3 Sayuran dengan Cita Rasa Terkuat yang Harus Dicoba

Apakah cita rasa terkuat dari sayuran? Kalau berbicara tentang cita rasa, yang pertama kali terlintas di kepala pasti daging sapi dan ayam, yang memang kekhasannya muncul bagaimana pun kita mengolahnya. Tapi, ada beberapa sayuran yang memiliki cita rasa khas yang pasti akan membuat kangen saat sudah lama tidak mencobanya. 


Pare

Mari kita mulai dengan yang paling tajam rasanya. Pare memiliki cita rasa yang pahit tapi juga segar. Aroma pahitnya langsung muncul begitu kita iris tipis-tipis. Tapi, dengan sedikit usaha mengolah, yang kita dapatkan aroma sayuran anti mainstream yang mengesankan. 


Untuk menyiapkannya, kita pertama-tama hanya perlu mengiris-iris dengan ketebalan sekitar 0,5 cm. Kemudian, Mama hanya perlu taburkan garam dan meremas-remas pare sampai keluar cairannya. Setelah itu, Mama tinggal mencuci dan meniriskan pare. Pare pun siap untuk dimasak dengan berbagai cara. 


Cara yang paling praktis untuk masak pare adalah dengan menumis. Dengan paduan garam dan cabe, pare akan memberikan paduan asin, pedas, dan sisa-sisa pahit yang menyegarkan untuk siang yang panas. 


Pare, sayuran bercita rasa khas


Jamur

Sayur lain yang juga sangat khas cita rasanya adalah jamur. Apa pun jenisnya, jamur selalu memiliki aroma dan rasa khas yang juga tak akan terlewatkan. Jamur memiliki aroma barbekyu yang begitu kuat. Dan jangan lupa, jamur adalah sumber vitamin D yang sangat bagus dan kaya akan berbagai vitamin dan mineral lainnya.


Kabar gembiranya adalah jamur bisa dimasak nyaris dengan semua cara memasak yang dikenal dalam sejarah manusia. Yang paling sederhana tentu saja tinggal direbus bersama sayur-sayur yang lain dalam sop sayur. Selain itu, menumis adalah juga cara yang lazim untuk menghidangkan jamur. Dengan ditumis, aroma barbekyu yang ada di dalam jamur bisa berpadu sempurna dengan rempah-rempah atau bawang bombai. 


Yang mungkin kurang lazim di Indonesia adalah menyiapkan jamur dengan cara dipanggang. Sebutlah ini sate jamur. Kita hanya membutuhkan garam dan bawang putih bubuk plus kecap. Selanjutnya kita serahkan kepada bara arang untuk menghasilkan keajaiban. 


Bagi vegetarian, jamur juga banyak dipakai untuk menggantikan daging sapi. Satu jenis burger favorit vegetarian adalah portabello burger. Seperti namanya, burger ini menggunakan jamur portabello yang diolah dengan memberikan cuka dan minyak zaitun serta rempah-rempah kesukaan. 


Jamur Portabello yang memiliki cita rasa khas

Jamur Portabello yang memiliki cita rasa khas


Rebung

Yang terakhir ini pasti Mama sudah akrab meskipun tidak sering mengolahnya. Ketika masih mentah, mungkin Mama atau anggota keluarga lainnya kurang suka karena aromanya yang menyengat. Tapi, kalau sudah jadi berbagai kreasi sayur lodeh, maka yang kita dapatkan hanyalah rasa gurih yang luar biasa karena rempah-rempah mudah sekali merasuk ke dalam pori-porinya.


Sebagai sayur yang sangat populer di berbagai bagian Indonesia, ada banyak cara yang bisa dianjurkan untuk mengolah rebung. Ada yang langsung merebusnya sebelum mengolah, ada yang menggunakan garam, ada yang merebus dengan air kelapa dan lain sebagainya. Intinya, jangan sampai aroma menyengat ketika melihat rebung mentah menghentikan Mama. 


Yang terpenting dari rebung adalah dia sudah banyak diteliti dan banyak diketahui kandungan gizinya. Rebung kaya akan berbagai jenis mineral, antara lain zinc dan potassium. Selain itu, dia memiliki kandungan vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh. 


Ada banyak cara untuk mengolah rebung. Yang paling populer tentu saja sebagai sayur lodeh. Saat diolah menjadi lodeh, bumbu halus dan santan bisa meresap sempurna dan memberikan rasa gurih yang tak terkira. Dan, bagusnya lagi, cita rasa rebung masih tetap terasa kuat. Apalagi kalau ditumis. Ah! Sulit mencari sayur yang bisa mengalahkan gurihnya rebung. 


Setelah melihat tiga sayuran dengan cita rasanya yang khas ini, mungkin Mama tidak akan lagi hanya teringat tentang kaldu sapi atau ayam ketika mendengar kata “cita rasa.” Indonesia juga kaya dengan cita rasa sayuran yang perlu terus kita kenali. 


sumber:https://pixabay.com/id/photos/pahit-labu-sayur-mayur-sehat-pare-6534408/

sumber:https://pixabay.com/id/photos/portobello-portabello-portabella-2006620/