Artikel & Tips Apa Sate Kambing Punya Khasiat Kesehatan? Tentu
Apa Sate Kambing Punya Khasiat Kesehatan? Tentu

Apa Sate Kambing Punya Khasiat Kesehatan? Tentu

29 Sep 2022, 09:09

Konon ada dua jenis manusia pemakan daging di dunia ini, satu kelompok penggemar sate kambing dan kelompok lainnya penggemar sate ayam. Nah, postingan kali ini buat tim sate kambing yang selalu mencari cara menikmati daging merah ini dengan cara-cara yang tetap menjaga kenikmatannya. 


Sate kambing ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Tantangannya adalah tentu saja menjaga kekhasan cita rasa daging kambing dengan khas sambil juga membuat daging ini terasa empuk. Dan tentu saja selalu perlu cara termudah untuk menyiapkannya. 


Mama yang punya keluarga penggemar sate satu ini pasti pernah melihat beberapa koleksi resep sate kambing di Dapur Umami yang mudah baik dengan bantuan SAORI maupun MASAKO. Intinya, membuat sate kambing dengan sejuta variasinya kini mudah. 


Yang mungkin belum banyak diketahui adalah bahwa banyak khasiat kesehatan yang bisa kita peroleh dengan memakan daging kambing. Apa saja itu? 


Khasiat Daging Kambing

Yang pertama tentu saja khasiat yang ada di dalam daging kambing itu sendiri. Daging merah ini selain lezat juga memiliki sejumlah khasiat yang tak dimiliki banyak daging lain. Berikut beberapa khasiat yang bisa kita catat: 


1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Dalam daging kambing kita bisa temukan senyawa selenium. Menurut bagian penelitian, selenium memiliki peran yang besar dalam meningkatkan antibodi. Dengan antibody yang bagus, tubuh kita jadi punya daya tahan menghadapi virus. 


Setelah melewati pandemi, Mama pasti sudah sangat peduli tentang pentingnya kekebalan tubuh.


2. Meningkatkan energi

Satu hal lagi yang diakui banyak orang adalah bahwa daging kambing adalah sumber energi yang sangat bagus. Dengan paduan yang seimbang antara kalori, lemak, dan protein, daging kambing adalah sumber energi yang cukup efektif. 


Tentunya ini jadi alasan untuk bergerak badan setelah makan sate kambing ya, Ma. 


3. Mengurangi risiko nyeri haid

Nah, yang satu ini buat Mama yang sering mengalami nyeri haid. Salah satu penyebab utama nyeri haid adalah karena kurangnya zat besi. Hal ini ditegaskan oleh situs kesehatan Healthshot. Oleh karena itu, konsumsi makanan yang kaya zat besi secara rutin adalah salah satu cara mencegah nyeri ini. 


Tentu masih ada banyak khasiat daging merah satu ini. Tapi, mari kita lanjutkan ke elemen penting lain dari sate kambing.


Khasiat Bawang Merah Mentah

Sementara itu, untuk bawang merah yang biasanya menemani daging kambing, ada banyak juga khasiat yang ditawarkan. Mari kita lihat beberapa yang saling mendukung dengan daging merah kita kali ini. 


Bawang merah mentah yang kaya khasiat

1. Menurunkan kolesterol

Bawang merah mentah memiliki kandungan flavonoid yang menurut situs Healthline bisa berperan sebagai zat pencegah peradangan, antioksidan, pencegah pertumbuhan sel, dan mencegah kanker. Kemampuan antioksidan inilah yang disebut-sebut dapat mencegah terjadinya penumpukan kolesterol jahat. 


2. Pengendali kadar gula darah

Satu kemampuan yang dimiliki oleh bawang merah mentah adalah mendorong terciptanya insulin dalam sel. Dengan adanya insulin, gula darah dalam sel bisa termanfaatkan dan tidak sampai terjadi penumpukan. Penumpukan inilah yang akhirnya mengarah kepada kondisi gula darah. 


3. Mendukung kerja otak

Nah, untuk yang satu ini, Mama mana yang tidak ingin selalu mencari cara meningkatkan kerja otak buah hati. Betul tidak, Mama? Bawang merah memiliki satu jenis senyawa bernama fisetin yang dapat mendorong ingatan jangka panjang. Hal ini diakui oleh sebuah situs latihan memori jangka panjang yang juga menyatakan bahwa fisetin adalah salah satu zat yang bisa dipakai untuk mencegah alzheimer. 


Dengan berbagai khasiat yang ditawarkan oleh daging kambing dan bawang merah mentah ini, pastinya Mama jadi tidak ragu lagi bahwa sate kambing adalah hidangan yang tak hanya lezat tapi juga sehat. Banyak nilai kesehatan yang terkandung dalam hidangan favorit keluarga ini. 


Bersate kita sehat!

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.