Baru Belajar Masak? Simak 2 Tips Penting Ini!

Tips penting untuk cara belajar masak hingga bumbu yang harus disiapkan untuk pemula.


Masak memang sebuah kegiatan yang bisa dibilang susah-susah gampang. Tentu saja ada tingkatannya sendiri dalam hal memasak, mulai dari hidangan yang mudah hingga yang sulit. Selain itu, selera orang pun berbeda-beda soal pengolahannya. Ada yang menyukai makanan digoreng, ditumis, direbus, ataupun dikukus. 


Untuk menyenangkan keluarga tercinta, Mama pasti selalu berusaha memberikan yang terbaik termasuk saat menghidangkan makanan. Mungkin banyak Mama yang masih bingung bagaimana cara belajar masak untuk pemula. Tak perlu bingung dan gundah! Berikut ini tips penting dan jitu yang bisa Mama lakukan. 


1.Belajar Masak dari Video YouTube

Di masa pandemi sekarang ini pasti sulit mengikuti kursus atau les masak, dan meminta diajarkan oleh teman atau kerabat pun rasanya masih tidak mungkin. Oleh karena itu, cara paling mudahnya adalah menonton tutorial yang ada banyak di YouTube. Bahkan, rata-rata chef terkenal di seluruh dunia termasuk Indonesia sudah mempunyai YouTube channel-nya sendiri. 


Mama bisa belajar berbagai jenis makanan dari masakan Nusantara hingga Mancanegara. Ada beberapa chef yang selalu memberikan tips dan cara masak yang mudah dan tidak terlalu membutuhkan usaha yang besar, tetapi hasil hidangannya memiliki cita rasa yang enak. Jika Mama sudah mencoba satu resep saja dan Mama berhasil, pasti Mama akan terus ingin mencoba berbagai menu lainnya. Jadi jangan ragu untuk mencoba! 


2.Siapkan Bumbu-bumbu Penting

Tips selanjutnya adalah bagi Mama untuk mempersiapkan bumbu-bumbu penting di dapur. Hal ini menjadi penting karena dengan tersedianya bumbu-bumbu, maka akan mempermudah Mama saat proses masak berlangsung. Pasti tidak asyik lagi kalau Mama sedang masak, tapi tiba-tiba baru sadar bahwa ada bumbu yang tidak Mama miliki. 


Meskipun terlihat sepele, tetapi jika tidak memasukan salah satu bumbu ke dalam masakan pasti akan terasa kurang maksimal. Nah, ini adalah bumbu yang wajib Mama punya: garam, gula, bawang merah, jeruk nipis, daun salam, bawang putih, bawang bombay, lengkuas, cabai, merica, dan penyedap rasa.  


Jika Mama bingung memilih penyedap rasa yang cocok, Mama bisa mencoba Aji-no-moto yang sudah ada sejak tahun 1909. Aji-no-moto memiliki cita rasa yang dinamakan “umami” yang artinya mempunyai rasa kelima selain rasa asin, manis, pahit, dan asam. Mama bisa mendapatkan cita rasa yang lengkap hanya dari satu penyedap rasa. 


Setelah membaca dua tips masak untuk pemula di atas pastinya Mama akan merasa lebih percaya diri untuk memulai masak. Mama bisa memilih contoh hidangan yang paling mudah untuk ditiru dan jangan lupa untuk menyiapkan bumbu-bumbu yang diperlukan, seperti bawang merah, jeruk nipis, dan daun salam ya!


sumber:https://www.freepik.com/free-photo/couple-cooking-from-online-courses_8399963.htm