Artikel & Tips 7 Bahan untuk Membuat Sushi Rumahan Khas Lidah Indonesia
7 Bahan untuk Membuat Sushi Rumahan Khas Lidah Indonesia

7 Bahan untuk Membuat Sushi Rumahan Khas Lidah Indonesia

17 Nov 2022, 12:11

Bikin sushi di rumah ternyata mudah asal tahu apa saja bahan untuk membuat sushi rumahan berikut.



Mencari bahan untuk membuat sushi roll rumahan memang gampang-gampang sulit. Yang membuat sedikit tricky adalah menemukan beberapa bahan yang terasa belum familiar, padahal salah satu makanan khas Jepang ini sudah lama digemari di Indonesia.


Namun, tak perlu bingung. Dapur Umami akan membagikan informasi tentang:

  • 7 bahan dan cara membuat sushi rumahan
  • kegunaan masing-masing bahan
  • di mana dapat membeli bahan sushi tersebut

Simak sampai habis, ya.


Nori



Nori merupakan sebutan dalam bahasa Jepang untuk rumput laut kering yang berbentuk lembaran. Tekstur lembaran nori rumput laut yang renyah dan rasanya yang sedap membuat nori banyak ditemukan dalam berbagai macam makanan Jepang.


Pada sushi, nori berguna sebagai hiasan dan memberikan rasa gurih yang lezat. Caranya dengan gulung sushi tersebut dengan nori. Karena itu, Nori merupakan bahan sushi rumahan yang wajib ada. Minimal siapkan satu lembar nori ketika ingin membuatnya. Jika berupa taburan, hidangkan sushi di atas nori saat ditaburi.


Saat ini, Mama sudah bisa menemukan nori di minimarket, supermarket, atau marketplace di Indonesia.


Beras Pulen


Nasi menjadi bahan utama resep sushi ala rumahan selanjutnya. Agar mudah membentuknya, pastikan Mama menggunakan jenis beras pulen, ya. 

Akan tetapi, Mama juga bisa memakai campuran beras ketan untuk menjaga tekstur sushi tetap lekat.


Contoh resep sushi rumahan dengan tambahan beras ketan seperti pada menu Sushi Roll Teriyaki berikut. Adapun yang murni pakai beras pulen seperti menu Sushi Roll Ayam Mayumi® ini.

Fungsi nasi tentu saja sebagai isian utama, sumber karbohidrat. Kalau yang ini sih, pasti Mama tahu di mana belinya, kan?


Ikan Tuna


Fillet tuna juga merupakan isian utama pada sushi. Biasanya, orang Jepang menggunakan jenis tuna sirip kuning atau tuna sirip biru.


Tuna untuk sushi asli biasanya masih mentah dan kurang cocok buat beberapa lidah Indonesia. Untuk itu, Mama bisa menggorengnya terlebih dahulu agar matang dan mudah diterima mulut dan perut.

Ikan tuna hampir selalu ada di pasar-pasar tradisional. Jadi, Mama nggak akan kesulitan mencarinya.


Ayam


Resep sushi asli memang menggunakan netaI (lauk) dari ikan laut. Namun, untuk resep sushi sederhana, Mama bisa menggunakan daging ayam sesuai selera. 


Terlebih lagi, daging ayam sangat akrab di lidah orang Indonesia. Jadi oke saja menggunakannya sebagai isian pengganti ikan laut. Contohnya adalah resep Sushi Roll ayam Mayumi® di atas. 

Selain ayam, Mama juga bisa memakai daging sapi seperti contoh resep Sushi Roll Teriyaki di atas. Baik daging ayam maupun sapi, banyak tersedia di pasar modern maupun tradisional.


Telur


Bahan sushi rumahan lain yang bisa Mama gunakan adalah telur. Biasanya telur dadar untuk isian sushi jenis maki (roll).


Akan tetapi, Mama juga bisa meletakkannya nasi di atasnya, baru digulung untuk membuat sushi jenis nigiri. Agar telurnya cukup tebal, Mama bisa mengikuti ala resep Sushi AJI-NO-MOTO® berikut. Mungkin butuh lebih dari 1 butir telur untuk membuatnya (tergantung porsi).


Kalau ini di warung sebelah pasti ada yang jual, jadi tak perlu bingung mencarinya.


Wortel


Resep sushi asli Jepang biasanya menggunakan irisan alpukat dan mentimun Jepang sebagai campuran isiannya. 

Namun, bagi orang Indonesia, alpukat mungkin kurang cocok dimakan bersama nasi, sedangkan mentimun Jepang agak sulit mencarinya. Maka dari itu, banyak yang memakai potongan wortel rebus atau timun segar sebagai penggantinya.


Mayumi®


Sushi asli Jepang biasanya menggunakan shoyu (kecap asin Jepang) dan wasabi sebagai saus pelengkapnya. Sayangnya, mencari bahan ini mungkin agak sulit di sekitaran warung-warung terdekat di rumah.


Untuk itu, Mama bisa menggunakan Mayumi® sebagai bahan sausnya namun mesti di aduk hingga rata. Rasa pedas pengganti wasabi bisa dari Mayumi® Pedas, sedangkan Mayumi® bisa jadi pengganti shoyu.

Jadi tak perlu bingung cari cara membuat nasi sushi tanpa cuka beras, Mama bisa gunakan Mayumi® Mayonnaise seperti resep Sushi Roll Ayam Mayumi® di atas. 


Mudah kan, menemukan 7 bahan untuk membuat potong sushi rumahan di atas? Jadi, Mama tak perlu pusing kalau ingin makan sushi. Tinggal ikuti saja resep lezat dari Dapur Umami, dijamin lezat dan nikmat.






Source of thumbnail: Making Sushi by Sima_ha
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.