Cara Membuat Mangut Lele Pengobat Rindu

Pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu. Masih seperti dulu, tiap sudut menyapaku bersahabat, penuh selaksa makna,” begitu lirik lagu dari Kla tentang Jogjakarta ini memang benar, karena di kota ini membuat kangen untuk kembali ke sana. Tapi tahukah cara membuat hadir kembali? Kuliner adalah jawabnya. 


Selain objek pariwisata yang banyak, masyarakat yang ramah, juga makanannya yang lezat. Apa saja makanan yang Mama suka bila berkunjung di kota ini? Selain terkenal dengan bakpia, dan gudegnya, ada salah satu makanan yang juga perlu Mama coba ketika berkunjung, yakni mangut lele. 


Makanan ini memiliki perpaduan rasa gurih dan lezat. Rasa gurih dari santan, dan perpaduan bumbu yang menarik. Karena kondisi yang belum memungkinkan untuk bisa bepergian kembali ke Jogja, bagaimana kalau kita coba sendiri di dapur yuk. Berikut adalah cara membuat mangut lele pengobat rindu.


Sebelum mencoba, Mama juga perlu mengetahui apa saja kandungan nutrisi yang ada di dalam ikan yang sangat mudah kita temui, yakni ikan lele. Ikan ini sering disepelekan, karena tidak banyak orang mengetahui bahwa ikan lele memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah dan bermanfaat bagi tubuh. 


Tak hanya daging sapi dan ayam, ikan ini juga merupakan sumber protein hewani yang baik. Dalam 100 gram, mengandung protein hewani sebanyak 18,7 gram dan 260 miligram fosfor. Dengan begitu, sudah 30 persen kebutuhan mineral harian dipenuhi. Selain itu ikan lele juga mengandung yang biasa orang awam sebut sebagai minyak ikan, atau Asam lemak omega 3, asam lemak ini berguna bagi kesehatan jantung kita. 


Tidak seperti ikan lainnya, ikan lele sangat rendah Natrium dan kalori, sehingga bisa dikatakan lele sangat baik dikonsumsi oleh segala usia. Jadi Mama pun tidak perlu ragu untuk memasak dan membuat olahan lele untuk makan si kecil.


Bahan-bahan Mangut Lele Khas Jogja

Untuk membuat mangut lele, ada tiga kelompok bahan yang harus disiapkan. Kelompok pertama adalah bahan utama untuk kuliner ini, yaitu ikan lele (siapkan 5 ekor ukuran sedang), santan kelapa kental (100 ml), dan air (sekitar 200 ml). 


Setelah bahan utama tersedia, siapkan juga bumbu kasar. Bumbu-bumbu ini terdiri dari daun salam (4 lembar), serai (2 batang), lengkuas (1 ruas jari), cabai merah (2 buah), cabai hijau (2 buah), dan tomat (2 buah). Bahan-bahan ini hanya perlu dibiarkan begitu saja, dimemarkan (untuk serai), atau diiris serong (untuk cabainya). 


Terakhir, yang merupakan bumbu-bumbuan paling penting, mama juga perlu mempersiapkan bumbu halus. Untuk ini, yang diperlukan adalah bawang merah (6 siung), bawang putih (5 siung), kunyit (2 ruas jari), kemiri (4 butir), jahe secukupnya dan cabe merah keriting (sesuai selera), cabe rawit (sesuai selera), dan penyedap rasa Ajinomoto.


Saat semua bahan ini siap, mama perlu mencucinya dan memblendernya hingga benar-benar halus. 


Cara Membuat Mangut Lele

Nah, setelah semua bahan utama dan bumbu tersedia dan telah diolah, maka inilah saat yang menentukan. Pertama-tama, mama perlu membersihkan lelenya hingga benar-benar bersih, pastikan lendir yang biasanya ada pada tubuh lele bersih seluruhnya agar tidak menimbulkan bau amis saat dimasak. Goreng lele hingga setengah matang. 


Kedua, mulai tumis semua bumbu halus dengan minyak. Di bagian ini, masukkan juga daun salam, serai, dan lengkuas. Aduk-aduk hingga harum dan tidak langu.


Ketika bumbu halus telah siap, Mama bisa mulai memasukkan lele yang sudah setengah matang tadi. Masukkan juga cabe iris dan tomat. Banyaknya cabe dan tomat bisa disesuaikan dengan tingkat kepedasan yang disuka. Jangan lupa gula, garam, dan tentunya Ajinomoto. Agar rasa semakin yummy. Cek rasa ya, Ma.


Selanjutnya, mama tinggal menunggu sampai bumbu meresap & kuah agak mengental. Mangut lele siap disajikan.


Tips Mengolah Mangut Lele

Agar sukses memasak mangut lele, ada beberapa tips yang bisa mama ikuti. Sebagian dari tips ini sudah disebut di atas, Mama. Pertama, agar ikan lele tidak menghasilkan bau amis, maka cuci bersih lele hingga bersih dari lendirnya. Cara lain untuk membersihkan adalah dengan melumuri lele dengan jeruk nipis dan membiarkan sekitar sepuluh menit sebelum diolah.


Tips lainnya adalah agar ikan lele tidak meletus-letus saat digoreng, Mama bisa menaburkan sedikit tepung terigu kedalam minyak panas sebelum ikan digoreng.


Bagaimana Mama, mau membuat pengobat rindu? Tunggu apa lagi, segera ke pasar untuk membeli bahan dan ke dapur. Kalau di daerah Mama ada makanan khas apa yang selalu membuat rindu? Share resepnya di dapur umami yuk!