Artikel & Tips 7 Bahan Makanan Diet Murah Meriah dan Ide Praktis Mengolahnya!
7 Bahan Makanan Diet Murah Meriah dan Ide Praktis Mengolahnya!

7 Bahan Makanan Diet Murah Meriah dan Ide Praktis Mengolahnya!

29 Jul 2022, 19:07

Tak perlu overthinking! Makanan diet itu gak perlu mahal, impor, dan eksklusif. Hal yang terpenting, nutrisinya bisa berkontribusi mendukung kesuksesan diet. 


Dapur Umami akan membantu Mama dengan memberikan daftar makanan makanan diet murah dan mudah Mama temukan di pasar terdekat.


1. Telur



Protein dan lemak dalam telur, bisa membuat tubuh Mama merasa kenyang lebih lama. Efeknya, hasrat untuk menyantap berbagai cemilan jahat yang mengganggu proses diet bisa tersendat. Oh ya, menariknya, telur bukan hanya membantu mengontrol kalori, tapi pada dasarnya kalorinya juga rendah lho, Ma!


Namun, Medical News Today menyarankan Mama untuk tidak mengolah makanan diet mudah didapat ini dengan tambahan bahan berlemak tinggi. Misalnya, mentega dan minyak.

Alternatifnya, Mama bisa mengolahnya dengan resep telur kukus jamur ala Masako® yang sudah Dapur Umami uji.


2. Pisang



Semua buah bagus kok untuk Mama yang sedang diet. Hanya saja, kalau kriterianya murah tapi gizinya meriah, yang paling Dapur Umami rekomendasikan adalah pisang. 


Selain membantu mengurangi nafsu makan lewat kandungan seratnya, pisang juga bisa mengurangi hasrat Mama untuk mengonsumsi gula olahan. Mama pasti tahu dong, kalori dari gula olahan itu umumnya sangat tinggi.


Dibanding buah-buahan lain, pisang juga lebih mudah Mama olah. Kalau bosan mengkonsumsinya secara langsung, ada berbagai rekomendasi variasi resep dengan bahan utama pisang yang Dapur Umami miliki. 


3. Kacang Merah



Meski harganya tak semahal almond, faktanya kacang merah tak kalah manfaatnya untuk diet. Kandungan serat serta protein di dalamnya, juga bisa menahan nafsu makan. FYI, serat memiliki reseptor yang fungsinya memberikan ‘sinyal’ pada otak agar berhenti makan pada waktu yang tepat.


Menariknya, membuat masakan berbahan makanan diet mengenyangkan ini sangatlah mudah. Di Indonesia, biasanya diolah menjadi sayur. 


Mama bisa mencoba sup kacang merah Masako® resep ala Dapur Umami. Tapi, kami sarankan jangan pakai daging ya, Ma!


4. Bayam



Sebenernya sih, semua jenis sayuran hijau bagus untuk diet. Keunggulan bayam zat besinya yang lebih tinggi dari sayuran sejenis, misalnya kangkung. Selain itu, bayam juga rendah kalori namun kaya serat. Pastinya, harga seikat bayam juga sangat murah.


Dengan tingginya zat besi, bayam bukan hanya mengontrol nafsu makan, tapi bisa menjaga imunitas tubuh selama proses diet. Gak lucu kan kalau saat diet Mama malah sakit?


Selain resep sayur bayam ala AJI-NO-MOTO®, Dapur Umami punya ide aneka olahan bayam lain yang bisa jadi pilihan. 


5. Brokoli



Dari Studi Claire Muszalski, ahli gizi dari MyProtein, terungkap bahwa kandungan bahan kimia bernama Sulforaphane dalam brokoli berguna untuk membakar lemak. 


Bentuknya, dengan mempercepat metabolisme tubuh sekaligus meredakan perut kembung setelah menyantap makanan asin. Jadi, brokoli sangat cocok untuk Mama yang sedang fokus pada diet rendah lemak.


Untuk menyiasati rasa dasar brokoli yang mungkin hambar dan kurang menggugah selera, Mama bisa coba berbagai resep olahan brokoli khas Dapur Umami.


6. Cabai



Sebagian besar dari Mama, pasti senang menambahkan cabai dalam berbagai hidangan bukan? Kalau iya, lanjutkan! Mengkonsumsi makanan dengan campuran 10 gram cabai yang mengandung capsaicin, terbukti efektif mendorong pembakaran lemak.


Menariknya, makanan diet mengecilkan perut ini juga bisa Mama dapatkan manfaatnya tanpa harus memakannya. Namun sebelumnya, Mama perlu mengolahnya dulu menjadi minyak cabai, lalu oles ke bagian kulit.

Tapi kalau Mama lebih suka memakannya langsung, banyak kok resep makanan pedas dengan kandungan cabai yang lezat ala AJI-NO-MOTO®.


7. Lada Hitam



Berdasarkan riset yang terbit pada Journal of Agricultural and Food Chemistry lada hitam punya zat yang bernama piperin. Gara-gara kandungan tersebut, rempah-rempah ini berpotensi meredakan sekaligus mencegah obesitas. Alasannya, piperin membantu sel-sel lemak baru berkembang.


Menariknya lagi, lada hitam sangat fleksibel karena bisa cocok untuk Mama tambahkan ke berbagai menu makanan. 


Nah, resep brokoli lada hitam ala Saori® yang menggabungkan dua bahan makanan diet murah dalam satu piring, mungkin menarik minat Mama untuk mencobanya.


Meskipun semua bahan di atas baik, tetap saja Mama perlu mengontrol konsumsinya. Selalu memperhatikan kadar kalori dan berbagai gizi lainnya dalam setiap bahan, bisa menjadi cara sukses memaksimalkan bahan makanan diet murah di atas.


Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.