Ide Resep Makanan Sehari Hari, Tanpa Santan

Halo Mama, apakah mama juga memiliki permasalahan yang sama dengan Mama yang lain? Yakni menentukan memasak apa hari ini. Berikut adalah resep makanan sehari hari tanpa santan. Karena makan di luar terus juga tidak ramah di kantong, tetapi bila memasak mama juga bingung akan menu harian apa yang tidak membosankan dan tentunya sehat. Resep berikut tanpa menggunakan santan, karena penggunaan santan yang berlebihan dan bila dikonsumsi harian maka akan tidak baik bagi tubuh.


Sayur Sop Selalu Masuk Daftar Resep Makanan Sehari-hari

Sayur Sop Selalu Masuk Daftar Resep Makanan Sehari-hari


Sayur sop merupakan salah satu menu yang digemari, isiannya yang berfariatif dan rasanya yang lezat. Bahan yang dibutuhkan sangat mudah, bisa berisi kembang kol, kentang, kubis, wortel, sosis bahkan ayam. Untuk semakin mendapatkan rasa lezat, Mama bisa menggunakan Sajiku bumbu sayur sop. Jadi Mama tidak perlu lagi capek mengulek. Untuk resep sayur sopnya, mama bisa lihat disini.



Sayur Bayam Jagung

Seperti yang kita ketahui, bayam memiliki kandungan vitamin K yang tinggi, multivitamin ini berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Memasak sayur bayam jagung ini hanya perlu memakan waktu 15 menit saja, sehingga Mama tidak perlu terlalu lama berkutat di dapur, dan segera melakukan aktifitas selanjutnya. Tetapi sayur ini dihabiskan dalam sekali makan yah mam, karena sayur bayam tidak baik bila dipanaskan kembali untuk makan berikutnya. 



Rawon Daging

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu masakan Khas Jawa Timur ini. Dengan kuah berwarna coklat kehitaman ini, rasanya pun unik. Tidak hanya untuk makanan sehari hari namun juga bisa ditemukan di acara jamuan makan. Untuk membuat rawon daging mama bisa menyiapkan bahan utama yaitu Kluwek, yang memberi warna hitam.


Untuk bahan lain, Mama perlu menyiapkan bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, serai, dan daun jeruk. Untuk daging, bisa Mama pilih bagian sengkel ataupun iga. Apabila mama ingin lebih praktis, bisa digunakan Sajiku bumbu rawon. Mama hanya perlu mencampurkannya dengan daging pilihan mama yang sudah direbus sampai empuk. Sajikan dengan telur asin, dijamin nambah.



Orek tempe 

Setelah ide resep makanan sehari hari berupa sayuran, kini berupa lauk. Salah satu lauk praktis ini gampang untuk disandingkan dengan menu makanan lain. Orek tempe bisa digabungkan dengan nasi putih, nasi kuning, bahkan nasi liwet. orek tempe ini memiliki kandungan bagus dari kacang kedelai yang merupakan baku utama dari tempe.


Kacang kedelai kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan menurunkan resiko terjangkitnya penyakit kanker. Untuk bahan sangatlah simple dan mudah di dapat, yakni satu papan tempe, duo bawang, yakni bawang merah dan bawang putih, cabe merah, lengkuas, saus tiram, dan kecap manis. Agar orek tempe awet dan masih bisa disimpan, mama bisa memasak tempe orek dengan menggoreng kering tempenya terlebih dahulu.



Balado kentang telur

Bahan makanan yang selalu ada di dapur Mama adalah telur, untuk menu harian agar tidak bosan dengan olahan telur yang biasa, maka bisa dikreasikan dengan kentang. Untuk bahannya bisa disiapkan: kentang (500 gram, kupas dan potong dadu) dan telur (5 butir telur, rebus, dan kupas). 


Selain itu, Mama juga akan membutuhkan bumbu halus. Untuk itu, Mama perlu siapkan bawang merah (4 siung), bawang putih (4 siung), cabai merah keriting (secukupnya), kemiri, dan lengkuas. Setelah dibersihkan semuanya, Mama perlu memblender semua bahan-bahan bumbu halus ini sambil diberi sedikit minyak. 


Nah, sekarang Mama sudah siap mengolahnya. Pertama-tama, goreng kentang yang telah dipotong dadu itu hingga cukup kering. Setelah kering, angkat kentang. 


Kedua, saatnya Mama menumis bumbu halus dengan api kecil hingga tidak berbau langu. Kemudian, masukkan kentang yang telah digoreng kering tadi dan aduk hingga rata dengan bumbu. Setelah kentang dan bumbu tercampur rata, masukkan telur. Sambil memastikan semua bahan mendapatkan bumbu dengan rata, tambahkan Saori saus tiram dan gula-garam. 


Santan memang sedap dan ketika dipadukan dengan sayur bisa benar-benar menggoyang lidah. Tapi dia bukan untuk sehari-hari. Untuk resep sehari, Mama perlu pertimbangkan opsi-opsi lain yang tak kalah lezatnya. 

Mama sudah tidak bingung dalam menentukan menu makanan sehari hari, kan? Bisa dicatat untuk menu minggu kedepan, bisa dipadukan antara resep sayur dan lauknya.