Artikel & Tips 5 Resep Donat Sederhana Rumahan Anti Gagal, Empuk dan Enak
5 Resep Donat Sederhana Rumahan Anti Gagal, Empuk dan Enak

5 Resep Donat Sederhana Rumahan Anti Gagal, Empuk dan Enak

07 Dec 2022, 16:12

Ciri khas donat adalah kue dengan lubang ditengahnya. Namun, ternyata tidak semua donat seperti itu, lo. Donat dengan lubang baru ditemukan pada tahun 1870 di Amerika Serikat. Sedangkan versi aslinya berasal dari Belanda dengan bentuk bulat seperti bola. Di Indonesia sendiri donat juga banyak macam-macamnya, mulai donat tradisional hingga yang modern. Dengan banyaknya pilihan rasa, donat semakin populer di masyarakat. Mama juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Sebagai referensi, Dapur Umami akan memberi ide resep donat yang enak.


Resep Donat Anti Gagal untuk Pemula


Berikut beberapa variasi resep donat yang mudah dengan bahan-bahan sederhana:


1. Donat Kampung

Ika Rahma


Donat kampung adalah resep donat empuk paling simpel untuk pemula. Namanya donat kampung karena memang diproduksi industri rumahan. Tiga bahan donat kampung yaitu 14 sendok makan tepung terigu, sebutir kuning telur dan gula pasir secukupnya. Lebih banyak kuning telur bisa menghasilkan donat bertekstur lembut dan empuk. Buat adonannya dari campuran bahan-bahan di atas dan ragi instan yang aktif. Jika sudah kalis, masukkan margarin dan garam secukupnya. Uleni terus adonan sampai jadi lalu tutup sekitar satu jam supaya mengembang sempurna lebih dari 15 menit sampai 30 menit. Baru setelah itu cetak donat dan goreng dengan minyak goreng. Panaskan minyak di api sedang kira-kira kurang dari 10 menit. Terakhir, tambahkan topping sesuka hati. Donat kampung biasanya cuma menggunakan taburan gula halus atau meses yang tercampur rata sesuai selera.


2. Donat Kentang

AmalliaEka from Getty Images


Alasan orang-orang suka donat kentang salah satunya karena rasanya lebih manis dan bertekstur empuk. Bahan rahasia resep donat kentang cuma kentang kukus yang dihaluskan. Takarannya 30:40 dengan tepung terigu. Sementara itu bahan-bahan lain dan cara pembuatannya sama seperti Resep Donat yang pertama. Campurkan semua bahan donat termasuk kentangnya. Proses paling lama adalah menguleni adonan. Sambil melakukan itu, tambahkan ragi instan sedikit demi sedikit ke adonan. Jika kiranya sudah bisa dibentuk, tutup dan tunggu adonan mengembang.

Tips membentuk donat bolong, buat adonan menjadi bola-bola kecil, pipihkan lalu lubangi dengan tutup botol.


3. Donat Topping Biskuit yang dihaluskan

Noven Rifaldi from Getty Images


Mama tinggal ikuti cara membuat donat dari panduan pertama dan kedua. Resep donat topping biskuit yang dihaluskan ini cuma akan fokus pada pembuatan topping-nya. Oke, bahan-bahan topping-nya adalah biskuit halus tanpa krim dan buttercream putih secukupnya. Cara buatnya, masukkan biskuit ke dalam blender kemudian haluskan. Setelah itu oleskan buttercream ke permukaan donat goreng dan taburi dengan bubuk biskuit tadi. Kalau Mama mau bereksperimen dengan topping lainnya, coba buat Donat Abon. Donat yang manis dengan topping gurih tentu jadi perpaduan yang menarik.


4. Donat Crispy

pownibe from Getty Images


Resep donat sederhana selanjutnya yaitu donat crispy. Sama seperti resep sebelumnya, Mama cuma perlu berkreasi dengan topping. Bahan topping donat crispy yaitu dua butir telur (putihnya saja) dan tepung panir. Bedanya, topping harus ditambahkan sebelum menggoreng donatnya. Setelah adonan mengembang, oleskan putih telur kemudian balurkan tepung panir ke seluruh permukaan secara merata. Peran putih telur seperti lem. Goreng donat crispy di minyak banyak dengan api kecil. Jika sudah kecoklatan, angkat dan tiriskan. Nikmati camilan gurih ini dengan saus atau mayonaise.


5. Donat Telur Asin

jreika from Getty Images


Omong-omong soal donat gurih, cobain juga resep donat dengan isian telur asin. Menarik, kan? Berhubung menggunakan isian, jadi pilih bentuk donat bola alih-alih yang bolong tengahnya.

Untuk membuat isiannya, campurkan kuning telur asin dengan susu cair, susu bubuk, gula, garam, dan custard berwarna kuning. Sebelum digoreng, masukkan dulu isian ke dalam adonan donat. Setelah itu goreng dengan api sedang. Sebagai alternatif isian donat goreng, Mama bisa menggunakan Ayam Teriyaki


Penutup

Membuat donat memang tricky. Salah takaran sedikit saja, teksturnya akan keras atau adonannya tidak mau mengembang. Jadi, pastikan Mama mengikuti resepnya dengan baik dan kembangkan lagi sesuai kreativitas masing-masing.



Sumber of thumbnail: Mihai Constantin from Pexels
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.