Artikel & Tips Aneka Macam Kue Basah Jajanan Pasar Tradisional untuk Jualan
Aneka Macam Kue Basah Jajanan Pasar Tradisional untuk Jualan

Aneka Macam Kue Basah Jajanan Pasar Tradisional untuk Jualan

17 Nov 2022, 18:11

Indonesia punya aneka macam kue basah jajanan pasar yang bisa jadi ide untuk jualan, diantaranya bolu kukus, kue talam, dan lain-lain. Hampir semua punya cita rasa manis dan lembut di mulut.


kebanyakan macam kue basah khas indonesia Disebut jajanan pasar karena kue-kue ini biasanya dijajakan di pasar tradisional dengan harga ramah kantong. Hebatnya, di tengah gempuran makanan kekinian, bisnis aneka kue basah jajanan pasar masih mampu bertahan.


Tertarik mencoba jualan kue basah khas Indonesia? Dapur Umami punya beberapa rekomendasinya buat Mama.


Aneka Macam Kue Jajanan Pasar Indonesia

Setiap daerah memiliki kue basah khasnya masing-masing. Berikut beberapa contoh nama kue basah dan gambarnya yang bisa jadi inspirasi Mama berjualan.


1. Klepon

ferlistockphoto from Getty Images


Klepon berasal dari Jawa, tetapi Mama mungkin pernah menemukan makanan ini di daerah lain dengan nama yang berbeda.


Ciri-ciri klepon berbentuk bulat hijau dari daun pandan, kenyal, bertabur kelapa, dan saat Mama menggigitnya akan keluar gula. 

Perpaduan tekstur kenyal-empuk dan kejutan manis di dalamnya itu sangat menyatu di mulut. Inilah yang bikin klepon populer di mana-mana.


2. Serabi

ridzky setiaji from Getty Images


Jajan pasar rekomendasi selanjutnya adalah serabi, kue yang bisa dibilang sebagai pancake versi tradisional. Bentuknya memang mirip, tetapi bahan-bahannya berbeda. 


Ada dua jenis serabi yang terkenal yaitu ciri khas Bandung dan Solo. Cara memasak dan penyajian keduanya agak berbeda.

Serabi Bandung rata-rata masih menggunakan tungku tanah liat, sedangkan serabi Solo dimasak dengan wajan. Penyajian serabi Bandung pun masih lebih tradisional ketimbang serabi Solo.

Kalau Mama mau mencoba variasi lainnya, silakan coba resep serabi jagung.


3. Pukis

Febyan dwi Lesmana from Getty Images


Pukis termasuk aneka macam jajanan pasar yang sudah dimodernisasi. Buktinya, banyak yang menjual kue ini di pusat perbelanjaan modern.

Wujud pukis seperti kue pancong, tetapi terbuat dengan adonan tepung terigu, sedangkan pancong dari campuran tepung beras.


Adonan dimasukkan ke cetakan setengah bulat, kemudian disajikan dengan berbagai macam topping manis. Cocok untuk ide jualan Mama.

Dulunya, pembuat pukis adalah pemuda Kebumen yang disekap di zaman penjajahan. Mereka kemudian berhasil kabur dan mendapatkan resepnya.


4. Dadar Gulung

sri widyowati from Getty Images


Banyak jajanan pasar yang menggunakan kulit tipis dengan isian, salah satunya dadar gulung. Sekilas, bentuknya mirip lumpia goreng, ya?

Jenis kue basah yaitu dadar gulung ini, umumnya berwarna hijau. Isiannya berupa campuran parutan kelapa dan gula merah dengan selimut kulit tepung dan memiliki tekstur lembut.


Warna hijaunya berasal dari daun suji. Akan tetapi, sekarang banyak juga penjual kue yang membuat dadar gulung warna warni untuk menarik pelanggan.


5. Pisang Rai

Ika Rahma - Free for Canva


Macam-macam kue basah tradisional yang populer tak hanya dari Pulau Jawa saja, tapi dari berbagai sumber di Indonesia. Ada juga jajanan tradisional terkenal dari Bali, yaitu pisang rai. Nikmat sekali menyantapnya di pagi hari sambil ngopi atau ngeteh.


Jajanan pisang rai banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional Bali, tetapi Mama juga bisa membuatnya sendiri dengan mudah.

Bahan bakunya bisa pisang raja, pisang tanduk atau pisang kepok. Kalau mau, Mama bisa juga pakai pisang ambon, namun pilih yang sudah cukup tua.


Sementara adonan yang menyelimuti pisangnya terbuat dari tepung beras dan tapioka. Jangan lupa tambahkan taburan kelapa agar rasanya semakin kaya.


6. Bika Ambon

MielPhotos2008 from Getty Images


Meskipun asalnya dari Medan, tetapi bika ambon gampang sekali ditemukan di penjual kue seluruh Indonesia. Kata “ambon” sendiri sebenarnya merepresentasikan “halus” dalam bahasa Medan.

Yang tidak banyak orang tahu, kelembutan dan kenikmatan autentik bika ambon ternyata berasal dari proses pembuatannya yang menghabiskan waktu hingga 12 jam.


Proses panjang itu menghasilkan tekstur jaring-jaring yang khas dan basah. Mama nantinya bisa menjual bika ambon dengan macam-macam varian rasa.

Selain kue basah, sebenarnya banyak juga makanan kering dan gorengan tradisional. Sebagai contoh risol ayam dengan mayo, yang belakangan sedang viral. Semoga aneka macam kue basah jajanan pasar di atas bisa jadi inspirasi Mama untuk mulai jualan.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.