Berbagai Cara Membuat Olahan Kecombrang

Kecombrang atau biasa juga dikenal sebagai honje ini memang sudah biasa dimanfaatkan untuk bumbu masakan. Mama bisa mendapatkan bunga kecombrang ini baik di pasar tradisional maupun supermarket. Tapi, selain sebagai bumbu, kecombrang yang berasa sepat dan asam ini bisa lho dimasak dengan berbagai cara. 


Oh ya, perlu dicatat pertama-tama: kecombrang ini kaya akan manfaat berkat kandungan antioksidan dan antibakteri yang tinggi. Karenanya, dia bermanfaat untuk penyembuhan luka dan pengontrol tekanan darah yang baik untuk tubuh. 


Di artikel ini akan membahas lengkap olahan kecombrang untuk menu utama hingga untuk sambal yang nikmat. Simak hingga selesai ya ma!


Nasi Goreng Teri Kecombrang

Membuat nasi goreng teri kecombrang cukup mudah ya ma. Mama perlu bahan utama nasi putih dan bunga kecombrang muda yang diiris halus memanjang. Untuk bumbu halusnya, Mama perlu bawang merah, bawang putih, cabe keriting merah, cabe rawit, dan kemiri. 


Bahan yang dihaluskan tersebut bisa Mama ganti dengan SAJIKU® bumbu nasi goreng untuk mempersingkat waktu dan rasa yang pas. Teri medan yang sudah dicuci dan digoreng kering. Bahan lain yang tidak boleh ketinggalan tentu saja, SAORI® saus tiram gula,dan garam.


Cara membuatnya sama dengan cara membuat nasi goreng biasa kok Ma. Tumis semua bahan yang telah dihaluskan untuk mengeluarkan harum dan matang. Masukkan bunga kecombrang dan tumis dengan bumbu hingga layu. Bila sudah, masukkan nasi putih dan teri medan yang telah digoreng. 


Bumbui dengan SAORI® saus tiram, gula dan garam. Test rasa dan aduk hingga nasi goreng matang. Nasi goreng teri kecombrang dengan wangi yang khas ini bisa dinikmati dengan acar mentimun dan kerupuk. Kurang lebih 10 menit - 15 menit untuk membuatnya.


Ayam Kuah Pedas Kecombrang Yang Nendang

Ayam kuah pedas kecombrang ini cocok untuk sajian makan siang keluarga Mama yang sayang untuk dilewatkan. Bahan utama tentu saja ayam yang telah dimarinasi dengan jeruk nipis dan garam, bunga kecombrang yang sudah diiris halus memanjang.


Untuk bahan yang dihaluskan Mama memerlukan bawang merah, bawang putih, cabe rawit merah, cabe keriting merah, kemiri, sedikit kunyit, dan jahe. Bahan pelengkap berupa daun sereh, daun salam, daun jeruk, santan encer, gula, garam, dan tentu saja AJI-NO-MOTO®.


Salah satu cara membuat ayam kuah pedas ini yakni Mama goreng setengah matang ayam yang sudah dimarinasi, sisihkan terlebih dahulu. Tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan bumbu pelengkap hingga harum dan matang. Masukkan ayam dan bunga kecombrang> aduk bersama bumbu hingga ayam matang dan empuk. 


Terakhir masukkan santan dan tes rasa untuk memastikan rasanya pas dan pedas nendang. Ayam kuah pedas kecombrang ini siap disajikan dengan taburan bawang goreng.


Sambal Matah Kecombrang

Sambal matah biasa tentu sudah tidak asing tersaji di meja makan Mama. Namun, kali ini kita akan membuat sambal matah dengan tambahan kecombrang. Cara membuat sambal ini pun sangatlah mudah. 


Mama hanya perlu memotong tipis semua bahan ini: bunga kecombrang, bawang merah, cabe rawit merah dan hijau, daun jeruk nipis (buang tulang daunnya), dan serai (ambil bagian putihnya saja). 


Untuk cara membuatnya, Mama panaskan sedikit saja minyak kelapa dan terasi hingga matang. Tuangkan kedalam bahan yang sudah di iris tipis, tambahkan garam, lada, dan sedikit AJI-NO-MOTO®. Aduk hingga rata. Sambal matah kecombrang siap dinikmati.


Kecombrang yang kaya manfaat ini siap diolah untuk berbagai menu makanan yang siap Mama praktekkan ketika beraksi di dapur sesuai selera. Semoga bermanfaat, Ma!