Dapur Umami, Gurih dan Menantang Mama untuk Berkembang

Kata “umami” memang berarti rasa gurih khas yang menggugah selera. Kita bisa menemukannya secara alami dalam kaldu sapi dan ayam, tomat yang dihangatkan, maupun rumput laut. Dapur Umami, seperti namanya, memang selalu membawa kesedapan. Tapi tahukah Mama kalau Dapur Umami juga punya segudang kegiatan?


Untungnya, kegiatan yang ada di Dapur Umami adalah kegiatan yang mengajak Mama untuk berkembang. Saat mengunjungi situs ini, Mama pasti bisa dengan mudah berbagai event challenge yang mengajak Mama untuk terus berkreasi dan menantang diri dalam bidang kuliner.

Berikut tiga challenge yang dipersembahkan situs di bawah PT. Ajinomoto Indonesia ini.


IG TV Cooking Class Dapur Umami Desember 2021

Mama pasti sudah akrab, Cooking Class adalah sebuah program yang membagikan ilmu memasak kepada Mama dengan menu andalan yang teruji umami. 

Bedanya dengan cooking class yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka, program cooking class kali ini dilaksanakan online mengajak satu perwakilan Mama untuk sama-sama memasak di dapur masing-masing. Sederhananya, cooking class seringkali menantang pesertanya untuk melawan rasa ribet dan takut tidak sesuai dengan rasa yang diharapkan. 


Dalam IG TV Cooking Class Edisi Desember 2021 lalu, Mama dapat menonton demo memasak “Fish and Chips with Salad” yang dipandu oleh chef Yuri (@zhryuriva) dan ditemani dengan Kaylee. Mereka memasak Fish and Chips with Salad, sebagai sebuah sajian lezat yang dapat menemani libur Natal dan Tahun Baru di rumah, dikarenakan kondisi pandemik yang belum memungkinkan untuk kita bisa berlibur kemana-mana. 


Fish and Chips with Salad dengan bumbu andalan yaitu Sajiku® Tepung Bumbu dan Mayumi® (karena menunya ikan dori, Masako® rasa ayam nya kita simpan dulu ya, Ma) adalah menu yang cocok dijadikan pilihan inspirasi resep karena dapat dimasak dalam porsi yang banyak untuk acara keluarga besar, tentunya karena dapat dimasak dengan sangat mudah dan praktis. Wah, seru sekali ya, Ma. 


Di sela-sela memasak, terdapat kegiatan QnA, dimana Chef menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Mama yang ditanyakan melalui instagram. Selain itu, Chef Yuri juga membagikan tips memasak dan menyimpan bahan makanan yang bermanfaat dan jarang diketahui.


Ternyata, tidak sampai 30 menit Fish and Chips with Salad sudah siap disajikan oleh mereka.  


Di Cooking Class ini juga diperkenalkan Jurnal Umami, yaitu fitur baru di website www.dapurumami.com dimana para Mama seluruh Nusantara dapat berinteraksi dengan membagikan resep, me-like, mengomentari, dan membagikan setiap jurnal yang ada. 


Beruntung bagi Mama yang mengikuti kegiatan ini sampai habis karena terdapat kuis berhadiah besar. Wah, siapa di sini Mama yang ikutan kemarin? Beneran seru dan mudah kan memasak Fish and Chips with Saladnya?


Dapur Umami rutin mengadakan Cooking Class demi menambah kreativitas Mama


Kachimeshi

Nah, kalau kita bicara mengenai gizi seimbang, PT Ajinomoto Indonesia punya komitmen kepada masyarakat yang sadar mengenai hal tersebut. Makan makanan yang bergizi tinggi dan seimbang namun tetap lezat secara cita rasa adalah salah satu kunci mewujudkan gaya hidup sehat. Kachimeshi, yaitu “makanan juara”: adalah program dilaksanakan pada 2021 yang mendukung atlet dengan makanan bergizi seimbang untuk mendapatkan performa maksimal untuk tubuhnya.


Dengan mengikuti program ini, diharapkan atlet dapat meningkatkan prestasinya. Hal ini dapat menjadi bukti bahwa selain latihan yang baik dan penuh semangat, makanan bergizi seimbang dapat membantu atlet Indonesia menjadi sang juara. Bangga ya, Ma!


Menjelajahi Khazanah Rasa 

Satu program challenge yang paling menarik dari temanya adalah challenge untuk membuat kreasi bakwan dari kampung halaman. Di sini, Dapur Umami tidak membatasi jenis bakwan yang bisa dibuat. Mama hanya perlu menggali kekayaan lokal, bakwan yang lazim dibuat di kampung halaman dan membagikannya kepada khalayak melalui akun IG. 


Yang unik dari challenge ini adalah: Mama jadi “terpaksa” membagikan cara memasak bakwan yang biasa dilakukan sehari-hari. Di sisi lain, buat Mama tertarik ingin tahu berbagai kreasi bakwan, sekarang ada contohnya dicari di IG dengan tagar #KejutanBakwanRamadhan. Temukan di sana berbagai kreasi bakwan dari berbagai penjuru nusantara. 


Jurnal Umami Tukar Poin

Nah, kalau kita bicara tentang challenge yang seru sekaligus hadiahnya berlimpah, maka challenge ini perlu diketahui. Challenge nya akan hadir dan Mama harus segera bersiap.


Dalam kegiatan ini, peserta diwajibkan untuk mengeksplorasi menu website Jurnal Umami.


Jurnal Umami adalah sebuah wahana diskusi Mama-mama untuk dapat berinteraksi satu sama lain. Alih-alih mirip dengan platform sosial media Facebook, Mama bisa melakukan like, komen, share pada postingan yang di share oleh teman Mama, dan tentunya Mama juga bisa memposting kreasi masakan Mama di Jurnal Umami.


Lalu ajaibnya, semua kegiatan yang Mama lakukan akan diberikan koin. Koin bukan sembarang koin, koin ini dapat ditukarkan dengan hadiah menarik. Semakin besar koin yang Mama kumpulkan, maka semakin besar kesempatan Mama untuk menukar dengan hadiah yang lebih besar atau yang sedikit-sedikit tapi banyak. Ma, menarik sekali, bukan? 


Penasaran dengan hadiah yang ada. Yuk ini intip di sini, jangan-jangan ada barang yang sudah lama Mama impikan untuk punya!

Jangan lupa: buat yang menang, sepertinya hadiahnya tidak akan mudah dilupakan deh!