Artikel & Tips Cobain Resep Ikan Mujair Nyat Nyat Kintamani
Cobain Resep Ikan Mujair Nyat Nyat Kintamani

Cobain Resep Ikan Mujair Nyat Nyat Kintamani

08 Nov 2022, 17:11

Apa saja makanan khas pulau dewata yang sudah pernah Mama cicipi? sate lilit, ayam betutu, dan nasi jinggo mungkin sudah sangat familiar dan sering menyapa lidah Mama dan keluarga. Nah di artikel kali ini kita akan berwisata rasa dengan menu yang tidak kalah fenomenalnya. Apalagi kalau bukan ikan mujair nyat nyat kintamani. Mama sudah tidak sabar ingin cobain resepnya? Simak hingga tuntas ya Ma.


Resep ikan mujair nyat nyat kintamani

Ikan mujair nyat nyat ini memiliki nama yang unik ya Ma. Ternyata Nyat dalam bahasa Bali memiliki arti tersendiri yakni surut. Nah di masakan kali ini memakai metode nyat nyat, yakni sebuah metode memasak ala Bali, dimana bahan- bahan masakan ini dimasak dengan sedikit air hingga airnya menyusut. 


Makanan yang satu ini akan banyak kita jumpai di daerah Kintamani, kurang lebih satu jam perjalanan dari Denpasar. Agar tidak perlu jauh- jauh plesir ke Kintamani, kita hadirkan menu ini di dapur kita yuk Ma, dimulai dengan mempersiapkan bahan yang diperlukan.


Ikan mujair nyat nyat kintamani – Bahan yang diperlukan

bahan utama yang diperlukan tentu saja ikan mujair. Ikan air tawar yang satu ini identik dengan pepes, dan dibakar. Untuk mengolah ikan ini memang sedikit “tricky” dalam membersihkan dan marinasinya, agar tidak berbau tanah.


Namun jangan khawatir, yang tambah bikin nikmat dari olahan ikan mujair nyat nyat ini adalah rasa dan aroma yang dominan dari bumbu genep ( bumbu khas Bali ) yang mampu menghilangkan bau lumpur yang biasanya melekat pada ikan mujair.


Untuk bumbu genep sendiri, Mama perlu mempersiapkan dan menghaluskan duo bawang, cabe merah, cabe rawit sesuai selera, kunyit, sedikit lengkuas, jahe, kencur, ketumbar, merica, dan sedikit terasi.

Bumbu tambahan yang perlu disiapkan yakni sereh, salam, kemangi, garam, gula, dan tentu saja MASAKO®, agar rasa ikan nyat nyat ini semakin mantul.


Ikan mujair nyat nyat kintamani – cara membuat

Langkah pertama dalam membuatnya, bersihkan ikan mujair dan marinasi dengan bawang putih, kunyit, ketumbar dan garam yang dihaluskan. Marinasi selama kurang lebih 30 menit, yang selanjutnya Mama goreng hingga setengah matang.


Ini nih yang khas dari masakan ini, bumbu ganep yang dipakai sebaiknya dihaluskan dengan cara ulek manual dengan cobek ataupun dengan dicacah dengan pisau saja. Tidak dianjurkan untuk memakai blender ataupun chopper, karena dipercaya akan merubah rasa.


Setelah semua bumbu ganep ini di ulek atau dicacah, tumis dengan minyak, minyak yang digunakan pun sebaiknya minyak kelapa asli, agar rasa yang dihasilkan semakin gurih dan aromanya harum. Setelah ditumis hingga harum, masukkan bumbu pelengkap lainnya dan sedikit air kedalam wajan. Setelah air mendidih, masukkan ikan gurami.


Masak hingga air menyusut, dan bumbu terserap dengan rata. Bila suka, bisa tambahkan seikat kemangi yang telah dibersihkan. Eits jangan lupa bumbui dengan garam, gula dan MASAKO®. Test rasa terlebih dahulu. 

Nah mujair nyat nyat ini siap disajikan dengan nasi panas, plecing kangkung, sambal matah, dan kacang goreng. Wah siap nambah berapa kali nih Ma? Untuk resep yang lain, Mama bisa intip di website Dapur Umami yah. Agar semakin banyak resep yang bisa dieksekusi di dapur Mama, selamat mencoba!


Source of thumbnail: Nyat-Nyat, traditional Balinese Cuisine by adi7
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.