Artikel & Tips Apa Resep Burger yang Bikin si Kecil Terus Nambah?
Apa Resep Burger yang Bikin si Kecil Terus Nambah?

Apa Resep Burger yang Bikin si Kecil Terus Nambah?

29 Sep 2022, 09:09

Burger atau hamburger adalah salah satu makanan barat yang sudah cukup lama populer. Namun, kalau dulu burger hanya dijual di restoran waralaba multinasional, sekarang burger dijual di mana-mana. Resep burger pun kini sudah dikenal nyaris Mama semua. Namun, tahukah Mama resep burger apa yang paling digemari si kecil? 


Mari kita coba kenali beberapa resep burger yang pasti bikin si kecil terus nambah. Eh, kenapa begitu? Alasannya adalah karena burger yang akan kita lihat ini sangat lezat tetapi tidak biasa. Pastinya si kecil bisa terhindar dari kebosanan ketika menikmati burger kita ini. 


Resep Burger Teriyaki

Mari kita awali dengan yang tidak terlalu berbeda dengan burger yang kita kenal. Maksudnya di sini adalah burger yang menggunakan roti. Tapi, meski dari luar tampak sama, isinya pasti berbeda! Betul, isinya adalah sapi teriyaki.


Kabar baiknya adalah burger yang satu ini mudah sekali membuatnya. 

Pertama-tama, siapkan dulu bahan-bahannya. Untuk membuat burger dengan ukuran yang mengenyangkan , siapkan 2 tangkep roti burger (bun), 200 gr daging cincang, ¼ buah bawang bombay yang dipotong dadu. Untuk bahan sausnya, siapkan 2 buah jamur hioko dan 2 bungkus SAORI® Saus Teriyaki. Untuk menggorengnya, siapkan minyak goreng secukupnya. 


Untuk membuat isinya, campurkan daging cincang, bawang bombay, dan 1 bungkus SAORI® Saus Tiram. Aduk hingga tercampur hingga rata. Untuk ukuran resep ini, kita bisa membuat 2 patty. Seperti biasanya dalam membuat patty, pertama bulatkan dulu hingga cukup padat. Baru kemudian pipihkan. 


Selanjutnya, panaskan minyak di atas wajan dan goreng patty hingga berubah warna dan cukup mengeras.

Bagian kedua adalah membuat saus jamur hioko. Untuk itu, panaskan sedikit minyak dan masukkan jamur hioko sekaligus dengan 1 bungkus SAORI®. Tumis sebentar hingga tekstur jamur hioko terasa lunak dan cocok untuk dijadikan saus. 


Setelah kedua bahan siap, sekarang taruh patty dari sapi teriyaki tadi pada roti dan kemudian tuangkan saus hioko yang masih hangat itu di atasnya. 

Nah, coba berikan kepada si kecil. Biarkan dia mengunyah dan merasakan rasa teriyakinya. Dijamin dia pasti minta lagi ke Mama. 


Burger Mie Ayam

Nah, yang kedua ini baru benar-benar resep burger yang tidak biasa. Kali ini, dari luar pun kita bisa melihat betapa tidak biasanya burger mie ayam ala Dapur Umami yang satu ini. Kalau burger umumnya menggunakan roti sebagai sumber karbohidratnya, burger yang satu ini menggunakan mie!


Resep burger mie ayam ini ternyata simpel


Untuk membuat ini, ada tiga proses yang harus diikuti, yaitu membuat “roti,” membuat patty, dan menyiapkan burger. Bahannya juga cukup sederhana, yaitu 2 butir telor, 200 gr mie rebus, minyak goreng secukupnya, ayam fillet, 100 gr bungkus SAJIKU® Tepung Bumbu, ½ tube Mayumi 190 gr, 4 lembar selada dan tomat.


Mari kita awali dengan tahap pertama: membuat “roti.” Sebenarnya ini bukan roti, tetapi lebih pada membuat bagian tepinya. Yang kita butuhkan adalah mie rebus dan telor. Campurkan semua mie rebus dengan telor. Kemudian, bagi adonan menjadi 4 bagian dan goreng satu per satu hingga berwarna sedikit kecoklatan dan cukup kering. Di sini kita sudah punya sumber protein untuk burger kita.


Habis itu, Mama bisa siapkan patty-nya. Yang dibutuhkan cuma mencampurkan ayam fillet dengan SAJIKU® Tepung Bumbu dan kemudian menggorengnya hingga matang dan warnanya kecoklatan. 


Terakhir, Mama bisa menatanya ala chef burger profesional kegemaran anak-anak, si SpongeBob Squarepants. Mie telur, selada, ayam, tomat, selada, dan mie telur lagi. Tambahkan Mayumi di sela-selanya sesuai selera. Kalau si kecil lebih suka saus, Mama bisa tambahkan. 


Bagaimana menurut Mama? Tidak sulit sama sekali bukan resep burger favorit anak-anak ini? Setidaknya, seminggu sekali Mama bisa coba buat kedua burger anti-mainstream ini buat mereka si kecil. 


Selain si kecil jadi suka nambah makan siangnya, Mama juga pastinya bisa hemat waktu persiapan di pagi hari, bukan? 

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.