Cara Mudah Membuat dan Membagikan Konten Kreasi Kuliner

Bagi mama yang sudah bertahun-tahun aktif menjadi penguasa dapur, urusan memasak mungkin bukan hal berat lagi. Bahkan, mama saat ini sudah bisa mudah membuat berbagai kreasi dapur yang khas. Untuk itu, ada satu hal yang perlu mama kuasai: Cara mudah membuat dan membagikan hasil-hasil kreasi dapur itu. 


Nah, untuk itu mungkin mama perlu mempertimbangkan beberapa saran berikut yang bisa mama manfaatkan untuk membantu. Siapa tahu, dari yang awalnya hanya belajar membuat sesuatu untuk berbagi akhirnya cocok untuk banyak orang, terutama penggemar dunia boga Indonesia. 


Blog

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk berbagi secara online adalah dengan membuat blog. Blog adalah pilihan yang mudah karena pertama-tama untuk mendapatkannya mama tidak perlu mengeluarkan biaya. Banyak penyedia layanan gratis yang lahir untuk memberikan kesempatan siapa saja berbagai gagasan di situs pribadi. 

Kedua, blog adalah pilihan yang cocok untuk mengawali karena minimnya batasan. Mama bisa melakukannya dengan berbagai cara. Tidak ada batasan khusus bagaimana mama harus menyajikan resep-resep hasil kreasi mama pribadi. 

Untuk berbagai resep di blog, cara membuatnya hanya satu: pastikan untuk memberikan instruksinya langkah demi langkah. Jangan lupa untuk memasang juga foto dan video agar lebih menarik.


Instagram

Sarana lain yang bisa dipakai untuk membuat dan membagikan konten resep adalah melalui Instagram. Meskipun ada fasilitas menulis caption, ketika menggunakan Instagram mama harus sebisa mungkinkan memaksimalkan gambar. 

Jadi, cara mudah untuk membuat resep di Instagram adalah dengan menggunakan carousel atau beberapa gambar dalam satu posting. Sebagai contoh, gambar pertama berisi informasi tentang bahan-bahan, gambar kedua berisi langkah-langkah mencampur bumbunya, dan gambar ketiga berisi cara memasak bahan utama dengan bumbu yang sudah siap. 

Untuk akun instagram tata boga, cara ini lebih cocok daripada menggunakan caption saja. Dan, cara ini akan semakin kuat bila didukung cara-cara menyajikan makanan ala food stylist. Coba mama lihat aku Instagram Chef Yongki sebagai inspirasi.


YouTube

Cara mudah membuat dan membagikan konten yang ketiga dan sekarang sangat populer adalah YouTube. Mama bisa mencoba membuat video masak sederhana seperti yang pernah dibahas di situs Dapur Umami ini. 

Sebagai pengingat, ada tiga bagian yang penting: menyoroti bahan-bahan, menunjukkan langkah demi langkah pengolahan, dan terakhir menyoroti hasil kreasi dapur mama. Bila ketiga hal utama ini sudah tersampaikan, selanjutnya mama tinggal menambahkan isi-isi pelengkap dan pemanis. Oh ya, buat juga judul video yang menarik perhatian orang untuk menonton video itu.

YouTube adalah sarana yang cocok bagi orang-orang di mana pun untuk belajar memasak dan melihat perubahan tampilan dari bahan hingga menjadi hidangan. Dan, jangan lupa, penonton YouTube juga sangat menikmati informasi-informasi tambahan yang mungkin tidak langsung berhubungan dengan bahan-bahan atau hidangan.

Gabungan Video dan Resep di Dapur Umami agar mudah membuat berbagai hidangan


WA

Nah, setelah cara mudah membuat dan membagikan konten yang kita bahas di atas, mama masih tetap membutuhkan WhatsApp. Namun, tujuan umum menggunakan WhatsApp adalah lebih berupa mengabarkan kepada orang-orang yang dekat dengan mama.

Mama bisa memancing calon pengunjung blog, Instagram, atau YouTube dengan membagikan link atau gambar. Link atau gambar ini harus membuat orang penasaran agar selanjutnya mengunjungi tempat mama membagi kreasi dapur tersebut. 

Mama boleh mengirimkan pesan-pesan WhatsApp yang bertujuan sebagai pancingan ini ke rekan dan kerabat atau ke grup-grup WhatsApp yang relevan. Agar efektif, usahakan untuk membagi ini ke grup-grup yang anggotanya kira-kira menyukai situs web kuliner. Grup WhatsApp ibu-ibu kompleks adalah salah satu contoh yang paling pas.

Tips-tips agar mudah membuat dan membagi karya ini semestinya juga bisa memberi mama manfaat. Nah, untuk memaksimalkan manfaat tersebut, ada satu hal yang perlu mama lakukan, yaitu tidak membatasi akses untuk akun-akun tersebut. Pastikan orang dapat meninggalkan komentar. 

Dengan komentar-komentar tersebut, mama jadi bisa tahu seperti apa reaksi orang terhadap resep tersebut. Apakah mereka suka, ataukah mereka merasa kesulitan, apakah mereka membaginya dengan orang lain, ataukah mereka malah merasa terbantu oleh resep tersebut? 

Selain menjadi penyemangat buat mama, komentar-komentar ini juga bisa menjadi koreksi buat mama dalam berkreasi. Selamat berkarya dan berbagi, mama!


sumber:https://pixabay.com/id/photos/salad-sehat-piring-nutrisi-lezat-2068217/