Cara Membuat Donat Lembut dan Mengembang Sempurna Anti Gagal!

Mama pernah bikin donat tapi adonannya bantet, teksturnya kasar, dan gagal mengembang? Nyesek pasti ya! Padahal, untuk membuatnya Mama perlu menghabiskan waktu berjam-jam.


Setelah membaca resep donat yang berisikan cara membuat donat empuk dan lembut sekaligus mengembang sempurna dari Dapur Umami ini, pengalaman tersebut menjadi salah satu yang nggak akan terulang lagi deh.


Jadi, Mama bisa lebih pede menyajikannya di meja makan keluarga.


Cara Membuat Donat Mengembang dan Lembut

Untuk dapat mendapatkan hasil donat yang diharapkan, ada tiga kunci yang perlu diperhatikan. Kalau semuanya Mama praktekkan, Dapur Umami yakin donatnya pasti sesuai harapan!


1. Sebelum buat Adonan, Pastikan Raginya Aktif

Bahan donat jumlahnya banyak. Tapi, ragi punya peran penting karena berfungsi untuk membuat adonan menjadi kembang bahkan bisa mengembang dua kali lipat.


Hanya saja, sekedar mencampurkan ragi dalam adonan donat saja tidak cukup. Mama perlu memastikan terlebih dahulu bahwa ragi masih aktif. Alasannya, ragi yang terlalu lama disimpan atau sudah masuk masa kadaluarsa, fungsinya bisa berkurang bahkan non-aktif.


Untuk menguji aktif atau tidaknya, Mama bisa mencampurkan ragi ke dalam air hangat yang juga berisi sedikit gula (boleh menggunakan gula pasir). Lalu, aduk rata dan biarkan sekitar 5 - 10 menit. Ingat, jangan malah pakai air panas, karena ini malah bisa mematikan fungsi ragi. 



Kalau air tersebut menjadi berbusa, tandanya Mama bisa gunakan raginya. Kalau tidak, artinya raginya harus Mama ganti. 


2. Perhatikan Penggunaan Tepung dan Jangan Lupakan Mentega



Cara membuat donat lembut kuncinya ada di tepung dan mentega.


Untuk tepung, ini adalah adonan utama donat. Dalam khazanah baking, ada dua jenis tepung yang bisa jadi pilihan saat membuat donat, yakni tepung protein sedang dan protein tinggi.


Untuk hasil yang ideal, sebaiknya campur kedua jenis tepung dengan perbandingan 2 (sedang) : 3 (tinggi) dalam satu adonan. Kalau hanya pakai yang sedang, tekstur nya akan terlalu lembut. Sebaliknya kalau hanya yang tinggi, adonan akan terlalu membal. 


Sementara itu, menambahkan mentega saat menguleni adonan, akan melembutkan struktur gluten, membuat adonan lebih mengkilap, serta menambah rasa.


3. Uleni dengan Benar



Adonan yang diuleni, umumnya terdiri dari tepung terigu, ragi, gula, serta telur. Ketika semua sudah tercampur, proses menguleni bisa Mama mulai sambil menambahkan air sedikit demi sedikit.


Ketika adonan sudah tercampur, barulah masukan margarine dan garam. Ingat, jangan sampai menambahkan garam ketika adonan belum terbentuk, karena ia bisa memperlambat kerja ragi. 

Ini adalah cara membuat donat lembut dan empuk tanpa mixer. Mama tetap akan berhasil, asalkan sabar menguleni sampai kalis.


Untuk mengetahui adonan kalis atau belum, tandanya tekstur nya sudah elastis, atau ketika Mama sentuh, adonan dengan sendirinya kembali ke bentuk awalnya.


Kalau sudah kalis, diamkan dulu adonan sambil menutupinya dengan lap bersih. Proses mendiamkan ini tujuannya memberikan waktu agar adonan semakin mengembang dan lembut. Selanjutnya, bentuklah adonan sesuai selera.


4. Hati-hati saat Menggorengnya



Sukses membuat adonan bukanlah ujung dari perjuangan membuat donat yang sempurna, Ma! Saat menggoreng donat, Mama juga perlu memperhatikan berbagai hal penting agar celah gagal tertutup 100%.


Mulai dari minyak, panaskan minyak dan pastikan minyaknya banyak supaya matang nya merata. Untuk setelan kompor, gunakan api kecil supaya donat tidak cepat hangus. 


Terakhir, saat adonan sudah masuk wajan, cukup balikkan 1 kali saja. Terlalu banyak membalik, bisa membuat kandungan minyaknya semakin banyak. Maka, agar timing membaliknya tepat, Mama intip dulu tingkat kematangan donat bagian bawahnya.


Resep Membuat Donat Juara Lomba Dapur Umami

Kalau sudah tahu kunci membuat adonan dan menggorengnya, selanjutnya sangatlah mudah. Ada banyak variasi topping yang bisa Mama gunakan untuk menemani kelezatan adonan donat.


Tapi, Dapur Umami punya satu resep rekomendasi donat untuk Mama. Resep ini merupakan kiriman pembaca yang menjuarai Lomba Kreasi Menu Si Kecil Dapur Umami. Namanya,Sandwich Donat Ayam Teriyaki



Untuk adonan, cara membuatnya kurang lebih sama. Bedanya dua. Pertama, adonan bentuk bulat namun tak perlu dilubangi. Kedua, adonan perlu Mama celupkan ke kocokan telur serta melapisinya dengan tepung roti.


Adapun isian sandwichnya, tumis bawang bombay, bawang putih, minyak wijen, ayam cincang serta SAORI® Saus Teriyaki. Jangan lupa siapkan juga potongan tomat, timun, serta selada.


Selain rasanya enak, tampilan donat ini juga good looking dan menggugah selera. Siap-siap aja gak kebagian karena donatnya habis sama anak-anak dan suami. Jadi, kalau bisa bikin yang banyak ya!