Camilan Berbahan Dasar Buah Bit, Sehat Dan Enak

Dalam artikel ini kita akan mengolah camilan dari bahan yang berbeda ya, Ma. Karena cemilan yang biasa hanya berbahan tepung tepungan kadang membuat kita bosan.


Camilan kali ini akan berbahan dasar dan banyak menggunakan buah bit. 


Iya betul, salah satu jenis umbi-umbian yang berwarna merah ini lazimnya memang dimanfaatkan sebagai makanan utama.


Walaupun belum banyak yang tahu dalam pengolahannya, namun kali ini kita akan memanfaatkannya sebagai camilan. Simak artikel ini terus ya, Ma.


Keripik Sehat Buah Bit

Kalau pengen ngemil tanpa rasa bersalah, buat keripik berbahan buah bit ini saja, Ma. Cara membuatnya cukup mudah.


Pertama, Mama cukup iris tipis buah ini (atau bisa juga gunakan alat iris keripik). Kemudian, panaskan oven terlebih dahulu, tata irisan buah bit ini ke dalam loyang. 


Beri minyak zaitun, garam, merica dan sedikit MASAKO® rasa ayam untuk memperkuat cita rasa pada buah bit yang sudah ditata.


Panggang irisan-irisan ini dalam oven hingga menjadi keripik buah. Simpan keripik ini pada toples kosong yang kering. Untuk menambah rasa gurih pada keripik ini, Mama juga bisa menambahkan taburan keju. Keripik sehat ini sangat murah dan mudah untuk dibuat bukan?


Klepon Lumer Buah Bit

Bila biasanya klepon identik dengan berbahan tepung ketan yang berwarna hijau dari pandan, maka pada resep kali ini kita akan membuat cemilan berupa kue tradisional, klepon lumer berbahan buah bit. Jadi klepon yang dihasilkan nantinya juga akan menarik, berwarna merah.


Untuk bahan, yang perlu disiapkan adalah tepung ketan dan tepung beras dengan perbandingan 2:1.


Selain itu, kita butuh jus buah bit (yang dibuat dari buah bit rebus yang diblender dengan sedikit air). Sebagai isian, siapkan gula merah yang sudah disisir halus. Terakhir, tentu saja Mama butuh kelapa parut yang sudah dikukus sebelumnya.


Untuk membuatnya, campurkan tepung ketan, tepung beras, dan jus buah bit ini hingga rata. Pastikan adonan klepon tidak terlalu lembek, hanya sampai bisa dipulung dan dibulatkan saja. Ambil secubit adonan, masukkan gula merah yang sudah disisir halus. 


Rebus klepon ke dalam air yang telah mendidih. Tunggu hingga klepon ini muncul di permukaan, tanda sudah matang. Gulingkan klepon ke dalam parutan kelapa, klepon lumer yang berwarna cantik ini siap dinikmati sebagai cemilan sore ataupun saat Mama arisan.


Donat Menul Buah Bit

Camilan lain yang dapat kita olah dari buah bit yakni kue donat. Mama perlu siapkan buah bit yang berukuran sedang, sekitar 200 gram untuk dikukus dan kemudian blender hingga halus. Tepung terigu berprotein tinggi, satu butir telur, gula pasir, margarin, dan juga ragi instan.


Campurkan semua bahan kecuali buah bit yang sudah diblender, setelah adonan tercampur rata baru masukkan buah bit ini sedikit demi sedikit. Uleni adonan donat ini hingga kalis, diamkan selama kurang lebih 30 hingga 45 menit, tutup rapat dengan serbet atau kain yang basah.


Cetak atau bentuk donat, diamkan lagi selama 30 menit dan kemudian goreng donat. Goreng donat menul buah bit ini dengan minyak banyak dan api sedang. Beri topping favorit Mama dan keluarga.


Setelah membaca resep camilan dari buah bit ini Mama ingin mempraktekkan yang mana nih, Ma? Camilan diatas selain enak juga less guilty kok. Selamat mencoba di dapur Mama.