Inilah 5 Resep Makanan Sehari-hari yang Ternyata Rendah Kalori!

Untuk bisa hidup sehat, Mama perlu menghitung kalori. Untuk bisa makan enak dan hidup sehat, Mama perlu tahu resep makanan sehari-hari yang rendah kalori dan juga lezat!


Saat menjalani program diet, Mama dan keluarga di rumah mungkin sering berpikir atau terhalang oleh pilihan menu makanan yang terbatas. Berbeda dengan resep makanan sehari-hari, resep makanan untuk diet sering dianggap memiliki rasa yang tidak enak karena dibatasi bumbu tertentu demi mengurangi kalori. 


Makanan rendah kalori merupakan hal mutlak ketika melakukan diet. Namun, Mama dan keluarga di rumah tetap memerlukan kalori sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jangan cemas, karena banyak makanan sehari-hari yang sehat dan ternyata kalorinya rendah. Mama bisa mengolah makanan tersebut sebagai resep makanan sehari-hari bagi keluarga. Simak 5 resep berikut ini. 


1.Telur Rebus

Telur rebus merupakan salah satu pilihan resep makanan sehari-hari yang populer. Selain rendah kalori, telur rebus juga kaya nutrisi. Satu butir telur mengandung 72 kalori dan 6 gram protein. Jadikan telur rebus bagian dari resep makanan sehari-hari seperti Soto Medan Aji-no-moto atau Semur Telur Tahu Aji-no-moto. Tingginya protein dalam telur dipercaya mampu mengurangi rasa lapar dan sekaligus membuat kenyang. 


2.Steak Dada Ayam

Dada ayam adalah daging tanpa lemak yang rendah kalori dan tinggi protein. Setiap 100 gram potong dada ayam mengandung 165 kalori dan vitamin A serta D. Banyak resep makanan sehari-hari yang dapat diolah dari dada ayam seperti Steak Ayam Mayumi Pedas. Selama tidak banyak dipanggang atau digoreng terlalu lama, resep makanan sehari-hari ini sangat aman dikonsumsi. Dijamin kenyang dan nikmat!


3.Pepes Tahu

Selain kaya protein, tahu adalah bahan dasar yang cocok menjadi makanan rendah kalori untuk disantap. Pepes tahu adalah resep makanan sehari-hari yang layak dicoba. Setiap 100 gram tahu mengandung 75 kalori. Caranya? Setelah tahu diproses menggunakan bumbu seperti daun jeruk, daun salam, bawang merah, bawang putih, cabai, dan kemiri, adonan yang dibungkus daun pisang dan dikukus selama 30 menit ini siap disajikan!


4.Sate Tempe

Tempe adalah bahan makanan favorit orang Indonesia. Kandungan nutrisinya tak usah diragukan lagi. Salah satu resep makanan sehari-hari yang dapat Mama coba adalah sate tempe. Cukup tambahkan bumbu seperti cabai, bawang, tomat, dan kemiri plus tempe yang telah dipotong-potong kecil dalam satu wadah sebelum ditusuk menyerupai sate, resep makanan sehari-hari ini dapat langsung disajikan setelah dibakar atau dipanggang.


5.Ikan Bakar

Ikan dikenal sebagai sumber protein sekaligus rendah kalori, terutama ikan salmon, tuna, teri, atau kembung. Ikan mengandung nutrisi yang baik untuk otak. Selain itu, kadar protein yang tinggi dalam ikan juga mengenyangkan. Coba deh resep ikan bakar ini sebagai resep makanan sehari-hari yang sehat dan juga sedap. Selain ikan laut seperti ikan bawal, salmon dan tuna, ikan air tawar seperti ikan gurame, patin dan tilapia juga nikmat untuk dibakar. 


Itulah 5 resep makanan sehari-hari rendah kalori yang dapat Mama coba di rumah. Jika perlu, kelima makanan tersebut bahkan makin berselera dengan tambahan penyedap Aji-no-Moto yang memberi cita rasa umami tak terkalahkan. Siap memasak?


sumber:https://pixabay.com/id/photos/sayuran-segar-osengan-sehat-876446/