Bagaimana Tempe-Tahu Merajai Resep Makanan Sehari-hari

Resep masakan sehari hari kali ini akan sangat berguna bagi Mama, karena bahan-bahan yang digunakan sangat mudah dan tentu saja harganya murah. Tempe dan tahu adalah duo makanan yang berbahan baku dari kacang kedelai, manfaat dan kandungan dari makanan ini tidak main main. Membuatnya kira-kira 30 menit loh, Ma.


Pada artikel kali ini Mama dapat menirukan resep masakan rumah berbahan dasar tahu tempe yang lain dari biasanya, inspirasi untuk masakan di dapur Mama.


Kalau ada yang merajai resep makanan sehari-hari di Indonesia, tempe pasti salah satunya


Nugget tahu sayur

Nugget menjadi penyelamat Mama di waktu sedang terburu buru, dan bisa juga digunakan sebagai bekal sekolah si Kakak. Namun nugget yang biasa kita beli di pasaran tentu mengandung banyak pengawet. Sehingga untuk menyiasatinya Mama bisa membuat sendiri dengan bahan yang lebih menyehatkan, salah satunya dengan membuat nugget tahu sayur. 


Untuk membuatnya Mama hanya perlu cuci bersih lalu menghaluskan tahu, mencincang kasar wortel dan brokoli, agar nugget ini semakin kaya akan vitamin. Untuk bumbu yang digunakan, bawang putih, daun bawang, telur, terigu garam, merica dan tentunya Masako® rasa ayam. 


Untuk membuatnya Mama hanya perlu mencampurkan semua bahan, dan mengukusnya ke dalam loyang. Setelah dingin, nugget siap dipotong dan dilumuri dengan tepung panir. Nugget ini sama dengan nugget kemasan, yakni bisa tahan lama bila disimpan di kulkas. Bila ingin menikmatinya, Mama tinggal menggoreng di minyak panas. 


Untuk resep nugget tahu yang lainnya Mama bisa cek resepnya di Dapur Umami.


Tempe katsu

Resep tempe katsu ini sangat ekonomis, dan rasanya tidak kalah dengan ayam katsu. Dan, dengan waktu masak sebentar, resep ini cocok saat Mama hanya punya waktu 10 menit. Untuk bahannya, siapkan 4 potong tempe yang sudah dikukus setengah matang, bawang putih, tepung panir, merica, garam, dan bumbu umami, AJI-NO-MOTO®. 


Haluskan tempe yang sudah dikukus tadi dengan ulekan, atau Mama juga bisa menggunakan chopper, dan campur semua bumbu. Bentuk bulat pipih adonan tepung katsu, masukkan kedalam Sajiku® yang telah dilarutkan sedikit air, gulingkan di tepung panir. Ulangi hingga adonan tempe katsu habis. 


Selanjutnya Mama tinggal menggoreng tempe katsu ini, siap dihidangkan hangat hangat dengan saus.


Tahu bulat kresh

Tahu bulat kali ini tidak digoreng dadakan dan dijual limaratusan. Tahu bulat homemade ini tentu terjaga kualitas kebersihannya dan kresh bila dimakan. Mama persiapkan dua bahan saja, tahu putih ( hancurkan dan peras hingga kering ) dan telur. 


Campurkan tahu, telur, bawang putih bubuk, garam, lada dan Masako® rasa ayam, lalu bentuk bulat hingga adonan habis. Goreng di minyak panas, sajikan tahu bulat yang kressshh ini hangat- hangat beserta saus cocolan.


Apa masih ada resep makanan sehari-hari tidak lazim yang semudah ini cara membuatnya? 


Semur tempe

Semur tempe bisa jadi lauk pilihan yang disukai semua anggota keluarga Mama, karena rasanya yang gurih dan cenderung manis. Bahan yang diperlukan adalah tentu saja tempe sebagai bahan utama, bawang merah, bawang putih, pala, dan merica. Masukkan cabai rawit bisa ditambahkan sesuai selera.


Yang pasti bikin Mama happy adalah: cara membuatnya mudah saja. Masukkan semua bahan bumbu ke blender dan haluskan. Atau, kalau tidak ada, Mama bisa menguleknya hingga halus. Setelah itu tumis bumbu halus seperti bawang putih, bawang merah, dan semua bahan yang sudah jadi bumbu halus tadi hingga harum lalu masukkan tempe yang telah dipotong, kecap manis, dan tentunya untuk menambah rasa Mama bisa masukkan SAORI® saos tiram, dan sedikit air, tes rasa terlebih dahulu, bila sudah pas biarkan matang. 


Saat sudah matang masukkan gula pasir dan garam sesuai selera. Semur tempe ini siap menjadi teman nasi hangat. Kalau ingin, Mama bisa juga menambahkan daging ayam saat memasak semur satu ini.


Mama sudah menemukan ide dan inspirasi baru untuk olahan ini kan? Semoga bermanfaat.