhana, orang khawatir kalau rasa masakan akan berubah. Memang masuk akal. Tidak semua masakan kita membutuhkan rasa asam kan? 


Namun, ini adalah cara valid yang bisa dicoba. Rasa asam bisa menetralisir rasa asin pada garam. Sehingga, dengan memasukkan sedikit rasa asam, rasa yang terlalu asin bisa berkurang. 

Seperti biasa, selalu tambahkan rasa asam ini sedikit demi sedikit agar tidak sampai terlalu asam dan bahkan mengubah cita rasa masakan. 


Kentang Bukanlah Cara yang Efektif

Ada satu cara yang selama ini dipercaya orang bisa mengatasi keasinan, yaitu menambahkan irisan kentang ke dalam masakan. Banyak yang percaya bahwa kentang bisa berfungsi sebagai bahan yang bisa menyedot garam, sehingga setelah ditambahkan kentang kandungan garam dalam masakan dipercaya berkurang. 


Sayangnya, menurut eksperimen yang pernah dilakukan, hal itu tidak terbukti. Kandungan garam dalam masakan tetap sama setelah kentang diangkat dari masakan yang keasinan. 

Jadi, demi keamanan dan karena kita tahu bahwa garam yang terlalu banyak bisa berbahaya bagi tubuh, maka yang terbaik adalah menggunakan cara-cara yang bisa kita tahu pasti bisa mengurangi kandungan garam dalam masakan yang Mama buat. 


Semoga tips untuk mengatasi saat masakan keasinan ini bisa dimanfaatkan dan tetap membuat keluarga Mama sehat. 

Mari bijak garam, tapi jangan panik saat kebanyakan garam!

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.