Demi Cita Rasa, Pastikan Bahan-bahan Ini Tersedia di Dapur

Untuk urusan cita rasa makanan yang memuaskan dan membahagiakan keluarga pasti mama sudah melakukan banyak hal. Berbagai rempah-rempah pasti sudah tersedia di dapur dan telah banyak dicoba oleh mama. 

Maka, daftar ini akan membantu mama untuk memastikan bahwa bahan-bahan ini tidak sampai habis persediaannya di dapur. Kenapa begitu? Karena bahan-bahan ini termasuk memiliki kemampuan memperkuat cita rasa makanan. Bukankah itu yang selalu mama butuhkan? 


Bawang putih

Bawang putih adalah bumbu yang tidak pernah terlewat dalam berbagai masakan nusantara. Aroma dan rasa yang dimiliki bawang putih adalah bahan wajib bagi yang ingin mendapatkan rasa gurih. Tidak sedikit kan cara menggurihkan makanan yang hanya mengandalkan bawang putih dan garam? 

Hal yang sama juga berlaku pada jenis-jenis bawang yang lain, seperti bawang merah dan bawang bombay. Khusus bawang merah dan bawang bombay, kita juga akan sangat terbantu ketika memiliki versi goreng (atau goreng tepungnya). 

Kita bisa dapatkan bawang goreng dipakai mulai rawon yang berasal dari Jawa Timur hingga kaserol yang dimasak mama-mama di Pesisir Timur Amerika Serikat sana.


Rumput laut

Bahan lain yang juga banyak dipakai sebagai penyedap adalah rumput laut. Lebih tepatnya, rumput laut yang sudah diolah menjadi nori atau lembaran rumput laut. Rumput laut sendiri sudah dipakai sebagai penyedap rasa makanan di Jepang sejak zaman dahulu. 

Saat ini, nori banyak dipakai sebagai penyedap dalam bentuk taburan nori. Seperti halnya bawang, yang dibutuhkan untuk menjadi nori sebagai penyedap atau penguat rasa adalah dengan mencampurnya dengan garam. Ya, sesederhana itu, mama. 

Kalau mama biasanya hanya menggunakan bawang goreng atau bawang putih goreng sebagai penyedap, cobalah sesekali menggunakan lembaran nori dan menjadikannya serpihan untuk digunakan sebagai taburan saat menikmati salah satu kreasi dapur mama. Nori membantu memperkuat cita rasa makanan


Jamur

Jamur adalah juga bahan yang sudah mendapat pengakuan luas sebagai penguat rasa. Hingga saat ini, kita sudah bisa menemukan berbagai penyedap rasa yang dibuat dari jamur. Jamur yang paling populer untuk ini adalah jamur shiitake. 

Untuk menggunakan jamur sebagai penyedap, mama bisa mencoba salah satu dua dua cara ini. Yang pertama, mama bisa menggunakan jamur di dalam hidangan yang dimasak. Ini mudah. Yang kedua, mama bisa membuat kaldu jamur dengan cara merebus jamur shiitake dengan air secukupnya dan menggunakan air rebusan itu di lain kesempatan.


Tomat

Nah, yang terakhir ini mungkin tidak mama sangka-sangka. Siapa sangka bahwa bahan yang sangat dekat dengan keseharian kita ini juga berfungsi memperkuat rasa. Nyatanya, tomat memang memiliki kemampuan memperkuat rasanya. 

Tomat memiliki kandungan glutamat yang cukup tinggi. Kandungan glutamat alami ini menguat ketika tomat semakin matang atau ketika dipanaskan. Oleh karena itu, sup merah untuk sop bisa begitu lezat ya? Bahkan, sup tomat yang hanya mengandalkan pada bawang putih dan garam itu pun bisa sedemikian lezatnya.

Pastikan agar mama tidak sampai lupa untuk menyediakan stok tomat di rumah sepanjang waktu ya. Stok tomat yang selalu tersedia ini sangat serbaguna untuk berbagai jenis masakan.


MSG

Kalau kita berbicara tentang penguat rasa dan rasa gurih dalam masakan, tentunya tidak lengkap sebelum akhirnya sampai pada MSG atau monosodium glutamat ini. Bahan yang saat ini tersedia di mana saja ini begitu penting untuk memperkuat rasa. 

Mama hanya butuh sedikit saja MSG untuk menemani bahan-bahan yang sudah ada di atas. Dengan itu, citarasa gurih dalam makanan akan semakin menonjol dan meningkatkan nafsu makanan mama dan keluarga. 

Bahan-bahan penguat rasa yang kita bahas di sini bisa dipadu-padankan sesuai kebutuhan. Namun, yang pasti, semakin banyak kombinasi yang mama pakai, semakin beragam pula cita rasa gurih bisa mama peroleh untuk sajian bagi keluarga. 


sumber:https://pixabay.com/id/photos/jamur-makanan-vegetarian-mentah-6320451/